Friday, July 27, 2012

Melbourne: The Surgery


Akhirnya tiba hari yang dinanti-nanti (NOT).
Aduh, kalo bisa muleh balik ke rumah, muleh aja nyoook! *lari ke kantor Garuda*


Ya jadi di hari krusial ini pagi-pagi jam 8 kita udah daftar di ruang tunggu operasi. Ternyata banyak ya bok yang mau dioperasi, banyak anak-anak berkeliaran. Abis daftar kita nunggu untuk ketemu surgeon-nya, untuk dijelasin sekali lagi tentang prosedurnya. Yardan asik main lego lagi di ruang tunggu dan entah kenapa perasaan hati kok lumayan tenang, enggak dag-dig-dug seperti hari sebelumnya. Apakah ini yang dinamakan pasrah? Ndak tau juga yaa.. 




Nunggu sebentar abis itu dipanggil ke dalem buat ketemu surgeon-nya dan ahli anestesi. Ketemu lah kita dengan Christian Brizzard, yang kalo ngomong logat Prancisnya masih kental. Duh berasa ngobrol sama Arsene Wenger deh (diselipin ya bebolaan dikit). Nah si Christian bilang ini akan jadi operasi besar dan memakan waktu lamaaa karena anatominya sulit. Jadi mungkin baru selesai malam hari. Kaget dong ya, soalnya anaknya temen gue waktu itu cuma 4-5 jam, kok si Yardan bisa seharian? Mulai deh nderedeg, padahal baru di paragraf pertama bilang katanya pasrah. Hahahaha... Good news-nya, ada kemungkinan complete repair, dengan syarat saluran pulmonary tidak terlalu kecil seperti yang terlihat di CT-Scan. Tapi jangan pasang harapan terlalu tinggi lah untuk complete repair ini, walau kata Christian yang namanya jantung keliatan langsung di depan mata sama hasil scan/kateter kadang bisa beda hasilnya.

Christian bilang, dengan operasi ini semoga Yardan bisa lebih baik. Walau operasinya nanti bisa beberapa tahap dalam beberapa tahun. Yardan kan anak kurang gizi plus letoy banget ya (jujur), nah mudah-mudahan dengan naiknya saturasi oksigen nanti dia akan lebih kuat untuk beraktivitas. Lagi ngobrol-ngobrol tiba-tiba Christian dan ahli anestesinya (lupa namanya) bilang ada perawat ruang operasi dari Indonesia yang jadi favorit para surgeon di situ namanya Bembeng. Hah gak salah namanya Bembeng? Ini ngomongin coklat apa nama orang? Setelah dikulik ternyata perawatnya itu laki-laki dan namanya BAMBANG. Jadi mereka juga baru tau dari kita kalo seharusnya dipanggil Bambang bukan Bembeng. Si Bambang ini saking bagusnya sampe-sampe dokter-dokter di sana ngga boleh ngijinin dia pulang kampung atau cuti. Hahaha, kejam amat sih Dok!

Peluk-pelukan dulu di ruang tunggu
Selesai konsultasi sebentar, kita disuruh nunggu di luar sebelum nanti dipanggil lagi untuk operasi. Mulai berasa nih tegangnya kalo disuruh nunggu-nunggu gini. Kira-kira 20 menit dipanggil lagi untuk langsung operasi, howaaaa cepet amat! Yardan pun cium-cium sama eyangnya dulu abis itu kita masuk. Salut juga sama bokap-nyokap, sama sekali enggak lebay. Ya soalnya udah diwanti-wanti sebelum berangkat, kalo mau nangis-nangis mending ngga usah ikut! Hahaha kezaaam... (biarin, daripada jadi kepikiran kan?).

Pelukan Acus makin kenceng, kita pun masuk ke dalam. Pelan-pelan Yardan mulai dilepas bajunya dan pake baju khusus buat operasi. Di sini Yardan mulai nangis, tapi nangisnya lebih kepada ngga mau pisah sama ibunya. Pikiran gue jugaa udah mulai kalut banget saat itu, tenggorokan juga udah tercekat, mata udah berkaca-kaca. Tapi Yardan ngga boleh liat ibunya nangis sebelum dibius, jadi bener-bener dikuatin sampe akhir.

