Tuesday, November 20, 2012

Hororongkong: Ngong Ping Village


Menyambung tulisan sebelumnya, kali ini mau ceritain pengalaman jalan-jalan lainnya selama di Hong Kong.

Day 3

Setelah tepar ngedisnilen, keesokan harinya pun bangun pada kesiangan semua. Rencananya hari ini kita mau ke Ngong Ping Village untuk sowan Giant Buddha dan pulangnya check-out dan pindah hotel ke daerah Tsim Sha Tsui. Cuma karna kesiangan tadi, terpaksa check-out duluan jam 10, titip koper di hotel, baru pergi ke Ngong Ping naik MTR.



Acus dan kaos favoritnya.. Kayak ngga punya baju laen nak!

Yardan baru 3 hari di HK kok mukenye udah mirip penduduk aslinya..



Dari Disneyland Resort station kalo mau ke Ngong Ping gampang banget. Tinggal cuss naik MTR ke Sunny Bay station, trus pindah jalur ke Tung Chung station, nyampe deh. Perjalanan paling sekitar 15 menit doang.

Sesampainya di Tung Chung, kita naik cable car (kereta gantung) ke Ngong Ping untuk menuju Giant Buddha. Siakeknya, cuaca hari itu sempet ujan lebat, tapi untungnya pas kita mau naik cable car hujan mendadak berhenti. Maka beli tiket lah kita, trus pake sok-sok milih yang Crystal Cabin, alias yang lantai cable car-nya tembus pandang. Aduh ini bener-bener kesombongan yang nantinya disesali!

Kirain perjalanan naik kereta gantung cepet gitu ya, taunya ampir setengah jam. Kokoh sih keliatannya, tapi tetep aja kalo angin lagi gede langsung goyang... Dan ternyata makin lama makin naik tinggi banget ya, mulai deh nyesel pake Crystal Cabin! Aldi juga langsung protes: "Siapa sih nih yang sok-sok-an pake lantai kaca begini!" (terbukti dese sendiri takut!)

Jiaaah, tingginya cuma segini, cemeeeen!

Ini lantai kacanya.. Semua dengan sepatu favorit masing-masing.
Tiba-tiba udah di atas gunung! *berpelukan* *jangan liat bawah*

Betapa leganya ngeliat Giant Buddha dari kejauhan!
Turunkan awaaak!

Setelah perjalanan yang membosankan tetapi mengerikan itu, akhirnya tiba juga di desa Ngong Ping. Pas turun langsung ditawarin mbak-mbaknya hasil jepretan foto sebelum naik tadi, tapi harganya ngga manusiawi deh, HKD 300 masa, alias 360 ribu-an! *ludahin* Tapi dengan sedikit trik-trik, gue bilang akan beli nanti pas pulang, minta potret dulu kode di bawah fotonya biar ngga lupa. Trik ini berakhir dengaaaaan......... TADA!!


FOTO GRATIS!! (dengan bonus jempol embaknya di bawah)

Duh kenapa ya mental Padang suamiku jadi mendarah daging di istrinya gini...

Lanjut ke Ngong Ping, kirain tempat ini bakal ngebosenin atau gimana ya, ternyata gue dan Aldi suka banget! Ya kalo Acus kayaknya datar-datar aja... Ngga ada mikimos gairahnya pun jadi padam.

Tujuan pertama tentunya kita langsung mau liat Giant Buddha, dan untuk menuju ke sana harus naik tangga yang lumayan tinggi. Dudududu, sebenernya mauuuuu banget, tapi kayaknya kalo bawa Yardan agak repot (alesan!). Akhirnya Aldi doang yang naik ke atas, sementara gue dan Yardan nungguin di bawah. Sambil melihat dari kejauhan tampaklah si Aldi baru setengah jalan udah berhenti istirahat dan minum aer sebotol, ngga pernah olahraga sih!

Yardan mulaiii deeeh...


Lelaki berpipi tambun ini akan coba mendaki, doakan!

Dikit lagi Yah, dikit lagi Yah!
(patung Buddha-nya sungguh menggetarkan jiwa ya..)

