Friday, July 13, 2012

Melbourne: The Call

Judulnya kayak lagu Backstreet Boys yah, sok bule sih.



Lanjutan dari postingan sebelum ini.

Setelah pemeriksaan CT-Scan dan sepulangnya dari rumah sakit, tiba-tiba Yardan seger buger. Lah perasaan baru dibius, kok pengaruhnya cepet amat ilangnya sih. Udah kebayang-bayang mau leha-leha tiduran jadi bubar deh! Jadi inget kata DSA Acus di Jakarta yang pernah bilang kalo anak ini obat biusnya mesti spesial sakti mandraguna, emang bener deh kayaknya.

Soalnya pernah kejadian pas mau echocardiogram jantung di Jakarta, diminumin obat tidur 1x nggak mempan,  minum lagi 2x nggak mempan, sampe akhirnya dimasukkin lewat dubur, enggak mempan juga! Udah berjam-jam nunggu di RS biar anaknya tidur kok ngga tepar-tepar juga. Sampe dokternya bilang "anaknya berkemauan kuat sekali ya bu, mirip siapa?" mirip Chris John, dok! (mak-babenya ngga mau disalahin dong, sebel!). Bahkan saking geregetannya Aldi sempet mikir untuk pake obat bius tembak yang biasa digunain buat nidurin hewan kebon binatang.. *TABOK*. Akhirnya anaknya teler sih tapi enggak tidur, alhasil Yardan mirip orang mabok bin giting, diperiksa jantungnya tapi dese berontak-berontak kecil dan cengengesan. Sungguh absurd.


Balik lagi ke scene abis pulang dari RS....

Seseger-segernya Acus tetep aja masih ada rasa mual efek obat bius kayaknya, setelah "ditanggep" joget-joget nyanyi-nyanyi sama bokap nyokap dan dokter Nia, eh langsung muntah! Muntahnya di karpet apartemen pula, gimana ngga gelagapan ngosek-ngoseknya. Untung bisa ilang dan tersamarkan, kalo enggak kan repot juga (bayarnya). Abis tragedi muntah ya oknumnya dipaksa tidur, no more ngider-ngider rumah!

pulang dari RS, muksin masih teler.
Nah besoknya adalah hari paling harap-harap cemas. Soalnya pihak RS bilang hari itu bakal dihubungi kepastian operasi berdasarkan hasil CT-Scan kemaren. Menurut jadwal yang pernah dikirim melalui e-mail, harusnya operasi berlangsung tanggal 22 Maret, yaitu keesokan harinya. Cuma kok dari pagi sampe siang belom ada kabar sama sekali kalo besok bakal operasi. Berhubung keluarga ini ngga tahan tekanan, daripada mengurung diri di apartemen dengan nuansa sendu maka lebih baik jalan-jalan dan makan-makan dong yaa... Akhirnya ya rame-rame ke city untuk menghibur diri. Cuma emang perasaan cemas ngga bisa ditutupin, tiap lima menit sekali longok layar hape. Dulu perasaan waktu nunggu telfon cem-cem-an aja ngga segininya deh.

Yalan-Yalan (suami kok mukanya penuh beban idup sih?)

Giliran foto gue aja burem... (ini yg motrek pasti Aldi!)

Jalan-jalan sampe hampir jam empat sore ternyata belom ada telfon juga dari RS. Ya udah lah ya, udah pasrah, mungkin operasinya diundur atau mereka emang ngga bisa operasi Acus seperti yang dikatakan oleh salah satu dokter sebelum ini. Pas lagi sibuk nemenin bokap-nyokap beli kartu buat BB di Crazy John's, tiba-tiba HP Aldi bunyi. Langsung dia melipir cari tempat sepi sementara yang lain cemas menunggu kabar baik. Cukup lama juga telfon-telfonannya dan mukanya Aldi serius. Jarang-jarang mukanya serius lho, sekalinya serius sih pas akad nikah doang (penting ya diselipin?). Beberapa menit kemudian Aldi nyamperin kita dan kasih tau kalo operasi tetap dilaksanakan besok pagi jam 9. Wat wat?! Besok pagi?! Sementara sekarang udah jam 5 sore... Lalalalalala.... *stress*

Jadi yang tadi telfon Aldi itu langsung Director of Cardiac Surgeon, namanya Christian Brizard, M.D. Dia bilang kalo udah ngga ada cara atau alat lain lagi untuk tau kondisi jantung Yardan, dia harus buka dada Yardan dan liat anatomi jantungnya secara langsung. Dari situ dia bisa tau apakah emang kondisinya memang memungkinkan untuk diperbaiki atau tidak, tapi dia yakin bisa. Duh pingsan dulu yuk!