Untuk masuk ruang operasinya cuma boleh ditemenin satu orang, ya udah pasti ibunya lah ya, babenya mana laku kalo soal beginian. Didoronglah Yardan pake tempat tidur, tangannya bocah bener-bener ngga lepas dari ibunya. Sampe akhirnya kita masuk ruang bius sebelum ruang operasi. Cepet banget prosesnya, Yardan dibius pake uap sambil tangannya tetep pegang tangan ibunya. Dalam hitungan detik dia tidur, para ahli anestesi dan suster-susternya, termasuk ada Bambang, suruh ibunya peluk-cium dulu sebelum masuk ruang operasi (sebelum disuruh juga udah peluk cium duluan sih, hahaha). Di momen ini air mata tumpah, tenggorokan sakit, dada sakit, tapi tetep yakin Yardan pasti kuat. 

Abis itu dipisahin sama suster-susternya karena Yardan harus segera masuk ruang operasi. Kejadiannya mirip kayak di film-film, ternyata emang sesedih dan semenyakitkan itu kalo dipisahin sama anak sendiri. Nah nurse Bambang ini emang baik banget ya, gue dirangkul, ditenangin, dikasih tissue, diajak ngobrol. Sebisa mungkin bikin orang tua anak tenang. Dia cerita kalo rumahnya di Karawaci dan udah 11 tahun kerja di Royal Children's Hospital (ini karena loyal apa dihalang-halangin pulang sama dokter-dokternya?). Setelah itu gue ketemu Aldi masih dengan mata berkaca-kaca, masih nyesek tapi ngga mau berlarut-larut. Apa lagi pasang muka sedih di depan bokap nyokap nanti, takutnya bikin mereka sedih karna liat anaknya sedih.

Saat itu pukul 9 pagi, kalo kata dokter operasinya akan makan waktu sampe sore atau malem berarti akan banyak waktu luang untuk nungguin. Terus abis itu kita ngapain dong? Kalo ngga ada tuan raja kok ya ajudan-ajudannya bingung mau ngapain, hahaha... Akhirnya balik ke apartemen, makan, solat, nyuci baju, nyetrika dengan air mata sebagai Rapika-nya. Perasaan udah ngelakuin banyak hal tapi kok baru beberapa jam aja. Kangeeeen..... Rinduuuuu.... Yardan lagi apa ya? Bolak-balik nanya Aldi, Yardan lagi diapain ya, dia kesakitan ngga ya, Yardan kangen ngga ya? Yakin sih semuanya akan baik-baik aja, tapi kepikirannya itu lho...

Sementara nyokap-bokap khusyuk berdoa terus, mukanya pada tegang. Gue ya sama, tegang juga tapi berusaha santai. Aldi akhirnya ngajak pergi untuk cari apartemen lain. Apakah ngga ada waktu yang lebih tepat untuk cari apartemen? Ngga ada. Kita di Abbeville cuma dua minggu, rencana sih mau pindah yang agak deket city biar nanti pas recovery bisa jalan-jalan. Takutnya pas Yardan selesai operasi kita malah ngga bisa keluar RS untuk cari apartemen, jadi ya tinggal sekarang lah waktunya.

Sejujurnya jalan-jalan berdua Aldi ini sangat menenangkan hati. Ngiterin kota, naik turun tram, hinggap dari satu apartemen ke apartemen lain, makan berduaan, udah kayak orang pacaran ngga ada kerjaan. Mana udah muter-muter tetep ngga bisa nentuin pilihan. Sampe jam 4 sore belom dapet telfon juga dari RS, berarti udah 7 jam dong si Acus di ruang operasi. Lambreta bambang ya, udah kangen banget-bangetan. Ya udah kita milih pulang dan nunggu di apartemen aja.

