Tuesday, October 9, 2012

Melbourne: Recovery After Surgery

Berhubung udah super kelamaan, jadi postingan Melbourne yang rencananya mencapai 101 bagian dengan tenggat waktu tak terbatas harus dipersingkat. Sesingkat-singkatnya.

Hemat kata, abis pulang dari RS Yardan pun membaik dan kita pulang ke tanah air. Tamat.

HOREEE!!


Ngga bisa gitu aja ya? Hahahaha... Ya udah deh kali ini cerita tentang pemulihan Yardan selama di apartemen, dengan kondisi lupa-lupa-inget urut-urutannya!

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tak disangka tak diduga, pemulihan Yardan abis operasi tak seseram yang dibayangkan. Repot awalnya, karena emang badannya dia masih ngga enak, jadi apa-apa kesakitan. Nyokap bilang, dulu waktu dia operasi usus buntu dan c-section aja sakit, apalagi Yardan yang dibelek dadanya. Kasiannya itu justru kalo Acus lagi ketawa-tawa dan dia malah kesakitan. Jadi ketawa sambil ngeluh sakit, tapi ngga bisa nahan ketawa juga yang mengakibatkan makin sakit. Abis itu nangis deh... Begitu juga dengan bersin, tiap abis bersin langsung kesakitan dan nangis. Huhu kasian ya, mau ketawa ujungnya nangis, mau bersin ujungnya nangis. 

Terus kalo mau gendong juga mesti gendong ala bayi, ngga boleh selipin tangan di ketek kayak biasa gendong anak. Paling ribet kalo mau pipis di toilet, ngangkatnya suka serba salah dan bikin encok. Emang sih kata dokternya sakitnya bakal hilang total kalo udah lewat 6 minggu. Jadi terpaksa deh satu-satunya pain killer adalah Panadol. Yardan bener-bener kayak bayi lagi, mulai belajar jalan lagi satu langkah dua langkah, belajar makan lagi. Luka bekas jahitan juga masih horor, tiap mau mandiin Acus rasanya mau pingsan. Mana masih ada benang nongol yang emang belum dilepas. Tangan gemeteran tiap harus bersihin daerah situ, antara takut, sedih, semua jadi satu. 

Sebelum Akung-Uti Pulang

Kehadiran eyangnya yang menyisakan masa bakti seminggu lagi ternyata berguna banget. Bersyukur deh orang tua masih termasuk muda, mau ngapa-ngapain ya hayok aja. Cuma yang paling signifikan kehadirannya emang Akungnya sih. Bokap kan emang deket banget ya sama Yardan dan beliau emang lebih sabar menghadapi Yardan dibanding kita-kita ini.... (kita=gue). Terbantu banget dengan kehadiran bokap, Yardan mau pipis diangkutin, mau makan disuapin, Yardan bosen pun akung siap melakukan pertunjukan  akrobat dengan boneka-boneka, malah kadang sampe salah urat saking bersemangat. Terus juga anaknya nurut kalo sama akungnya. Kalo utinya sih bisa juga, tapi lebih ngga tegaan, dan untuk hal-hal yang sifatnya teknis kayak gotong ke WC atau gendong yang nyaman masih ngeri. Anaknya juga lebih sering nyari akungnya sih, hehehe...

Hari pertama setelah keluar dari RS, Yardan diajak gerakkin badan di playground RS (ini udah keluar RS lha kok hobi banget balik lagi, mentang-mentang tinggal nyebrang). Main-main sama akung-utinya, sementara ayah-ibunya sibuk ngurusin pindahan apartemen. Semakin sering dia menggerakkan badan, maka pemulihannya akan semakin cepet. Walau pasti ngga enak banget ya rasanya, tapi ya mesti diusahain dikit-dikit. Cuaca Melbourne juga lagi sering dingin, walaupun masih sisa-sisa summer tapi tetep aja anginnya ngga nahan.

H+1 keluar RS, dandanan udah mirip anak eskimo, ekspresi masih senggol bacok

mleyat-mleyot meringis melulu, kasian...

Belajar jalan lagi, alon-alon asal kelakon ya Cus..

Pasirnya bersih dari e'ek kucing Cus, ngga kayak di komplek rumah!

Main pun ekspresi masih sedingin es

Akung mulai was-was, ini cucuku atau Terminator? Haloooo?
Meskipun wajah masih tanpa ekspresi dan nahan-nahan sakit mulu, tapi kayaknya Yardan mulai bisa beradaptasi sedikiiiit demi sedikiiit. Buktinya abis pulang dan mandi langsung seneng pas diajak bercanda. Lebih tepatnya ngejek rambut Akungnya yang menipis... Kalo udah semangat nyelain orang itu udah pasti turunan Aldi ya, tapi ngga papa deh asal ketawa!

