Friday, January 14, 2011

NGEYEL


Hola!

Kalo morum (baca: mainan di forum) keliatan banget ya yang namanya ibu-ibu itu worry banget kalo ada perkembangan anaknya yang telat dikit aja. Soalnya di forum meskipun ngakunya ngga mau banding-bandingin anak tapi tersirat lah walaupun tak tersurat kalo emang dese mau "mamer" anaknya pinter dan udah bisa ina-inu. Ya namanya ibu-ibu, mosok ngga bangga sih anaknya udah bisa ngapain aja, wajar banget itu mah.

Awalnya baca-baca gituan bikin saya khawatir juga. Kok perasaan anak saya ketinggalannya jauh amit. Sekitar 6 bulan - 1 tahun lah kalo dari segi perkembangan motorik kasar. Kalo mainannya di milis orang tua dengan anak PJB sih hal kayak gitu normal-normal aja. Giliran masuk ke forum umum baru deh agak ketar-ketir. Apa ini anak kurang stimulasi, apa wajar gampang capek begini, kalo dipaksa dikit mungkin bisa kali yaa? Gara-gara saya terlalu mikirin apa kata orang waktu itu malah berujung petaka.

Pertama dokter jantung Yardan udah bilang kalo Yardan tidak boleh terlalu capek, kalo ngos-ngos-an harus langsung distop kegiatannya dan ruang geraknya harus dibatasi. Karena anjuran itu awalnya saya merasa jadi overprotektif terhadap segala kegiatan Yardan, dikit-dikit liat biru atau ngga bibirnya, dikit-dikit cek saturasi oksigen. Sampe akhirnya saya mulai kepikiran dengan segala keterlambatan perkembangan motorik kasarnya. Mosok umur udah setahun belom bisa bangun untuk duduk sendiri, mosok kalo duduk masih letoy, belom ada tanda-tanda mau jalan, de-es-be de-es-be. Dokter cuma bilang kalo itu wajar, sabar aja, pasti cepat atau lambat anaknya juga bisa. Sayang ibunya ngga sabaran.

*pic: oisforonward.com

Mulai deh waktu itu Yardan dimasukkin klinik tumbuh kembang, ikut kelas fisioterapi. Sama terapisnya badannya dibolak-balik, dipaksa bangun, diputer-puter. Yardan nangis terus pula selama terapi, keliatan banget dia ngga nyaman. Dan setelah terapi kedua kok ini anak tumben diem aja, terus ngga lama ternyata Yardan demam tinggi. Mulai deh panik, jangan-jangan emang kecapekan banget nih anak. 

Shyt! Kalo Yardan kenapa-napa udah pasti gara-gara gue yang geblek! Akhirnya karena demam ngga turun-turun, jam 2 pagi langsung menuju UGD Harapan Kita (jauh aja dari BSD) dan disana yang ada cuma dokter-dokter muda yang masih magang, bahkan nama kelainan dalam PJB-nya Yardan aja masih hah-hoh-hah-hoh. Salah langkah bener-bener deh! Setelah nunggu di UGD ngga ada kepastian akhirnya kita memutuskan pulang dan ketemu "dokter beneran" besok paginya. Untungnya agak turun demamnya dikasih parasetamol. Besok paginya ketemu dokter rasanya lega banget, walaupun pak dokter ngga ngomong apa-apa tapi berasa dia bisik-bisik "makanya bu, jangan ngeyel!". Ditambah Yardan tetep harus dirawat di RS untuk memantau keadaan.. *PLAK!*

Yardan di RS
Oya untuk anak PJB sekedar flu atau demam itu perlu penanganan secepat mungkin, karena kalau telat fatal akibatnya. Jadi maaf ya emak-emak pecinta RUM, saya ngga ngikut barisan situ, karena saya ngga mungkin deh nunggu 3 hari demam baru ke dokter, bisa nyesel seumur idup! Lanjut?

