Saturday, September 1, 2012

Melbourne: I - SEE - YOU


Setelah sekian lama akhirnya muncul juga sambungan dari postingan sebelumnya, menandakan dimulainya hari baru di I-SEE-YOU alias ICU... *krik*

ICU Day-2

Setelah malem-malem Yardan selesai operasi dan masuk ke ruang ICU masih dalam keadaan belum sadar, gue dan suami balik ke apartemen untuk tidur dan istirahat. Cuma yang namanya tiap malem tidur selalu bareng anak, malah jadi susah tidur banget. Yaa kalo Aldi sih udah ngorok dengan suksesnya, sementara gue membenamkan diri dengan nyuci baju dan nyetrika (lagi). Pas tidur juga bawaannya kepikiran mulu, akhirnya cuma sempet tidur beberapa jam dan pukul 5 pagi udah mandi dan siap-siap.

Aldi bilang ngapain pagi-pagi amat, belom ditelfon juga, pasti anaknya belom sadar. Ya ngga papa dong ya, udah kangen gini dan maunya kan pas Yardan melek ada ibunya di sampingnya. Alhasil sendirian nyebrang jalan dan ke rumah sakit dengan udara pagi yang bikin kulit mengeras saking dinginnya, agak terlalu bersemangat emang. Sesampenya di RS ya masih sepi banget, untung barengan perawat ganti shift jadi bisa sekalian ikut masuk ICU tanpa mencet-mencet interkom. Pas masuk kamar ICU Acus ternyata posisi tidurnya udah agak berubah, berarti udah sempet goyang-goyang dong ni anak. Perawatnya bilang sepertinya sebentar lagi akan sadar. Tuh kan bener, feeling mak-mak emang jarang salah, untung rela dateng subuh-subuh. Tapi aaa aku deg-deg-an, apa Acus masih inget ibunya atau enggak ya, Acus bakal bilang apa ya, marah ngga ya?


ICU day-2: Halo Acus, perasaan selangnya makin banyak...
Walaupun saat itu kondisi Acus kok lebih menyeramkan dari semalem ya. Mungkin karna semalem mata burem karna mewek dan ngga terlalu fokus atau jelas liat apa aja yang nempel di badan dia. Rasanya selangnya yang nempel kok lebih banyak keliatan pas ini anak tidur terlentang. Bagusnya, pagi ini badannya  Acus agak memerah, tentu hal ini jarang ya buat anak PJB yang kebanyakan pucat atau biru. Jadi hati agak senang, anakku kulitnya bisa merona ternyata, yaaaay! Gemets gemets... Terus udah bolak-balik bbm babenye suruh dateng tapi ngga dibaca-baca, curiga masih pules tidur ni orang (emang!).

Menjelang jam 7 pagi, Yardan mulai ada tanda-tanda mau sadar. Langsung lah ambil spot di sampingnya, jadi pas dia bangun bisa liat pemandangan bidadari yang tak lain tak bukan adalah ibunya. Dielus-elus, pelan-pelan matanya kebuka, walau masih menerawang awalnya. Aaaaaa happy! Kata pertama yang keluar adalah "Bu..." (NANGIS!) terus dia merem lagi. Enggak lama kemudian dia buka mata lagi, masih beler tapi  langsung coba diajak ngomong, "Yardan... Yardan... Ini ibu, nak... Yardan liat ngga?", terus dia ngangguk. "Yardan hebaaaat, Yardan udah selesai operasi lho, Yardan kuat!", terus dia ngangguk lagi. Langsung deh obral kata sayang - rindu - cinta dan sebagainya, dan selama sayang-sayangan itu.... Yardan senyum! Hati langsung hangat luar biasa, walau dia belom bisa ngomong dan masih teler berat. Sampe hari ini ngga akan lupa senyumnya Yardan. Duh ni anak, dalam keadaan yang ngga enak pun berusaha menenangkan ibunya. Gimana ngga makin cinta dan bangga :'}

SENYUM SATU

SENYUM DUA
 (apa bedanya sama di atas? ada lah pokoknya)
Pas tau anaknya udah sadar baru deh Aldi ngibrit ke RS. Cuma ya sadarnya masih dikit-dikit, pengaruh obat biusnya masih ada, udah gitu morfinnya juga masih kenceng. Pelan-pelan dosis morfinnya dikurangi nanti, begitu juga dengan alat bantu pernapasannya dan oksigen.

