Wednesday, November 14, 2012

Hororongkong: Disneyland


Mencoba sedikit anti-mainstream, alias nulis pengalaman liburan bukan 3 hari setelah nyampe rumah, melainkan 3 bulan. Kebiasaan.

Zadiii, awal September lalu kita batigo liburan ke....... Hong Kong!

Kenapa ke Hong Kong? Karna udah pernah bisik-bisik penuh janji ke Acus kalo dia udah berhasil melalui operasi pertama kita akan pergi ke Disneyland. Ternyata bisik-bisiknya membekas ya, ditagihin mulu sama anaknya. Udah diajakkin naik kuda ke Bandung biar lupa ternyata dia tetep inget (jauh ya perbandingannya). Jadi lah pas babenya ada waktu, dalam hal ini dipaksa stop kerja barang seminggu, kita langsung berangkat ke Hong Kong. Ya abis yang paling deket dan murah kan Disneyland HK, kalo yang jauh-jauh ngeri amat bawa anak jantung masih berlubang naik pesawat. Kenapa-napa di angkasa bisa-bisa yang semaput emaknya.

Berhubung mendadak, terpaksa mengais-ngais kantong untuk tiket pesawat, wong belinya aja 10 hari sebelum berangkat langsung ke kantor Garuda. Makanya gedeg banget pas denger temen dapet tiket murah untuk 6 bulan ke depan. Jangan tanya juga tentang itinerary, panduan ke sana cuma baca blog Laila sambil bbm-an sesekali sama doi. Aldi sih bilang ngga perlu lah itinerary segala rupa, bisa disambangi sukur, enggak juga ngga papah, yang penting selow bae asal kelakon, tujuan utama Disneyland, tujuan selanjutnya ya mikir di sana... Booking kamar hotel juga baru seminggu sebelumnya, patokan cuma peringkat di Trip Advisor dan harus strategis. Udah.

Oya, sehari sebelum berangkat sempet-sempetin tuh beli stroller kecil i-sport di ITC. Gara-gara keinget pernah kehilangan stroller di bagasi waktu naik AA. Ya meskipun sekarang pake maskapai berbeda tapi tetep maksa beli stroller murmer untuk meminimalisir sakit ati. Tak disangka, kehadiran stroller mini ini sangat membantu dan sakti mandraguna dibawa nyelip-nyelip naik MTR dan sebagainya. Ke mana aja kemaren-kemaren?

Day 1

Howaaay, liburaaan! Yardan tentu tanpa mandi dan mata masih sepet langsung diangkut ke dalem mobil. Berangkat ke bandara sengaja pagi-pagi untuk menghindari macet, ternyata dari BSD ke airport lewat jalan tol yang baru cuma 45 menit. Zzzzzzz.... kecepetannya kebangetan! Akhirnya kita ke Saphire Lounge yang ada di luar, kasih bagasi ke mereka, terus mereka yang urusin check-in.

masih pake piyama

Sebagai info aja, fasilitas Saphire ini oke banget lho, biasanya ada beberapa bank yang nawarin fasilitas ini kalo nabung, coba deh tanya-tanya. Mau bikin membership sendiri juga kayaknya sih bisa. Kebetulan gue dan Aldi dua-duanya dapet gratis dari bank, tapi walau cuma punya dua kartu, untuk Acus tetep bisa bantu diurusin sama mereka. Selesai mereka check-in dan masukkin bagasi, kita tinggal melenggang kangkung lewat jalur khusus, dadah-dadah sama antrian imigrasi yang bak ular naga panjangnya. Cuma perlu tempel kartu, sensor retina mata, terus udah. Praktis kan? (dibayar berapa nih gua sama Saphire promo beginian!)

Cuma tetep aja masih kepagian.... Ya udah, kasih sarapan Yardan dulu di salah satu lounge, dan kebetulan Aldi juga kebelet pupi jadi sekalian setoran. Oya, yang namanya penerbangan ke HK dari dulu kayaknya selalu rame ya, mungkin karna pahlawan devisa juga banyak yang bolak-balik ke sana. Aldi sendiri sama sekali belom pernah ke HK kecuali transit di bandaranya, sementara ogut sih udah beberapa kali (kayak TKW yak), tapi tetep aja belom pernah mampir Disneyland-nya. Uhuhuhu... Karna itulah Aldi jadi minta istrinya nentuin jalan-jalan tiap harinya, dia tinggal melangkahkan kaki dan terima rebes.

Lama perjalanan ke HK sendiri ditempuh selama 4.5 jam dan selama setengah perjalanan si Acus tidur, setengah perjalanan lagi kebosenan sambil nanya "kok lama?" ribuan kali.