Alhamdulillah cucuku, ternyata kamu bukan robot!
Selama beberapa hari sebelum pindahan apartemen ya otomatis Yardan ngga kemana-mana. Paling antara gue-Aldi dan bokap-nyokap yang gantian jalan-jalan. Yardan paling jalan-jalan ke taman di belakang RCH, ada Royal Park, atau main di RS itu sendiri, mainannya segambreng. Alhamdulillah, setelah operasi Yardan mau makan. Ini beneran mau makan alias mangap lho ya, sebelum operasi ngga ada nafsu makannya blas. Bisa kebayang kan perasaan seneng nyuapin anak untuk pertama kalinya, bedanya ini umurnya udah 3 tahun!

Gaya duduk pasca operasi, ganjel bantal sana-sini.
Agak repot ya posisi kasih makannya..

Untuk obat-obatan, ada sekitar 4 macam obat yang harus dikonsumsi tiap hari, termasuk Aspirin dan Lasik. Untung dari rumah sakitnya dapet semacam alat suntik yang bisa dienjus langsung ke mulut, jadi lumayan gampang ngasihnya. Awal-awal tentu penuh perjuangan, lama-lama tetep pake perjuangan 10 detik abis itu pasrah deh anaknya. Yardan harus terbiasa nih sama obat-obatan dan harus disiplin, karena dia akan konsumsi ini mungkin untuk seumur hidupnya.

Pindahan Apartemen dan Tragedi Laptop

Sehari sebelum bokap-nyokap pulang ke Jakarta, kita pindah apartemen. Soalnya di Abbeville ini hanya menyewakan apartemen dua kamar, jadi kalo orang tua pulang berarti satu kamar kosong, kan sayang ya. Jadi pindahlah kita ke Mantra di Exhibition Street, biar kalo mau jalan-jalan di City juga tinggal turun lift. Nah di hari pindahan ternyata barang-barang itu banyaaaak banget, belom lagi mainannya Yardan yang tiba-tiba sekoper sendiri. Heran kan, perasaan kebanyakan waktu dihabiskan di RS kenapa mainan bisa sebanyak ini? *lirik Utinya*

Jadi pergilah kita naik taksi ke apartemen satunya udah kayak bedol desa. Sesampainya di Mantra, dengan asumsi seluruh koper udah diturunin semua, santai-santai dong ya... Bokap-nyokap jalan-jalan ke City, sementara gue, Aldi, Acus istirahat di kamar. Koper-koper pada belom diutak-atik tuh posisinya, masih menggunung deket pintu. Sampe akhirnya sadar ada satu koper kecil isi laptop, long coat pinjeman adek ipar, pesenan salep 10 biji buat ponakan yang nyarinya setengah mokat, kok ngga ada?

Baru deh mulai panik cari kesana-sini, sampe ngecek bagian concierge dll. Hasilnya nihil! Laptop sih bisa dibeli lagi, tapi foto-foto, dokumen-dokumen penting (termasuk skripsi), lenyap dong? Sampe akhirnya liat CCTV depan apartemen, ternyata itu koper kecil satu biji enggak diturunin dari taksi! Kontak perusahaan taksinya langsung laporan kehilangan. Ternyata susahnya ampun-ampunan, padahal udah ada nomor taksinya juga. Udah beberapa hari juga taksinya ngga terlacak, dan katanya ada kemungkinan itu supir taksi "nembak". Halooo Ostraliya supir taksi nembak?

Ya sudahlah, bisa apa lagi? Di situasi nyebelin kayak gini Aldi tumben ujung-ujungnya bijak, dia bilang kalo ikhlasin aja, udah dapet keberuntungan besar banget kita selama di sini, Yardan juga operasinya lancar, jadi hilangnya laptop kesayangan anggep aja amal... Amal pake gondok emangnya diterima yaaa? - ttd. istri sulit ikhlas.

Okeee, ganti topik ya, dari pada mengulik luka hati ditinggalkan lappie...

Tadi lupa membeberkan alasan kenapa milih Mantra di antara apartemen-apartemen lainnya. Selain lokasi strategis, tentu saja hal paling krusial adalah: FOX SPORTS!! Akhirnya bisa nonton bola, akhirnya bisa nonton Arsenal, aku rinduuuuuu!! Ya di apartemen sebelumnya kan cuma ada siaran lokal ya, sekalinya ada siaran bola udah ulangan dari kapan tau. Masa minta update terus dari temen-temen di Jakarta, kan kurang seru. Kayaknya Aldi diem-diem menangkap kegundahan hati istrinya. Sesebel-sebelnya dia kalo istrinya ngomongin bola, tapi dia rela cari apartemen yang punya saluran olahraga lengkap. Terharu....

