Tuesday, November 13, 2012

Never Give Up


Sekali-kali ya mau nulis tentang football stuff yang ujung-ujungnya digabung pengalaman hidup, walaupun udah basi banget sih sebenernya. Tapi kapan lagi bisa nulis tentang bebolaan dari sudut pandang ibu rumah tangga selain di blog sendokir.

Cerita ini berawal dari kejadian dua minggu lalu saat nonton Reading vs Arsenal di TV. Pertandingan yang menurut gue adalah salah satu dari beberapa pertandingan termenegangkan selama sejarah gue nonton Arsenal.


Arsenal menang lawan Reading setelah ketinggalan 4-0 terlebih dulu. Menangnya skornya juga ngga tanggung-tanggung pula, 7-5. Iya, ini lawan Reading, bukan lawan tim bertabur bintang macam Barcelona atau Chelsea.  Ini juga bukan pertandingan BPL atau UCL, melainkan Capital One Cup. Kejuaraan yang menurut sebagian orang kelas ecek-ecek. Justru karena itu, jadi malu kan kalo sampe kalah jauuuuuh banget. Sempet ketinggalannya itu bikin frustrasi yang nonton, 4 gol bertubi-tubi dalam satu babak. Saking jantungannya, tiap Reading nyerang gue langsung matiin TV, refresh timeline twitter, kalo ngga ada tanda-tanda Reading bikin gol baru deh nyalain TV lagi. Kalo ternyata gol, tetep matiin dulu TV-nya sampe kira-kira selebrasi pemain Reading selesai. Wahahahahaha, secemen itu!

Emang sih, ini bukan tim utama yang biasa diturunkan Arsenal. Banyak pemain muda seperti Gnabry, Coq, dan Frimpong. Mungkin yang biasa main cuma Theo dan Koscielny. Ada juga Arshavin, Chamakh, dan Djourou, tapi entah berapa lama gue ngga liat mereka rutin diturunkan. Oke, gue ngga bisa bahas teknik, yang jelas setelah ketinggalan 4-0 itu rasanya pasrah, udah yakin bakal susah ngejar. Walaupun tetep berharap akan ada keajaiban.

Bisa lah liat betapa frustrasinya diri ini dari twit-twit di babak pertama:

Whatever happens Arsenal, don't fucking lose 8-2. If that is the score till 92nd min, just score an own goal and make it 9-2.


Ditambah trauma pernah dikalahin Manchester United 8-2, masa lawan Reading juga bisa berakhir 8-2. Mana weekend besoknya Arsenal juga mesti berhadapan sama United kan ya, bisa-bisa terulang lagi.

Tapi ternyata keadaan berbalik setelah half-time. Entah apa yang Wenger bilang di kamar ganti buat nyemangatin pemain. Mungkin dia janji akan kasih jatah minyak rambut unlimited buat Chamakh kalo berhasil bikin gol, atau setuju naikkin uang jajan Theo, atau janji sama Giroud untuk bantu menemukan jodohnya yaitu..... aku? Ndak tau. Apa pun yang Wenger bilang di kamar ganti pasti bikin semangat bak film-film sports Hollywood, adegan kamar ganti pas pergantian babak kan selalu mampu menguras air mata! Yaaa mungkin diancem ujung tititnya bakal dicabein kali ya, kayaknya itu yang paling efektif...



from  @football_jokes


Eh bener, bagai kisah film eksyen, Arsenal membalikkan keadaan pelan-pelan di babak ke-2. Kehadiran sixpack Giroud dan Eis Eis Baby Eisfeld sepertinya sangat berpengaruh bagi tim. Bagiku juga ngaruh, karena Giroud ganteng, ngeden aja ganteng ni orang. Hahaha... Udah deh, ngga usah disebutin siapa aja yang ngegolin, karena gue juga lupa. Pokoknya Arsenal menang dengan skor akhir 5-7 setelah Extra Time 30 menit. Menang setelah ketinggalan 4-0 itu seakan tak nyata. Tadi pagi rasanya kayak mimpi aja gitu, kok bisaaaaa? Ya bisa aja, ini buktinya.


Beranjak ke inti postingan ini.... Jadi dari tadi belom inti? BELOM.

Inti postingan ini adalah, jangan pernah menyerah sesulit apa pun keadaannya, semustahil apa pun kondisinya. Oke, mulai kedengeran kayak lagu D'Masiv ya... Biar! Dari nonton bola begini korelasi ke kehidupan kok banyak banget ya.

Gue suka Arsenal sejak setahun sebelum Henry gabung Arsenal, sekitar taun 97-98. Aneh juga sukanya tim ini, karena bisa aja suka Man United atau AC Milan saat itu, soalnya pemain gantengnya lebih banyak kan ya. Ternyata pilihan emang sesuai jalan hidup diri sendiri yang naik turun, hahaha... Kayaknya dikasih suka klub ini sama Tuhan biar diri sendiri lebih tough deh. Abis Arsenal udah lama ngga bergelar, sama kayak gue yang lulus kuliahnya kemaren lama demi ngasuh anak. Wenger juga hobi ngasuh anak-anak berbakat kan... IH SENASIB! (mulai delusional)


Dan balik ke jangan menyerah, walaupun udah dibantai abis-abisan sama keadaan.


Inget apa kata dokter kalo Yardan umurnya cuma akan bertahan 2 bulan dan IQ-nya akan di bawah rata-rata akibat kurang oksigen? Dunia gelap-gulita. Keadaan seperti itu ya cuma dihadapkan dengan dua opsi, FIGHT or FLIGHT. Lawan atau mabur ke hutan kemudian teriakku. Ya kalo demi anak dilawan lah, sampe titik darah penghabisan. Situasi mau nggak mau tapi tetep harus dihadapi.


Dan, kalo punya temen yang lagi dapet cobaan, jangan deh sekali-kali nyuruh pasrah, ikhlas, atau sabar.   Apalagi bawa-bawa Tuhan, nyuruh berdoa dan kasih tau semua dalam hidup ini titipan-Nya. Kadang bagi sebagian orang ngomong kayak gitu enggak bantu dan lebih ke omong kosong. Yakin kalo kasih penghiburan kayak gitu ngebantu? Lebih baik semangatin untuk terus berjuang, ajak ngobrol yang lucu-lucu, kasih hint untuk jangan pernah menyerah, yakin deh hal tersebut akan lebih membangkitkan semangatnya.


Menurut gue, sekalinya orang udah pasrah dan kepikiran menyerah, maka hal yang diperjuangkan juga akan ikut melemah.


Yah begitulah kalo ngomong bebolaan sama ibu rumah tangga, ngalor ngidul ngga jelas juntrungnya. Tapi seneng deh tiba-tiba dapet hikmah kehidupan dari nonton bola, bukan dari ceramah agama yang maksa kita nangis  itu.. (karna takut kalo ngga nangis entar disangka ngga beriman).


Who knows what someone else can achieve because you never gave up and in turn inspired them not to give up. Who knows.


Pasang video klip demasip apa nih?


4 comments:

  1. hihihihihi,,keren nyambunginnya dari sport ke sentuhan Qolbu mba. salam buat yardan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini efek merindu ceramah Quraish Shihab kayaknya..

      Nanti kusampaikan ke Acus salamnya ya Kania :D

      Delete
  2. wow, it's a nice one, Gem, hehehe.
    jadi inget "you are what you love, not what loves you." a true Arsenal fan must be a tough one like the team, ya gak?? *ajak tos dada sesama fangirl*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah Ris, lo suporter Arsenal juga? Gue kira Blur doang.

      Delete