Salah satu perawat favorit: Marion.
Si Acus tatapan masih menerawang terus...
ICU di RCH ini agak berbeda dari yang biasa diliat di RS di Jakarta. Khusus yang habis melakukan operasi jantung ada bagiannya sendiri. Di dalamnya ada nurse station di tengah-tengah dan masing-masing pasien punya ruang khusus dan privat. Meskipun kalo pagi-siang-sore keadaan pintunya terbuka lebar ya... Nah di dalam ruang itu ada satu perawat yang khusus menemani pasiennya. Dalam 24 jam ganti shift 3 kali, jadi dalam sehari perawat pribadi Yardan ganti 3 kali dengan orang yang berbeda (walaupun bisa aja nanti ketemu perawat yang sama atau ada yang ambil 2 shift sekaligus). Perawat ini ngga boleh ninggalin ruang yang menjadi tanggung jawabnya. Kalo mau pipis atau ambil snack pun biasanya mereka minta gantiin perawat lain selama 10-15 menit misalnya. Jadi sama sekali ngga bisa lepas pengawasan, walau anaknya lagi tidur sekali pun.

Hebatnya, selama 8 jam selalu aja ada yang dikerjain, catet angka di monitor, ukur suhu, liat infus, ukur banyak air kencing, dll. Jarang banget liat mereka duduk santai, pasti bolak-balik di dalam kamar. Perawat-perawat ICU ini juga tau dengan detail prosedur operasi yang dijalani, permasalahan jantung pasien, sejarah penyakit, semuanya. Tiap ganti shift, perawat yang jaga sebelumnya semacam memberikan briefing singkat penyakit Yardan ke penggantinya. Termasuk kebiasaan-kebiasaan anak, misalnya suka dielus kepalanya, susu favoritnya, dll. Hal detail seperti ini yang bikin kagum, dedikasi dan keramahan mereka juga luar biasa deh. Semoga Tuhan membalas ketulusan perawat-perawat yang ada di sana ya, aamiin....

ICU Day 3

Biasanya abis operasi cuma semalem aja di ICU abis itu pindah ke ward atau kamar perawatan biasa. Cuma kondisi Yardan masih belom stabil setelah alat bantu pernapasannya dilepas. Jadi terpaksa mesti nginep di ICU lagi. Jadi malam kedua tidur di apartemen masih bersimbah air mata tanpa kehadiran Acus di sisiku. Hiks...

Selang gede di hidung udah dilepas
Paginya seperti biasa mabur duluan sendirian ke RS, ngga sabar kalo mesti nungguin semuanya siap baru berangkat. Ritualnya mampir beli cokelat panas dan sarapan coffee shop RS, terus ngendon di kamar sampe Yardan buka mata. Oksigen dalam tubuhnya mulai dikurangi bertahap, biar jantungnya mulai bekerja sendiri. Sayangnya saturasi oksigen Yardan naik turun, kadang 80 ke atas, kadang 60. Paling ngga tega sih liat dia kesakitan sama bekas operasi di dadanya ya, gerak susah, bersin kesakitan, ngga tega deh. Kalo udah kesakitan ya tambah morfin lagi, tapi rencananya emang mau distop morfinnya, diganti paracetamol biasa. Kasian liatnya..

Lebih kasian lagi karena cairan yang masuk ke tubuhnya dari kemarin sangat dibatasi. Cuma boleh 20ml/jam, dikit banget kan. Belom lagi selang kecil buat makan/minum yang masuk idung dicabut/ditarik sendiri sama dia, kok bisa sih? Liat Yardan kesakitan dan kehausan gini, udah gitu dia kok ngga ceria kayak biasanya. Lunglai rasanya...

Sama Akung.
Si Acus selang gede idungnya dicopot, lobang idungnya langsung membesar, hahaha.
Tadinya hari ini harusnya udah pindah ke ward, tapi berhubung saturasi oksigen Yardan rendah sampe mesin bunyi-bunyi jadi ditunda deh. Kata dokternya sih wajar karena masih penyesuaian, beda-beda tiap anak stabilnya.

Oya, tiap pagi-sore selalu ada "wall of doctors" (perawat nyebutnya gitu) yang berkunjung ke kamar. Kalo yang suka nonton Grey's Anatomy pasti paham deh saat interns masuk ke kamar dan mempelajari kasus pasien. Dokternya pun cakep-cakep, hahaha... Bule cakep lah ya, ngga cewek ngga cowok. Lumayan lah mengobati mata sepet. Kayaknya yang kerja di Australia banyakkan pendatang juga, dari dokter mau pun perawatnya. Kalo head of surgeon-nya Yardan, Christian Brizzard itu kan emang orang Prancis ya, jadi emang rada-rada cuek. Detail operasi dan apa yang akan Yardan alami dijelaskan oleh asisten-asistennya dan intinya si Christian cuma nyamperin kita abis operasi trus bilang pake logat Prancis: "If you're happy, I'm happy", udah. Kan bingung ya ngeresponnya apa, hahaha.. Sungguh berterimakasih sih sama surgeons dan perawat yang ada di ruang operasi saat itu. 10 jam kan bukan waktu yang sebentar, mau nanya gimana pipisnya tapi sungkan. Apa kayak Cristina di Grey's ya? Pake adult diaper? Tak tau juga.