Terharu di awal, ternyata itu cuma modus biar dia bisa tidur di ranjang kamar berdua Acus, bukan sofa bed depan TV!
TIPIKALLLL!!

Bed room
City View
Si Acus mungil
Di hari terakhir Akung-Uti ini, ternyata mereka malah nyuruh gue dan Aldi seneng-seneng nonton di bioskop. Katanya udahlah pergi aja, nanti-nanti kan bakal fokus di Yardan terus (dengan kata lain, ini beberapa jam terakhir kebebasan lo, nikmatin deh!). Ya udah deh, tanpa babibu jam 9 malem langsung cabut ke bioskop terdekat, jalan kaki saja. Berhubung yang paling deket itu Greater Union, maka kita nonton di sana. Ini bioskop udah tua banget kayaknya, kayak Megaria gitu. Dibanding bioskop macam Hoyts kok kayaknya kurang terawat dan untuk ukuran hari Minggu, bioskopnya sepi kayak kuburan! Setelah milih nonton The Hunger Games dan bayar AUD 35 berdua (mahal banget dibanding velvet class-nya Blitz), akhirnya kita masuk. Pas masuk studio langsung takjub, selain sepi juga kotor banget. Sampah bekas orang nonton sebelumnya sama sekali  ngga diberesin ya, terus dinding-dindingnya juga lapuk. Mana ditakut-takutin sama Aldi, "kadang tikus juga lewat lho..". Sungguh pengalaman tak terlupakan! Oya, ditambah lagi iklan pembuka film itu setengah jam sendiri, udah waswas ada curut masuk celana aja saking lamanya.

Burem banget, tapi kira-kira gini penampakan bioskopnya.
 Dengan sampah popcorn di lantai yg udah mencapai semata kaki (lebay).
Salah banget ya pingin romantis-romantisan berdua kok nontonnya The Hunger Games, kan terpaksa tutup kuping terus biar ngga kaget. Tapi mayan lah, walau pulang harus jalan kaki menembus udara dingin, tapi bisa rangkul-rangkulan.. (sebenernya lebih karna takut liat orang mabok di pinggir jalan sih dibanding ayang-ayangan).

Sampe apartemen Acus udah tidur, bareng Akung-Utinya. Pas subuh pun Akung-Uti pulang ke Jakarta, meninggalkan anak-cucunya.

Makasih ya Bapak dan Mamah, bantuannya sangat berharga sekali. Hiks.

*sungkem*
Dengan pulangnya mereka maka dokumentasi selama di Melbourne pun akan menggunakan HP thok, karna emang lupa bawa kamera ya, terus digicam dibawa pulang sama Bapak. Ngga papa deh, biasanya kalo kamera HP justru menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam.


Bersambung. Segera. Mudah-mudahan secepatnya. Janji.




10 comments:

  1. waa akhirnya ada postingan lagi hihi..

    emang rasa sayang orang tua terhadap cucu itu tiada duanya hihi..aku pun merasakannya hihi..bapak ku lgsg siaga klo diminta tolong soal cucunya :)..

    semoga kalian semua slalu diberikan kesehatan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setuju bgt soal hubungan eyang-cucu..

      Aamiin, makasih ya Anggi :)

      Delete
  2. Hiaaa...hh...Acus makin baikan. Ah seneng bacanya.
    Saya terus ngecek kemarih sambil doain terus. Sembuh total yaaa Acus :)

    ReplyDelete
  3. Agak agak ngilu dan sedih pas bagian nyeritain luka bekas operasi, kasian yah ga bisa ketawa krna sakit :(. Semoga Acus cepet sembuh yaaaaaah amin amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sih lukanya Acus udah sembuh, udah ngga sakit lagi.. Thanks ya Woro :)

      Delete
  4. Mantra itu enak banget ya lokasinya gem. Itu apartement nya karin dulu disana.

    Knp ga nonton di crown aja gemma hihi. Greater union itu gw baru nyadar slm kuliah di melben ga permah lho kesana :p ternyata jelek ya hihi

    Acussss!!! Senyuman maut akhirnya muncul jg ya. Sini cium dulu..anak hebattt :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh Karin di Mantra juga, enak sih Dhit.. Tapi Mantra ada di beberapa tempat juga kan? Cuma yg di Exhibition salah satu yg paling stratehis..

      Hahaha, iyaa butut bgt, kan nyari yg tinggal jalan kaki karna udah malem. Eh gak taunya HOROR!

      Makasih ya bubu! :)

      Delete