nontonin tukang ngamen
ngeliatin musisi jalanan, mayan buat menghibur diri

Ditunggu-tunggu sampe lewat jam 6 kok ngga ada kabar juga. Mau berapa lama sih operasinya? Makin cranky dong ya, bolak-balik nanya "kok belom sih?" ratusan kali ke Aldi. Untung ngga ada lakban, kalo ada mungkin udah dilakban ni mulut! Akhirnya sejam kemudian, tepatnya jam 7, Dr.Christian nelfon ke HP gue. Dia bilang operasinya udah selesai dan dia minta ngomong sama dokter pendamping yaitu dokter Nia. Kenapa ngga ngomong sama maknya langsung aja sih, kenapa harus dokter Nia? Langsung lah ngibrit kasih telfon ke Dokter Nia. Selama Dokter Nia ngomong dengan muka serius dan angguk-angguk, penonton menanti dengan harap-harap cemas. Setelah telfonnya ditutup langsung deh serentak nanya "GIMANA DOOOOK?!". Ya ternyata operasinya lancar, Alhamdulillah, emang rumit tapi ya masih bisa diakalin (buset ini kayak benerin peralatan elektronik!). Cuma emang belom bisa complete repair, karena ada satu saluran yang masih terlalu kecil untuk dilakukan complete repair. Jadi masih ada lubang VSD yang dibiarkan terbuka. Biarpun begitu, untuk operasi tahap pertama dapat dibilang sukses, tinggal tunggu tahap penting lainnya yaitu pemulihan.

Selesai denger penjelasan dokter Nia, kita langsung ngibrit ke RS. Walau katanya masih sejam lagi baru bisa diliat, tapi biarin lah, udah kangen gila. Ya alhasil di RS nunggu lagi sih sampe Yardan dipindah ke ICU dan boleh ditengok.

sambil nunggu sibuk ngabarin keluarga di Jakarta, baju pun belom ganti dari pagi.

Satu jam kemudian orangtuanya dipanggil untuk masuk kamar ICU. Ya Allah, ngga bisa dilukiskan deh kangen dan deg-deg-an-nya, sampe gemeteran. Sampe depan pintu kamarnya keliatan tuh Yardan udah penuh dengan selang yang nusuk dimana-mana, infusnya aja enam. Udah tau kondisinya akan seperti itu, udah pernah dikasih liat foto-foto pasca operasi sebelumnya, tapi tetep aja liat di depan mata anak sendiri keadaannya seperti itu bener-bener menyakitkan hati. Sempet ngerasa kok gue tega banget sih nyiksa anak sampe segininya. Saat itu air mata tak terbendung ya, antara kangen, sedih, ngga tega, semua jadi satu.





Yardan sendiri kondisinya belum sadar, masih ada efek obat bius dan morfin. Jadi cuma bisa dielus-elus dan cium. Ada rasa bersalah tapi ada juga rasa bangga. Gila anak gue kuat banget ya bisa melalui ini, macho banget ya badannya penuh infus dimana-mana. Belom pernah ngerasa sesayang itu sama orang, membuncah-buncah banget rasanya.

Malam itu belom bisa tidur sama Yardan karena kan masih di ICU ya. Walaupun gitu ICU di sana terbuka 24 jam untuk orang tua yang mau ketemu atau nemenin anaknya. Saat itu semua perawatnya menyarankan agar orang tuanya pulang dan tidur di rumah biar bisa istirahat, karena perjalanan masih panjaaaang. Efek biusnya mungkin baru hilang besok pagi, nanti akan ditelfon mereka seandainya anaknya bangun. Ya udah deh, kita pulang meninggalkan Acus sama perawat ICU-nya, sambil berdoa semoga semuanya akan baik-baik aja.




See you tomorrow, Cus!







22 comments:

  1. Hore acuuussss!!! Akhirnya tiba juga ya di postingan kabar baik yang ditunggu-tunggu.. Walaupun disini bacanya tetep sambil nangis-nangis sih.. Apa boleh buat ya, hatiku dari pudding begini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pudingnya nutrijel sih membel Fry, gak lembek!

      Ya itung-itung ini awal penggemblengan mental hidup ya..