Sembari nunggu, gue dan Yardan pun leyeh-leyeh di tempat yang ternyata adalah pelataran untuk orang berdoa menghadap Buddha. Pelataran ini mungkin dibuat untuk orang-orang yang ngga kuat naik ke atas, jadi mereka bisa berdoa dari bawah. Nah berhubung si Acus mulai bosen, langsung lah bilang kalo tempat ini adalah tempat Po belajar Kung Fu. Untungnya Acus orangnya percayaan banget sama emaknya ya, tiba-tiba dia latihan Kung Fu sendiri aja lho di tangga pelatarannya... *lirik kanan-kiri*


Pemanasan
Mulai lirik-lirik nakal 
Mendadak angot
Okaaaay
Jurus Patokan Ayam


Dan diakhiri dengan......

Ngupil...


Setelah goler-goler lama, Aldi turun gunung juga dengan muka sumringah. Kata doi di atas keren bangeeeet, ah jadi nyesel ngga ikut. Abis liat foto-fotonya di kamera ternyata emang cantik banget, auranya bikin merinding, pemandangannya bagus. Jadi kalo ke Ngong Ping diusahakan banget lah bisa naik sampe ke Giant Buddha, liat foto amatirnya aja terharu.








Sebenernya ada videonya saat Aldi di atas, jadi video patung Giant Buddha dengan awan yang bergerak di atasnya. Subhanallah banget lho liatnya, nuansanya magis bikin merinding. Aldi pun mengakui kalo emang keren Giant Buddha dan suasananya. Seandainya ke Ngong Ping bisa naik kereta ekspres tanpa harus naik kereta gantung, kayaknya lain kali harus gue jabanin lagi deh ini.

Di Ngong Ping Village, di jalan menuju dan sebaliknya dari Giant Buddha ada patung-patung shio atau yang disebut mereka sebagai Twelve Heavenly Generals. Sayangnya gue dan Aldi baru sadar setengah jalan, jadi sambil capcipcup pilih foto di depan patung yang mewakili shio kita. Ternyata gue foto di depan patung yang salah ya, kirain shio tikus, taunya uler! Sedangkan Aldi bener tebakannya, foto di depan kambing gunung!

Harusnya shio tikus ini..
(pic from here)
tapi malah foto depan shio ular

Udah sok hot ngikutin posenya, taunya salah, shio uler di atas siap caplok shio tikus!
(gayanya rada mirip artis dangdut emang)
Sementara si "muka merengut kalo difoto" malah beruntung mulu... *sundut*

Di sana juga ada beberapa sapi-sapi kecil yang dilepas dan kayaknya jinak ya... Tentu aja sebagai pedagang sapi si Aldi langsung mengira-ngira berapa kilo itu sapi dan pantesnya dijual berapa. Susah emang kalo biasanya kerja trus ditarik liburan, bawaan ngitung-ngitungnya enggak ilang.


Nah abis dari Giant Buddha, gue udah ngebet banget ikut "Walking with Buddha". Katanya ini semacam atraksi yang menceritakan perjalanan Siddharta Gautama hingga akhirnya jadi Buddha. Ternyata atraksi ini gue sukaaaa banget. Sebagai pengagum pemikiran Buddha (yang biasanya sangat berkaitan dengan mata kuliah Psikologi) banyak ber-ooooh-aaaaah selama di dalem. Pengunjung digiring ke beberapa ruangan sambil diceritakan tentang perjalanan Buddha, tiap orang dibekali headphone dan walkman.

Walaupun di dalem sempet ada acara nonton film kartun jadul dan culun, tapi terlepas dari itu keyen kok, apalagi tiketnya murah meriah. Di penghujung acara, kita disuruh ambil satu daun dari Bodhi Tree, yang katanya sih semacam "ramalan" Bodhi. Nanti daun kertasnya dimasukkin dari bawah patung Buddha besar yang transparan, terus cusssss melesat ke atas patung... Keyeeen! *keplok-keplok ndeso*


Sayangnya di dalem gelap dan ngga boleh foto-foto, tapi tetep sih colongan dikit-dikit...