Dan tak lama pun kita sampai di Hong Kong. Langsung cari taxi dan cabcus ke Disney's Hollywood Hotel. Oya, taxi di HK kebagi 3 warna berdasarkan daerah jajahannya, cuma kalo mau ke Disneyland Resort pake warna apa aja sih bisa. Perjalanan dari airport ke hotel ternyata cuma 15 menit, cepet amat yah tiba-tiba sampe. Saat itu udah jam 4 sore, kita langsung check-in dan beli tiket buat ke Disneyland besok. Tak disangka, kalo nginep di sana 2 malem maka tiket Disneyland yang kita beli di-upgrade jadi 2-day-pass. Rejeki emang tak kemana ya, huehuheuhuehuheu.... Akhirnya kita memutuskan abis kasih makan Acus di kamar, kita langsung ke Disneyland aja buat cari makan malem dan sekalian liat fireworksnya doang. Naik wahana (ciee wahanaaaa, dipikir Dufan!) sih besok aja.

Tiketnya qaqaq..

Grabak-grubuk ogah rugi, bahkan semuanya belom ganti baju sama sekali, kita langsung ke Disneyland jam 5 sore! Bahkan anaknya ngga diganti bajunya, karna mikir cuma bentar dan paling nanti keringetan. Dari diangkut bangun tidur pagi sampe sore anaknya ngga digantiin baju, bahlul amat sih. Maafkan ibumu ya nak! (Ya sudahlah, nasi sudah melewati dubur!)

Dari hotel ke Disneyland tinggal naik free shuttle bus yang kayaknya sih ada tiap 5-10menit sekali. Di tengah jalan Aldi baru sadar "YAH KITA GAK BAWA CHARGER KAMERA!!". Mau tersedu sedan ngga sih dengernya, niat mau mamer-mamer foto jadi musnah kan. Belajar dari pengalamannya selalu stengki-stengki sih. Kemaren di Melbourne ngga bawa kamera, sekarang giliran bawa kamera malah ketinggalan chargernya! Ya udah, Que Sera Sera, ngga ada kamera pun masih ada hape, walau dalam hati gondok. Selalu olweis deh lupa yang krusial!


Kumel, Kucel, Bauk.




Sesampainya di Disneyland, langsung lah kita ngider-ngider cari makan. Awalnya kita mau liat Toy Story Land sambil sekalian cari makan. Acus mukanya udah sumringah ya muter-muter doang, walau belom naik apa-apa sama sekali. Cuma entah kenapa tiap makanan yang kita lewatin restorannya ngga ada yang menggugah selera ya, sempet beli cemilan pizza tapi ya standar. Akhirnya berakhir di restoran fastfood juga di sana, makan burger dan kawan-kawan. Untuk harga makanannya sih masih wajar-wajar aja kok, ngga mahal, tapi ya rasa juga biasa-biasa aja.




Lagi-lagi karna keasikan makan, tiba-tiba ada pengumuman kalo acara kembang api mau mulai. Lupa kalo hari biasa emang lebih cepet  mulainya. Ketebak lah ya, sampe depan istana udah rame bejubel. Tapi untung kembang api meluncurnya ke atas ya, jadi mau posisi kurang strategis pun tetep bakal keliatan. Walau pasti butut sih kalo liat hasil dokumentasinya.

Bujet, udah lautan manusia, sementara istananya nun jauh di sana... *umpel-umpel*


Butut amat fotonya
Kayak bola api buat ngirim santet ya..

Seneng deh, fireworks-nya keren, apalagi Acus udah lumayan khatam kisah-kisah Disney klasik jadi denger lagunya aja juga tau. Di tengah dentuman kembang api langsung nyolek-nyolek Aldi, bilang kalo aku ingin menitikkan air mataaaa, karna tiba-tiba ingatan masa kecil menyeruak semua. Oke itu agak lebay, tapi beneraaan... Sebagai anak yang kecilnya dijejelin Disney, tiap liat yang beginian pasti berasa naik haji ya..