Nah di ICU ini juga menerapkan metode "buat anak senyaman mungkin". Jadi mau anaknya dipeluk, ibunya naik ke tempat tidur, main-main di tempat tidur, ngga papa. Ngga ada jam besuk juga, asal masuknya ya berdua maksimal. Jadi inget kenalan di Jakarta yang anaknya di ICU abis operasi jantung, cuma boleh ketemu jam 5 sore selama 2 jam, bener-bener ngga kebayang kangennya. Jadi di sini pasti perawatanya nanya, mau dipangku atau dipeluk ngga anaknya biar dia nyaman? Walaupun harus copot-pasang selang yang ribet banget itu tapi pasti dibantuin. Seneng deh... Apalagi kan Yardan kalo lagi kesakitan kan rewel ya, bisa deket ibunya tentu bikin dia lebih merasa nyaman. Pelukan itu obat paling murah dan efektif, badan dan hati membaik sekaligus.

Yardan, why you so SENDU?
ICU Day 4

Belom bisa keluar juga sodara-sodara, karena ya kondisinya Yardan belom stabil. Apalagi hari ini mulai distop sama sekali oksigen yang masuk ke tubuhnya. Jadi masih naik-turun ya angkanya. Untung minumnya udah boleh ditambah walau dikiiiit banget. Anaknya juga belom mau makan, paling makan puree apel atau custard. Badannya masih ngga enak kali ya, tapi kalo susu dia masih mau sih.

Morning sunshine!
Makin berkurang aksesorisnya..
Pagi-pagi ketemu Yardan sih dia udah agak bawel ya, tapi tetep galak kalo ada perawat yang mendekat mau kasih obat lewat infus. Langsung bilang "NO NO NO!" sambil goyang-goyangin telunjuk. Ternyata gaya dia ini niru si Tom and Ben yang di iPad, bakar nih ya iPadnya! (ketauan iPad sering dijadikan nanny). Anaknya masih sering ngeluh sakit di bagian dada bekas jaitan operasinya, soalnya efek morfin juga mulai dihilangkan. Untungnya hari itu dia membaik saturasi oksigennya, udah nyentuh angka di atas 80 terus. Horornya saat itu selang di perut Yardan (duh kok lupa namanya), yang bantu ngeluarin cairan dari paru-paru/jantung (cmiiw, lupa banget), dicabut. Pas adegan dicabutnya itu, hadaaaah lemesss bangeeettt... Tentu babenye yang badannya gedang tapi nyali kecil ngga berani liat. Sementara emaknya mau ngga mau mesti liat. Lagian anak sekecil ini udah berjuang sampe kayak gitu masa kitanya masih lemes sama hal-hal "kecil", malu lah yaa...

Nah hari ini udah dikasih janji-janji surga kalo keadaan Yardan oke dan kamar siap maka besok udah bisa pindah ke ward, woohoo seneng dong ya... Akhirnya bisa tiduran terlentang di kamar sambil nungguin Yardan! No more duduk sampe tulang punggung ngilu! Tuhkan yang dipikirin masih diri sendiri...

Selama di ICU ini yang paling susah adalah ninggalin Yardan pas malem-malem. Yardan maunya ditemenin ibunya terus, jadi harus nunggu dia tidur pules dulu baru bisa kabur. Nah masalahnya ni bocah aware banget sama posisi emaknya, kalo gue gerak dikit doi langsung nengok, ngupil dikit langsung ditatap lagi. Pokoknya Yardan ngga mau ditinggal deh. Sampe suatu saat gue udah capeeek banget nungguin dari pagi, akhirnya Aldi ambil alih elus-elus Yardan pas dia udah ngantuk, sementara emaknya merangkak tiarap (literally) keluar ICU. Ternyata gerilya kabur dari anak sendiri  itu deg-deg-an Jendral! Malang bagi Aldi, anaknya abis itu sadar dan nanyain ibunya, terpaksa deh dia ngelonin sampe dini hari.

ICU Day 5

Besok paginya melangkahkan kaki dengan riang gembira ke RS karena tau hari ini pasti Yardan boleh pindah ke kamar biasa. Pas sampe ICU ternyata emang udah boleh pindah ke ward, tapi nunggu ada kamar kosong. Paling cepet pas makan siang. RS ngga beda  jauh sama hotel, nunggu pasien lain check-out dulu baru bisa ditempatin.