      Delete
  2. Yardan hebat.. sehat terus ya nak.. insyaAlloh banyak yang ngedoain dari sini.. *hug*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih banyak mba Ilmiy, aku juga bersyukur bgt pas operasi kemarin banyak yg bantu mendoakan. Semoga Allah membalas ya :)

      Delete
  3. Alhamdulillah, kita sekantor pada baca tulisan mba yang ini, suasana hening...semoga yardan diberi kesembuhan total sama Allah, karena tidak ada yang tidak mungkin bagiNYA. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Kania, ini baca blog apa nonton layar tancep? Kok bisa baca sekantor? Kan aku maluuu... (Taunya di kantor cuma tinggal 1 orang)

      Aamiin untuk semua doanya, semoga usaha ini ngga akan sia-sia.. Makasih yaa!

      Delete
  4. gitu deh kalo baca blog post elo Gem, cengar-cengir tapi mata basah :'}
    alhamdulillah operasinya lancar, Yardan emang kuat bin macho :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya Alhamdulillah lancar, mudah-mudahan bisa kuat & macho selama-lamanya yaa.. Thanks Ris!

      Delete
  5. anak letoy? kalo ini sih, anak yang kuat luar biasa!
    semoga selalu kuat, sehat ya...
    *SR mbak, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu... bener juga ya, hahaha...
      aamiin, makasih ya doanya..
      salam kenal juga Fanie, tinggal di Malang ya? Eyangku juga masih ada yg di sana :D

      Delete
  6. Terharu bacanya sampe mata kriyip2 basah. :'>
    Ah..Yardan, kamu anak yang tangguh kok, berhasil menjalani operasi berjam2 dan selang infus dimana2. Semoga selalu kuat dan sehat ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh mungkin bacanya sambil ngupas bawang kali mba Dessy... Hahaha..

      Aamiin, makasih doanya ya :)

      Delete
  7. Meski udah pernah liat dulu, tetep gue mewek Gem liat poto Yardan yang lagi paska operasi. Lo dan Yardan tuh emang kayak Batman dan Robin deh. Dynamic Duo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bs jadi dynamic duo selama-lamanya ya.. Ini judulnya babenya dilupain dong :D

      Delete
  8. Gemmmaaaaa, aku baca ini sampe kembung, karena setiap kali mau nangis langsung minum air putih banyakbanyak... Huhuhuhuhuhuhu...

    Gemma Yardan Aldi hebattttt semuaaaa! Semoga semua selalu sehat ya.. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahah, ngakak... Apa hubungannya sama minum air putih ya?

      Aamiin, semoga selalu sehat ya Sabia Mba Smiw & Mas Putra. Jangan lupa kalo ada buku anak hard cover mau dong colongan di-bbm! (sebel, lapaknya udah laku berat, aku dianaktirikan :"( )

      Delete
  9. Bener2 hebat Yardan..*lap aer mata*
    Ga bisa ngebayangin kalo aku yang diposisi dirimu..kalian sekeluarga emang hebat..:))
    Sehat2 terus ya Yardan..*big hug dari Raditya* :)

    Btw, nantinya akan ada operasi lanjutannya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Desi,
      Dulu juga gue mana bisa ngebayangin yg beginian, orang nonton kartun aja nangis meluluan T__T

      Makasih ya Radit, sehat selalu juga yaa..

      Iya rencananya masih akan ada operasi lagi, paling dikit sekali lagi & paling banyak tak terhingga :)

      Delete
  10. Ya ampun gem hebat bgt lo&yardan(btw panggilannya lucu bgt acus,asal muasalnya gmn tu?) sepicles lah bacanya, sekeluarga pada hebat2 smua

    Smoga yardan sehat terus ya nak,bahagia dunia akirat amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lincrut,
      hihi Acus itu dari Kacancus (bahasa Afrika) yg artinya anak pertama.. Dulu babenya mau kasih nama ini, tapi kan aneh banget yaa, hahaha... Jadinya dijadiin nama panggilan aja deh..

      Makasih ya doanya, kamu juga sehat selalu bahagia dunia akhirat, aamiin!

      Delete
  11. salam kenal mbak, lagi BW dan nyasa disini, sesenggukan saya bacanyaa.. semoga sehat selalu buat yardan, amien

    ReplyDelete
  12. Hai Gemma, salam kenal...tiba2 nemu blog ini. gw benar2 turut mendoakan kesembuhan buat Acus ya...i hope he grow healthy,strong and happy. amienn

    ReplyDelete