Langsung deh yang tadinya mulai pasrah tiba-tiba mules, ini mules beneran kayak mau cepirit udah di ujung. Gue dan Aldi memutuskan untuk balik ke apartemen biar Yardan bisa istirahat dan terutama untuk perbanyak waktu SAYANG-SAYANGAN.

Sampe di apartemen udah berasa suasana heningnya. Kalo suasana hening pertanda gue dan Aldi lagi banyak pikiran. Sama lah kalo di rumah pas tanggal tua, suasananya hening karna banyak tagihan.  Fokus gue malem itu cuma peluk-pelukan sama Yardan. Tanya ke Yardan apa dia siap dioperasi? Yardan bilang siap. Setelah denger jawaban Yardan jadi agak lega, mudah-mudahan memang Yardan udah siap dan ini adalah jalan yang tepat. Ngga perlu dijabarkan lah ya percakapan sama si Acus, intinya satu,

"Yardan harus kuat, apa pun yang terjadi ibu selalu ada nungguin Yardan, kita harus ketemu lagi ya, Yardan jangan tinggalin ibu!"
dan dijawab "Iya ibu..."
(keliatan banget ya ibunya yang egois, hahaha bodo ah!)

Saat itu ngga tau kenapa gue sangat anti untuk berdoa "berikanlah yang terbaik untuk anakku", tapi lebih memilih untuk meminta "lancarkan operasinya, berikan kekuatan kepada anakku, dan sembuhkanlah!". Saking takutnya atas keputusan Tuhan, gue lebih memilih "menuntut" Tuhan dibanding hanya pasrah. Ini juga gara-gara temen yang anaknya meninggal curhat ke gue kalo sebelum anaknya operasi kedua dia berdoa minta yang terbaik buat anaknya, ternyata yang terbaik itu ditinggal untuk selama-lamanya. Yah ini sih balik lagi wallahu'alam ya, cuma kan akyu jadi kepikiran.... Hiks.

Balik lagi ke sayang-sayangan, tidur peluk-pelukkan, cium-ciuman, dan minum-minuman. Berhubung sebelum operasi Yardan juga harus puasa dulu, sekalian lah ya sebelum tidur dicekokkin banyak air udah kayak sapi gelonggongan. Pas momen mau tidur ini hati udah tenang, ngga terlalu kepikiran lagi besok kayak gimana, malah seneng dan ketawa-tawa terus. Alhamdulillah, sesuatu yaa.. (3 bulan lalu kata "sesuatu" masih mayan hits).


Ya ini maksud hati mau foto berdua sebelum tidur ya, sebelum operasi.
Baru bilang "ayo Cus liat HP ibu, satu... dua... awwww!!"
DIGIGIT PIPI GUA!!




Que sera-sera ya Cus, mari hadapi hari esok dengan SEMANGKAAA!




(yang ternyata ke-SEMANGKA-an ini hanya bertahan beberapa jam saja)



7 comments:

  1. Selain kagum sama yardan sang pejuang hebat. Gw juga salut deh gem sAma . Dijamin gw pingsan berkali2 kyknya.

    Yardan nonton ice age bareng yuk. Ajak nara leandra juga nanti..yuk yuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, ngga mungkin pingsan deh Dhit, sesedih2nya ibu kalo urusan anak mendadak kuat (atau kepaksa kuat, hahahaha)

      Eh ayooo ketemuan, tapi sebenernya aku males ajak Yardan (soalnya pasti jadi ngga fokus ditarik-tarik), kita ngupi-ngupi aja di PIM.

      Delete
  2. Gemmaaa....hati gue mencelos kalo baca kisah operasi Yardan ini. Kalian hebat banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah tetangga lebay deh, bias-bias kasih aja kok, alias BIASA. Mane nih ketemuan!

      Delete
  3. Hai...baru mampir karena ada link dari blognya Leija.
    Tau banget perasaan yang tahu kalau egois tapi gak sanggup untuk minta yang terbaik tadi itu. Ikut mendoakan ya mbak...tegar untuk yang terkasih selalu :)
    Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, makasih yaa.. Aamiin untuk doanya :)

      Delete
  4. selamat ulang tahun !
    arafu

    ReplyDelete