Friday, September 16, 2011

Dipentung Suster

pic taken from here
Suster dalam kasus ini adalah nanny atau babysitter yang bantu ngasuh saya jaman masih kecil yaa...

Sebenernya cerita ini diceritain sama orang tua saya dan kok rasanya saya emang masih inget pengalaman dipentung sendok dan dicubit waktu kecil walaupun emang agak samar-samar. Jadi kan emang nyokap itu dulu seorang working mom atau wanita karir, otomatis saya menghabiskan banyak waktu di rumah dengan suster atau pembantu. Nah ternyata sekitar umur 3 tahun itu mungkin anak kecil kalo makan lagi suka susah ya, jadi si suster ini suka ngga sabar dan mentungin kepala saya pake sendok atau nyubit biar nangis. Pas nangis kan mangap tuh mulutnya, langsung deh dicekokkin makanan sama dia. Ebuset!

Kasus ini ketauan karena si mbak yang satu lagi ngadu ke bokap nyokap tentang kelakuan si suster. Abis dikasih tau gitu langsung murka lah bokap dan si suster langsung dipecat. Setelah dipecat ternyata si pacarnya suster pake ngga terima segala dan ngancem-ngancem bokap, langsung deh ditantangin sama babe "kesini kalo lo berani!". Eh dia jiper dan sejak saat itu ngga pernah diganggu-ganggu lagi deh, cuma tetep aja ya horor! Sekarang aja bayangin anak sendiri dicubit gemes sama orang lain bawaannya pingin ngajak duel pestol-pestolan, apalagi dipentung sendok sampe nangis, bawaannya pingin mentung balik pake sekop dan jeblosin langsung ke liang lahat!
pic taken from here
Keinget sama cerita ini karena pernah sekilas baca twit yang isinya kalo kekerasan terhadap anak paling sering dilakukan oleh orang tua dan pengasuhnya. Langsung deh terbayang-bayang kisah-kisah masa kecil dulu. Selain masalah dipentung dan dicubit ini, kalo dipikir-pikir waktu saya kecil kayaknya pengasuh di rumah juga pada cuek-cuek deh, inget banget pernah pulang dari TK (dulu emang dimasukkin TK dari 3 tahun biar ngga bosen di rumah) sendirian ngga ada yang jemput, langsung refleks numpak ojek atau becak tanpa liat muka abangnya dan tiba-tiba udah sampe rumah. Bisa bayangin kalo kejadian kayak gitu sekarang? Kadang anak di samping kita aja bisa diculik, apalagi sampe dibawa orang yang ngga dikenal. Alhamdulillah dulu persahabatan antara tukang ojek dan tukang becak akrab ya dan kok kayaknya jaman dulu lebih aman sentosa urusan keamanan sekitar.

Kayaknya karena pengalaman itu makanya pas punya anak maunya ngurus sendiri. Ngga sadar masih nyimpen trauma juga kali ya... Padahal dulu waktu kecil cita-cita banget harus kerja di perusahaan minyak, punya bos bule, makan siang olyukenit di hotel, pulang mampir dutyfree beli eggnog, jam 4-5 sore udah sampe rumah ditungguin anak-anak. Dulu kerjaan nyokap (dan kebanyakan working mom) gitu-gitu aja, jadi kan bayangannya surga banget jadi wanita karir. Kalo sekarang jangan harap bisa sampe rumah jam 5 sore, Jakarta aja macetnya makin laknat. Terlepas dari masalah dipentungin suster tadi, selama ortu kerja di kantor mereka selalu nelfon rumah dan pulang cepet, tapi apesnya masih aja kecolongan.

Mungkin suatu saat nanti saya tetep harus kasih kepercayaan ya buat pengasuh anak. Pasti ada keinginan untuk kerja atau usaha yang bener-bener disukai yang mungkin harus ninggalin anak di rumah. Untuk sekarang sih belom ada keinginan (kuat) untuk itu, ijazah masih jadi bantal tidur sehari-hari, maunya nikmatin dulu saat-saat Yardan masih mungil.

Keinginan realistisnya sih kalo Yardan udah melewati rangkaian operasinya, tapi seandainya ngga bisa pun tak apa, jadi IRT (ibu rumah tangga) itu juga banyak tantangannya. Seperti menggunakan piring bekas berkali-kali biar irit nyuci, mandi jam 12 siang biar itungannya mandi pagi mix sore jadi hemat waktu, menciptakan waktu tidur siang efektif, dan sebagainya. Kadang masih suka merasa diri ini terlalu jenius untuk di rumah aja, tapi perasaan itu bubar ketika dihadapkan sama tantangan masang galon aqua, nyeraaaah! *lambai tangan ke kamera*


6 comments:

  1. haiii mak, salam kenal :)

    sedih banget ya emang kalo kita denger berita atau liat di tv tentang kekerasan pada anak oelh pengasuh itu, jadi pengennya dirumah ja, nungguin anak.

    tapi apa daya mak, tuntutan dana pendidikan maksa aku juga mesti ikut kerja bantu suami.
    yah paling cuma bisa berdoa aja, mudah2an penasuh anak dirumah baik hati dan bisa di percaya. Amien. :)

    ReplyDelete
  2. Ola,
    Jangan sedih, banyak jg kok pengasuh yg baik & bisa dipercaya. Kekerasan itu malah kadang datang dari ortu anak sendiri kan, itu sih yg paling ngenes.
    Nungguin anak di rumah doang itu agak bosenin lho, makanya aku sering kabur sama bocah ke mol..
    Semoga keluarga kita selalu dilindungi oleh hal-hal baik yaa.. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. wah mba...postingan ini makin membulatkan tekadku buat jd IRT. Emang sih jd irt pasti ada bosennya..mg2 apapun buat anak ga ada yg salah...
    bener jg yah kalo bosen nge-mol aja ama si bocah :)

    ReplyDelete
  4. Sebenernya jadi IRT itu enak mbak, asal tajir melintir. Bosen tinggal ke mol, bosen lagi tapi males pergi ya online shopping, bosen lagi tapi males masak ya delivery makanan mahal (junk food ngga level yaa..).

    Nah masalahnya kalo IRT macem saya itu biasanya cuma kedapetan bosennya doang, hahaha.

    ReplyDelete
  5. hai mbak, salam kenal ya.

    wah, aku juga bercita-cita seperti mommyku dulu IRT sekaligus working mom. tapi karena banyak baca kasus babysitter yang gak baik. jadi jiper juga mau pakai jasa babysitter kelak. akhirnya sekarang bener2 puasin kerja dulu. sebelum mengajukan resign kalo si baby udah hadir.

    salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Mbak Rina,
    aku justru pas bayi dulu dapet BS yg baik hati, jadi pengalaman BS "jahat" itu ngga bisa digeneralisir semua sih ya..
    Ngurus anak sendiri itu capek pol, makanya nanti anak kedua (entah kapan) udah ada niat untuk lebih percaya sama orang, paling ngga untuk bantu-bantu.

    Selamat menikmati kehamilan yaa!

    ReplyDelete