Setelah kembang apinya berakhir kita pun balik ke hotel.  Ganti baju juga akhirnya.
Siyutumowow Disneyland!


duo alay balik ke hotel

Nah ngomongin hotelnya sendiri, udah banyak ya yang membahas Disney's Hollywood Hotel plus foto-fotonya. Lagi pula  karna kegusrak-gusrukkan pas baru dateng, kamar langsung berubah kayak kapal pecah, langsung ilfil mau motretnya. Secara keseluruhan sih bagus, tapiiiiii........ aku tak suka! Karena hotelnya emang niru Hollywood Hotel yang design interiornya terkesan jadul. Ini sih selera pribadi ya... Kalo ditanya soal detil yang berhubungan dengan Disney sih oke. Baru masuk juga udah disambut toko souvenir Disneyland, liftnya pake suara Mickey, perlengkapan kamar mandi dll juga memiliki unsur Disney semua, lucu! Cuma tetep aja rasanya tak sesuai selera karena kesannya butek. Kalo soal senengnya, ya tetep seneng dong....

Butek kan?

Jam 10 malem anaknya ngga mau tidur, diajak jalan-jalan keluar deh. (udah gembel pake baju tidur semuah)

Dari soal kelengkapan prikitilan sih ada semua, cuma sempet ngga nemu sikat gigi dan odol. Udah sebel kan ya soalnya emang ngga bawa sikat gigi dan odol, ternyata sikat gigi dan odolnya ada di dalem gelas kertas yang ditutup kepala Mickey. Ya meneketehe, kan ngga keliatan isinya.... Dan maafkan ibu ya Cus, gara-gara ngga nemu sikat gigi dan males nelfon housekeeping malem-malem, ibu jadi make sikat gigimu 2x. Jorok!


Day 2

Besok paginya kita berangkat jam setengah 10 dari hotel, dengan asumsi sampe Disneyland pas buka. Tiba di sana udah cukup rame, langsung lah atur strategi ambil fast pass "Buzz Lightyear Astro Blaster" dan naik "The Adventures of Winnie The Pooh" terlebih dahulu (Kalo mau baca tentang sistem fast pass ini bisa baca di websitenya Disneyland ya...). Ternyata weekdays Disneyland ngga rame-rame amat, antrian masih manusiawi lah, jadi sebenernya ngga ambil fast pass pun ngga papa, tapi untuk amannya emang ambil aja.

Tak sadar settingan kamera masih pake date stamp, tanggalnya kelambatan sehari pula.

The Adventures of Winnie The Pooh
Astro Blaster tak memungkinkan untuk motret-motret, goyang mulu.

ketika "happy" hanya sebatas tulisan.

Yardan ya jangan ditanya ya, excited banget dia. Binar matanya itu lho tiap abis naik rides, takjub kali ya. Dan sepertinya pertunjukan paling membekas buat dia itu adalah Festival of The Lion King. Temen-temen  deket gue mungkin udah tau kalo Yardan penggemar berat Lion King dan hafal lagu-lagunya walau dengan lirik kumur-kumur. Jadi saat nonton Lion King itu dia gembira banget, ikut bersenandung, tepuk tangan, dadah-dadah. Bahkan dia sempet disalamin sama monyet ajudan Rafiki, hahaha... Udah kayak disalamin apaan aja senengnya.

Sementara itu Aldi selalu ngakak tiap ajudannya Rafiki menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Cina.   Suaranya kan yang cempreng-cempreng annoying gitu ya, bertolak belakang sama cerita Lion King. Secara keseluruhan sih shownya baguuuuusss. Tiap pemerannya main dengan sepenuh jiwa, begitu juga dengan nyanyinya. Baru tau kalo nyanyinya live semua, ngga pake lipsync, suaranya bagus-bagus pula. Kalo disuruh milih siapa yang penampilannya paling bagus, menurut gue itu si Scar. Terutama saat nyanyi "Be Prepared", suaranya bener-bener bikin merinding bulu kuduk, menggelegar!




Ini dia nih yang jadi Scar, dadaaah!


Abis nonton Lion King, both ibu dan anak are happy! Kayaknya show ini menjadi highlight selama kita di Disneyland deh. ^^ (buat ibu dan anak ya, tau deh ayahnya)


A picture tells a thousand words!


Abis itu di sana kita juga nonton show musikal lain yaitu "The Golden Mickeys", ini mirip Disney Live versi 30 menit lah ya. Bagusnya karakter Disney yang muncul buanyaaaak, sayang ngga boleh foto-foto pas show-nya mulai. Dan ada satu lagi yang Yardan suka, yaitu "Mickey's Philharmagic". Ini semacam atraksi film 4D aja sih, cuma cukup menyenangkan karena lagi-lagi ketemu banyak karakter Disney. Ngga enaknya di sana sempet ujan, jadi ada beberapa saat di mana kita harus neduh. Mana udah bawa payung lipet dari rumah tapi malah ngga dibawa ke Disneyland, alhasil Aldi lari-lari beli payung gede di tempat souvenir. Mayan lah, jadi punya payung Mikimos.