Sambil nunggu ya kita ngobrol-ngobrol sama dokter dan perawat-perawatnya. Yardan kondisinya udah membaik, ngomongnya udah banyak, cuma masih ngga nyaman sama bekas operasi di dadanya. Kata dokternya, lukanya pasti masih terasa ngga enak selama sebulan, tapi kalo udah enam minggu sakitnya akan hilang. Sabar-sabar ya nak...

Pas jam makan siang Yardan pun boleh pindah ke kamar perawatan biasa. Horeee... Bye-bye I see you! Koala Ward, we're comiiiing!

Ini dia penampakan anaknya saat pertama kali bobok di Koala Ward:

LAGI LETOY AJA CAKEP BANGET YA ANAKNYA!!

Ya begitulah cerita di ICU yang penuh dengan kenangan indah. Kalo kata orang-orang hari-hari di ICU akan jadi hari-hari yang paling lama dan melelahkan. Hmmmm, menurut gue sih enggak, malah enak ortunya bisa istirahat pas malem, sementara anaknya diurus RS. Kesempatan mewaraskan diri bagi ortunya juga.

Tapi seneng dong anaknya udah pindah ke kamar perawatan biasa? Jawabannya iya dan tidak. Iya karena tandanya kondisi anak membaik. Tidak karena ternyata kamar biasa malah horor, hahaha... Kebiasaan di ICU pelayanan VVIP, minum diminumin, sakit dipijetin, kok di ward mesti pencet bel dulu baru susternya dateng kalo mau ngapa-ngapain. Bener-bener mak-babe-eyangnya yang harus menghibur dan melayani tuan raja cranky.


Kalo begini ceritanya, tolong kembalikan kami ke ruang ay si yuuu, kami rinduuu padamuuuuu..... (ruangnya doang ya, bukan penderitaan anaknya!)



14 comments:

  1. Senang dengan kabar baiknya mbak, setiap hari saya cek blog ini nunggu kabar lanjutannya...bacanya juga sambil berkaca-kaca. Saya kagum sama semua perjuangan Yardan. Dari jauh saya berdoa setelah baca posting ini, semoga sehat sepenuhnya dan mbak juga jaga kondisi ya...kadang yang jagain malah jadi k.o (pengalaman pribadi, hehehe). Semangat terus ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak ya winkthink (dipanggilnya apa nih?).. Bersyukur bgt banyak yg doain :)

      Iya, ibunya emang ga boleh sakit ya.. Tapi kayaknya ini berlaku bagi setiap ibu-ibu deh :D

      Delete
    2. ahaha..panggilnya aRee aja mbak :)
      Iya, biasanya ya ibu-ibu lebih tahan banting. Yardan cepet pulih total yaaa...*peluk Yardan dr jauh

      Delete
  2. hallo gemma. Salam kenal.
    cuma mau komen : Hebat. keluarga yang kuat. Ibunya. Bapaknya. Yardan apalagi.
    sehat terus ya yardan..

    ReplyDelete
  3. yeayyy.. ada apdetan barunyaaa..
    yeayyy lagiii yardan HEBAT!! *hug *kiss *kabuuur *TakutDipentungEmaknya :D

    oiy mb daripada ipad ny dibakar, mending dilempar ke akyu sinih.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal bayar ngga perlu kabur kok!

      Itu salah ketik, maksudnya bakar KARDUS ipadnya.. *kalem*

      Delete
  4. Hai Gemma salam kenal yah :)

    Terharu banget dari pertama ngikutin cerita2 yg si Yardan ini, kuat banget yah kamu. Semoga segera diberi kesembuhan yah, hampir mewek baca yg dia abis operasi terus bilang 'Bu' uuuuuuuu *nangis seember*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aamiin ya Woro pecinta pink :D
      Soal kuat sih relatif, ngerasanya masih cemen bgt malah..

      Delete
  5. salam kenal.

    jadi pengen ikut nangis pas bacanya (eh udah nangis juga ding). kebetulan ada anak tetangga yang juga punya kelainan jantung, bocor 7 mm. jadi pas baca ini, kebayang si bocah hiks hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, jangan nangis dong Ni'am, kan ini bukan cerita sedih :)

      Oya? Gimana keadaan anak tetangganya? Semoga dapat jalan yg terbaik yaa.. Aamiin..

      Delete
  6. *senang* belum ketinggalan banyak ceritanya :p .. feel you deh mak, anakku 1 bln di NICU, lhr prematur agt kmrn..
    skrg gimana Yardan, sehat terusss yaaa, kuat selalu..*pelukibunanak* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gimana anaknya mba? Semoga sehat selalu ya.. :)

      Delete
  7. Yardaaan.. Hebattt..kuat terus ya sayaang..cepet sehat ya yardaan.. *sambilberlinangairmata*

    Btw, salam kenal ya Mba.. semangat terus ya.. :)

    ReplyDelete