Ini patung tempat masukkin daun Bodhi Tree

Aamiin :'}



Setelah puas jalan-jalan sama Buddha, kita memutuskan untuk pulang. Tapi sebelumnya kita makan kebab dulu di Ebenezeer, kebetulan liat tulisan halal soalnya, hahahhaha. Yaa hari-hari sebelumnya auk deh halal apa enggak, apa aja dikokop dengan Bismillah. Sebenernya males sih pulang, mengingat harus naik kereta gantung lagi, tapi ya apa boleh buat....

Dan bener kan, segala ketidak-ikhlasan naik cable car ternyata harus dibayar mahal. Pertama, selain kita bertiga ada tiga orang mbak-mbak yang tampaknya dari mainland China yang astaga berisiknyaaa bikin emosi jiwa. Sampe-sampe Yardan yang nyuruh diem mereka, "SSSSSTTT!! Yardan mau tidur!". Trus mereka langsung bengong dan ngedumel plus hahahihi lagi. Yaudahlahyaaa, Yardan akhirnya bobok juga di pelukan, saking capeknya kali.

Apesnya kesialan tak berhenti di situ, karena tiba-tiba angin kenceeeeng banget dan ujan gerimis. Bisa bayangin di dalem cable car baju berkibar gara-gara angin dari ventilasi. Perasaan udah ngga enak banget deh, udah liat-liatan sama Aldi kalo bentar lagi pasti kenapa-napa. Bener ternyata, cable car tiba-tiba berhenti mendadak. Berhenti semua, baik yang arah pulang atau yang menuju Ngong Ping. Yah ngga lucu banget kan, mana si mbak-mbak tiga orang itu makin heboh ketakutan. Sementara kita lagi ada di atas lembah begini, mati di sini agak kurang lucu yaaa...

Inilah spot di mana cable car berhenti dan goyang-goyang tertiup angin dan keujanan

Aldi sempet bilang, "Ya udah lah, seandainya jatoh kita meninggal sekeluarga, dengan orang-orang yang paling disayang..." Yeeeh, meskipun bener tapi males banget deh ah, elo aja situ.. (mulai durhaka..)

Di sini mulai terngiang-ngiang kata-kata Buddha tadi:

"There is suffering and there is an end of suffering..."

Penderitaan ini pasti berakhir jikalau kita mau berdoa dan berusaha, walaupun berusahanya ngga tau harus begimana selain diem di tempat. Di saat-saat seperti ini kebetulan @prin_theth, @frimin, dan @nadiaswp lagi bbm-an, langsung lah cerita kalo gue lagi stuck di cable car, dan kalo kenapa-napa seenggaknya mereka tau lokasinya di mana.. Nah di tengah-tengah dzikir, tiba-tiba keretanya bergerak... HOREEEEE!! Walau akhirnya sadar ini kok bergeraknya mundur ya, bukan maju.... *mewek*

Ya masa udah setengah perjalanan tiba-tiba mundur gara-gara cuaca buruk! Mana ini end of sufferingnyaaaa? Manaaa??

Saat sibuk misuh-misuh jalan mundur, tiba-tiba keretanya berhenti lagi... *pingsan* Untungnya abis itu cable car jalan normal, maju ke depan.. Mari ucapkan Hamdallah!


Kalo ditanya kapok nggak? Ya kapok laaaahh.... Turun-turun lutut kopong dan gemeter!


Untuk mengobati kekalutan hati akibat tragedi kereta gantung, mari lah kita belanja-belanja di Citygate Outlets yang emang satu daerah jajahan sama Tung Chung station. Di sini katanya factory outlets berbagai branded items, cuma setelah diliat-liat emang barang-barang keluaran lama ya. Kate Spade lumayan lagi lucu-lucu, walau dari harga sih ya bedanya ngga jauh-jauh amat. Cuma boleh lah dibeli di sini... Crocs jelek-jelek modelnya, cuma tetep dibeli karna kaki udah kapalan semua. Yang bagus-bagus sebenernya barang laki sih, Aldi kayaknya cukup puas belanja di sini. Dan tentunya masih banyak merk-merk internasyonal lainnya, sila dikulik di mbah Gugel.