"The Golden Mickeys"
Pic from here

Mickey's Philharmagic: Duo Alay kembali lagi


Buat yang mau naik wahana mirip istana boneka bisa ke "It's A Small World". Tentu lebih bagus ya (dikiiit) dibanding istana boneka Dufan, bedanya ada beberapa boneka karakter Disney yang ikut godek-godek di dalem. Yang bikin agak takjub pas denger theme song-nya si Yardan langsung bilang "ini kan lagu yang dinyanyiin Zazu..", buat yang udah nonton The Lion King pasti tau ada bagian di mana Zazu berusaha menghibur Scar dengan nyanyi sebait lagu ini. Gue juga baru sadar, bener juga yaa... Ternyata film yang diputer 264561453x sehari bener-bener nyantol ya Cus! Btw, lirik lagunya bagus banget ya, maknanya sederhana tapi dalem. Kalo diulang-ulang dan dihayati kayak dzikir pasti efeknya bisa meneteskan air mata deh... (lebaaaay...)

It's a world of laughter, a world or tears
It's a world of hopes, it's a world of fear
There's so much that we share
That it's time we're aware
It's a small world after all

CHORUS:
it's a small world after all
it's a small world after all
it's a small world after all
it's a small, small world

There is just one moon and one golden sun 
And a smile means friendship to everyone. 
Though the mountains divide 
And the oceans are wide 
It's a small small world 



Nah begitu liriknya, bikin terharu nggak?? Terharu kaaan??
"Enggaaaak!" (ini jawaban Aldi)
".................."



gimana sih cara fokusin kamera *amatir*

Di depan istana boneka... (aduh agak malu sih narsis begini, zizik... T__T)
Ternyata di date stamp selain tanggalnya salah, waktunya pun salah, mosok 22:34!

Setelah dirunut-runut, ternyata kita ampir naik semua rides yang ada, kecuali yang tingginya Acus tak mencukupi. Bangsanya "Space Mountain" sih babenya yang naik sendiri, ibunya kebagian jaga anak. Tadinya mau gantian, tapi tiba-tiba ujan, langsung cari tempat berteduh deh. Sebenernya pas di sana ada mainan yang baru buka namanya "Grizzly Gulch", cuma kelupaan naik dan udah males jalan ke belakang-belakang lagi jadinya terpaksa dilewatin. Mirip jet coaster biasa sih, bukan yang memacu adrenalin gimanaaaa gitu.




"Boooooooorrrriiiiiiinggggg!!"
Animation Studio

Soal makanan, akhirnya nemu restoran yang mendingan, lebih mirip kafe dan letaknya masih di Main Street. Walaupun tetep ngga nampol yaa... *perut Padang*

Surf and Turf
(lobsternya lebih gede kalo makan di Pangandaran yah!)

Waffle-waffle-an


Cuacanya saat itu berubah-berubah mulu, cerah ujan cerah gerimis, badan jadi peliket dan lembab bawaannya. Untung pas "Flights of Fantasy Parade" cuaca pas lagi lumayan cerah, jadi bisa nongkrong deh di pinggir jalan.








Dan lagi-lagi, saat paradenya stop untuk jejogedan yang ada di depan mata adalah rombongan Lion King. Semacam jodoh banget ya sama Acus.

Rafiki tinggal towel

Lucunya, kegembiraan Yardan di sana berubah jiper pas liat karakter Disney di depan mata. Sebenernya Yardan itu mirip emaknya, takut sama badut! Jadi pas pertama kali liat Mickey di hadapan, dia langsung minta pulang! Lah begimana, katanya mau sowan sama Mickey kok pas udah liat sosoknya langsung mengkeret. Akhirnya daripada sia-sia belom ketemu tuan rumah, langsung aja lah ni anak dihadapkan sama si Mickey. Emak-babenya ngga peduli dia minta pulang, karena sesungguhnya mak-babenya juga pingin dong salaman sama Mickey, mwa'a'a'a'a'a... Bener kaan, pas udah ketemu disuruh tos sama Mickey mau, salaman mau.. Ternyata emang keder di awal aja si bocah.

Yardan stress!

Yardan berusaha enjoy tapi tetep tegang

Dipeluk-peluk lelaki lain di depan mata.. Pantes muke suami dan anak sepet!

Walau di foto keliatan tegangnya, tapi abis itu Yardan ketawa-ketawa juga sih. Soalnya emang karakter-karakter di sana ngajak main anaknya, jadi ketegangan bisa mencair.