Jadi intinya sih seperti kata iklan, yang namanya buat anak jangan coba-coba deh. Kalo untuk urusan yang satu ini saya emang harus super sabar, ngga usah dipusingin apa kata orang atau banding-bandingin dengan perkembangan anak lain, devil care! peduli setan! Toh akhirnya menjelang 2 tahun Yardan bisa jalan juga, untuk bicaranya yang terlambat tiba-tiba pas ultah ke-2 kosa katanya nambah banyak (warna, anggota tubuh,  anggota keluarga, nama orang, nama hewan, nama kendaraan, dll.) dan udah sanggup merangkai kalimat walau patah-patah (bu yada mawu zsusu, bu tolong buca pintu, ayah yada mawu main bola, dsb.) meskipun masih kurang jelas ngomongnya tapi lumayan lah, dan sederet perkembangan lainnya.

Pengalaman setahun lalu itu bener-bener jadi pelajaran buat saya. Kok malah ibunya yang berambisi banget padahal belom tentu anaknya mau. Sekarang sih udah santai banget lah, setiap anak kan punya keistimewaannya sendiri. Semua indah pada waktunya (kayaknya klise, tapi beneran deh kalo untuk urusan tumbuh kembang anak). Kadang takjub malah liat si krucil tiba-tiba bisa melakukan ini-itu. Ya asal jangan bentar lagi ngawinin anak orang aja, minta dipasung kalo gitu si Yardan! *ibu posesif*


Sayang banget sama si bocaaaaah!! Yardan, Ibu Padamu!! Maafkan segala kekhilafan ibu ya naaak!!
(Yardan jawab: "udah deh ibu, jangan lebay!")

5 comments:

  1. Hihihihi, setuju banget soal bahasan morumnya. Biar katanya netral biar katanya gak mau banding2in tapi teteuuupppp ujung2nya pasti ada pamer-pamer sedikit.

    Sehat terus ya, Yardan.

    ReplyDelete
  2. Hai Rika,
    Iya ya namanya juga ortu, pasti anaknya paling hebat lah, wajar juga..
    Makasih ya doanya.. Salam kenal :)

    Oya, tadi mampir blognya, aduh Kai lucu bangett!

    ReplyDelete
  3. Ih kalo si Nadira tuh ya Jeng Gemma, umur 2 tahun udah bisa nyetir mobil sendiri lho! Mungkin nanti pas SD kelas 3 udah bisa nerbangin pesawat!

    *dibaca dgn gaya ibu-ibu gak mau kalah dan bersasak tinggi*

    Capek cyin ngurusin emak-emak kayak gitu mah. Pegel hati. Nah kalo di kasus gue,yang kompetitip justru para nenek. Nyokap gue sih nggak, tapi mertua gue tuh. Apalagi kakaknya dia punya cucu seumur Nadira, dan bedanya cuma 1 bulan. Wahh kalo ketemu pasti heboh deh banding-bandingin. Gue deh yang nyengir-nyengir gak enak ati.

    ReplyDelete
  4. Hallo salam kenal mak,
    sebelumnya gue udah pernah dgr cerita Yardan di mommiesdaily, tapi baru kali ini baca post ini.
    Dulu sepupu gue juga ada PJB, dan melihat dg mata kepala sendiri perjuangan tante gue..
    Cuma mau bilang salut, you're such a tough mommy.
    Sehat terus ya Yardan, salam dari Zahra :)

    ReplyDelete
  5. Ira: Yah kalo urusan Yardan dibanding2in sama mertua atau ortu sendiri jg gue sering kok, padahal sih udah tau kasusnya, cuma tetep gatel kali ya kenapa si bocah ngga gemuk-gemuk..

    Darina: Hai, gue sih belom ada apa-apanya jeung, jauh dari tough..
    Btw maksudnya dulu itu apa? Apa sepupunya udah dioperasi atau meninggal? Oya kalo bisa boleh lho tantenya diajak masuk ke milis jantung kecilku untuk berbagi pengalaman.. makasih yaa..

    ReplyDelete