Nah mak-babenya sibuk belenjeus, sementara si Yardan....

Santai nungguin like a boss..
(sambil ngebekel subway di cantolan)

Abis itu cuss cabut balik ke hotel disnilen, ambil koper, dan pindah ke hotel The Mira di Tsim Sha Tsui.



Yuk ah, bersambung!






20 comments:

  1. Super terharu sama kata-kata mutiaranya :'}}}} *bibir getarnya lebhe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas ya dengan situasi sekarang ini... :'}}

      Delete
  2. Replies
    1. Bagusss, kamu menangkap inti pesan di balik cerita ini!

      Delete
  3. kungfunyaaaaa bikin ngompolll.....
    *cium acus*

    ReplyDelete
  4. acuss lucu banget sih kungfunya. adegan mati cable car nya bikin ngakak...
    hahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ati-ati, kalo ngetawain suka ketulah lhooo...

      Delete
  5. MHAKAKKKAKAKKAKAKAKAKA..

    KungFunya debessss termasuk jurus pamungkasnya :))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kita bikin paguyuban kungfu khusus Tangsel!

      Delete
  6. gemmmaaa salam kenal ya. gw suka suka banget sama gaya ceritalo, anjrit itu Acus lucu banget sih kungfunya. ajarin tante dong cus.. *gremet.. sehat2 terus ya cus. dan bener semoga ada end of suffering ya Gem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shinta,
      Hihi makasih ya sudah bertandang.. Makasih juga doanya..

      Delete
  7. Hai Gemma salam kenal yaaa... Gilaaa itu lantai kacanya 'megang' banget sih, apalagi pas bagian cablecar berenti, gue pasti bakal terkenc*ng-kenc*ng deh di atas...eh tapi gak ada toilet kan di cable car? *emang bis malam*...:-D
    salam buat acuss ya..semoga sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ngga ada WC-nya lah, lain kali kalo naek beginian emang harus pake pampers dewasa deh kayaknya!

      Makasih ya doanya :)

      Delete
  8. keknya yang paling nge-hits di postingan inih ituh kungfunya Acus nyak... *plokplokplok *hidupAcuusss.... :D
    Jadi tambah ngefens dah ama Acus.. *kasihjuruskungfu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makasih loh, akhirnya anakku punya fanbase, walau isinya cuma kamu seorang... (dan ibunya)

      Delete
  9. Gileeee trik fotoin foto-si-embaknya jago abis ahahahahahha bisa nih ditiru :lol:

    Kalo lagi di atas kereta gitu dan berenti mana pake lantai kaca, kebayang deh deg deg pyar nya. Alhamdulillah ya masi selamat hihi. Nice post mba Gemma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin dipuji triknya, jadi ngerasa makin bersalah deh kalo gini.. Hahahaha..

      Delete
  10. Gemma, salam kenal ya... Gue yang muji2 elo cantik di blognya Rika hahaha...

    Waktu ke Ngong Ping laki gue ngotot minta naik yang crystal cabin dan dengan judesnya gue tolak. Gue bilang: udah lebih mahal masa lebih nakutin, ogah! Trus naik yang biasa kan dan pas antri naik kita liat kalo antrian crystal cabin lebih panjang drpd yang biasa, gue langsung nyengir. Tuh kan, udah lebih mahal lebih nyusahin pula. Kebayang horor banget kalop berenti di tengah jalan, gue aja baca doa mulu sepanjang perjalanan, as cemen as it may sound tapi beneran gue takuuutt :D

    BTW anak lo lucu banget latian kung fu. Dan trik foto gratis lo itu bikin ngakak hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Otty,
      Apaaa aku dipuji cantik? *ngibrit ke blog Rika*

      Oiyaaa kyaaa kyaaa!! Makasi lho ya! Perlu di screenshot apa ya? (Maap norak, jarang yg muji)

      Haha, iya tuh, kapoknya naik cable car-nya doang, di Ngong Ping sih asoy padahal ya..

      Delete