Sekitar jam 5 sore kita memutuskan untuk balik ke hotel aja, males nungguin kembang api lagi, kan udah nonton kemaren. Lebih tepatnya sih kaki udah gempor karna ngga biasa olahraga, kesiaaan... Secara keseluruhan hari itu sangat menyenangkan, terutama buat Yardan ya, tujuannya kan emang buat dia syenang. Mudah-mudahan kalo jantungnya udah direparasi total jadi bisa naik segala macem permainan yang rada ekstrim-ekstrim dikit ya, Cus. Eh boleh ngga sih sebenernya? Abis ngga pernah nanya dokternya.

Tak lupa menuju gerbang pulang dibeli dulu souvenir-souvenir uculnya kakak.... *bokek*

Bye-bye, xie-xie, dadagh!


Semoga bisa mampir kembali ya... :)


*bersambung*





12 comments:

  1. Mbak Gemma, gw silent reader biasanya baca blog ini dg serius tp skrg pgn ketawa ngakak nglihat foto yg sama Goofy, lihat muka sepet sebelah kanan wkwkwkwk... Btw, Yardan sdh sehat hbs operasi ya, benar2 jagoan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha abis Goofy-nya juga emang ganjen ya, emak-emak kok dipeluknya niat amat, pantes Acus sepet...

      Alhamdulillah Yardan membaik, walau masih mini ukurannya :D

      Delete
  2. gem
    bisikin dong promo bank apa buat member saphire

    hotel disneyland yang 1 lagi kayaknya lebih cantik deh gem..soalnya bertema princess gitu kan
    tapi anak kita kan laki yaa haha masih ngayal deh bisa nginep disitu :p

    eh gue pas nginep di hollywood hotel masa anduk di kamar mandi nya sobek..tapi lain2nya si oke. azka happy bener liat mickey dimana2 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ampir semua bank besar ada deh Dhit. BCA, Mandiri, BRI, CIMB gitu-gitu ada semua kok kalo nabung di sana.

      Iyaaa, yang satu lagi prinses-prinsesan, kalo naik shuttle kan ngelewatin ya, dan kayaknya lebih bagus dan klasik bentukkannya..

      Kalo buat suasana sekali aja cukup sih hotel-hotel di Disneyland, soalnya ngga ada toserba yg deket ya, jadi bikin mati gaya. Kalo di tengah kota naik MTR ke Disneyland juga gampang padahal.

      Hahaha, dan ngga dapet hand body lotion! Mana gue lupa bawa kan, jadi terpaksa oles krim muka ke badan deh..

      Delete
  3. Muke di dumbo ride happy bener kayaknya gem.. Ahahahahaha...

    Duh acus kapan-kapan kita nge-disneyland bareng doonnggg!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy banget, tak terkira!!

      Ayo dong, kapan gitu Acus dibayarin Tante Plinses Aulolaaa...

      Delete
  4. APAAAA ALDIIII? Lirik It's A Small World nggak mengharukan?! *bazoka* Aduuuh, paling seneng deh liat anak (dan ortu) yang paham dan meng-apresiet Disneyland. Dan sebaliknya, paling sedih liat anak kecil yang ke Disneyland, lalu sedih karena nggak nemu Barney, Pororo, atau Goggle V.... Ya menurut nganaaaa... *sinyal ilang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. Bener bener.. Bener bener ngga abis pikir ya..

      Gue juga sebel pas di Disneyland kok ada yg pake baju Barney atau Dora.. Tamu yg ngga tau adat banget ngga sih! (Mulai lebhey..)

      Delete
  5. Oh, I'm so gonna show this posting to Nadira! Pas lo ke HK, trus gue pejengin profpic-lo sama Yardan bareng Mickey/Donald ke Nadira, dia langsung jerit "Yardan ke Disnilen, Bu? Mbak Dira mauuu.." Trus lari ke bapaknya buat laporan. Mungkin dia ngerasa left behind sama Yardan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong mbak Dira "naik haji" ke sana juga, pasti berbinar-binar deh..

      Delete
  6. Gemma.... Ini kunjungan pertama gw kesini. Baru nemu. Gw suka deh cara nulis lo, lucuuu :)
    Seru banget ke hongkong!!! Tapi ternyata di HK Disneyland bulan november belom masuk tema natal ya?? Kirain udah.... Btw, itu yang malem2 hari pertama, kalian gak kumel sama sekali kok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Candela,
      Ah kamu.. Ke Disneyland-nya kan udah dr bulan September, cuma emang baru ditulis bbrp bulan sesudahnya..

      Hahaha makasih lo udah dibilang ngga kumel.. Dekil aja kali ya..

      Delete