Monday, December 31, 2012

Hororongkong: Et Cetera.

Selalu ya, di tengah-tengah nulis pengalaman liburan tiba-tiba mood lenyap, herman deh!

*menggeret diri sembari nyentilin jari biar mau ngetik*

Lanjut.....


Setelah selamat dari kejadian horor di kereta gantung Ngong Ping, mari membuka babak baru kehidupan, alias mabur dari Lantau Island menuju Tsim Sha Tsui.

Dalam keadaan super lelah akhirnya kita sampe di hotel The Mira. Saat itu udah sore, mungkin sekitar jam lima lah. Kucluk-kucluk masuk hotelnya langsung tercium wangi lavender, bawaannya jadi makin ngantuk dan pingin dipijet deh, agak rancu ini hotel apa spa sih, suasananya kok remang-remang?


The Mira
(pic from here)

Keadaaan memanas saat mau check-in, prosesnya agak lama dan saat mereka minta passport ternyata Aldi lupa kalo passportnya dimasukkin di dalam koper. Trus karna capek banget Aldi minta ijin buka koper di kamar buat ambil passport, tentu ngga dikasih namanya udah prosedur walau udah lunas sekali pun. Jadi deh sambil mangkel-mangkel Aldi geletakkin (lebih tepatnya rada banting sih) koper di lobby terus grasak-grusuk ambil passport. Nah, mungkin resepsionisnya jadi ngga enak ati gitu kali, abis kita kasih passport eh kamarnya di-upgrade satu tingkat. Yah cuma beda pemandangan doang sih, tapi lumayan juga, hahahaha... Aduh mbak resepsionis bertampang manis lugu, maafkan kejudesan suami saya yaa... *salim*

Alhamdulillah, kesan pertama yang nyebelin langsung buyar pas masuk kamar. Sebenernya kamarnya cilik bener, tapi kayaknya ampir semua kamar hotel di HK cilik-cilik sih, cuma dibanding Disney Hollywood di The Mira masih lebih sempit. Sisi pleusnya, ada wi-fi dan koneksinya kenceng. Laki gue bahagia deh kalo akses internet kenceng, lupa tuh segala kesel-kesel. Yang bikin cangcing lagi semua printilan serba hi-tech, TV merangkap komputer, mau ngeyutub di TV bisa, nyambung keyboard komputer, trus ada iPhone/iPod dock juga. Untuk lampu kamar bisa sesuai mood, bantal dapet tiga jenis dari bulu angsa sampe bulu babi kali yaa.. Kamar mandi tembus pandang tapi ada "hordeng"-nya yang bisa tutup buka dengan tombol. Enaknya bath tub dan ruang shower terpisah, soalnya suka sebel ngga sih mandi pake shower tapi kita mesti berdiri di dalem bath tub? Ngeri kepleset trus kepala kepentok berujung mokat. (ini kayaknya keparnoan gue aja sih..)

Berkat wi-fi yang kenceng, gue juga jadi bisa kerja dikit-dikit saat itu. Untung urusan socmed waktunya fleksibel dan "bos"-nya baik-baik buat diminta izin liburan... (kali aja blog ini lagi dipantau... *dadah bos*)

Berasa ada penampakan ngga sih di TV?

tempat tidur gedang



Setelah rehat sejenak, agenda selanjutnya selama di Tsim Sha Tsui adalah makan, belenjes, dan jalan santai. Kebetulan dari hotel ke Avenue of Stars bisa ditempuh dengan jalan kaki, jadi kita memutuskan untuk ke sana buat liat Symphony of Lights. Kebetulan Aldi belom pernah liat dan gue tau banget laki gue pasti ngga bakal terkesan sama yang beginian. Cuma berhubung Aldinya mau, ya jadi lah kita berangkut.

Pas sampe sana tinggal beberapa menit lagi sebelum acaranya mulai, jadi udah lumayan banyak orang yang menyemut di pinggiran. Ternyata ngga sampe 5 menit permainan cahaya berlangsung, si Aldi udah bosen berat, lagi pula kok malem itu suara musiknya agak mendem ya, dulu perasaan menggelegar. Setelah sadar ngga ada yang menarik lagi, maka cabcus lah kita cari makan.

Udah rame.... pulang aja nyok!
Berhubung udah malem dan badan peliket dibawa pergi dari pagi, kita memutuskan untuk cari makan di deket hotel aja. Mampir lah kita ke mol persis depan hotel, yaitu Miramar Shopping Centre. Berhubung naga di perut ngamuknya udah tak tertahan, cap cip cup pilih restoran yang keliatannya nyaman. Akhirnya pilihan jatuh ke Korean Restaurant namanya Chum Chum Mi. Alhamdulillah ngga salah pilih, ternyata makanannya enyaaaak! Walau ngga bisa dibilang enak-enak banget, tapi kalo Acus yang jawara emoh makan aja bisa ludes itu pertanda restorannya patut diapresiasi. Banchan-nya (free appetizer) juga dapetnya banyak dan porsinya melimpah, jadi perut sungguh bahagia. Cuma ya gitu, lagi-lagi review tak berfoto, maklum gragas.

Gaya baru kalo difoto... Bagus nak, lipet aja mukanya sekalian masukkin kantong.

Oya, di mol yang kurang ngetop ini ada Muji dan Uniqlo juga, dengan harga yang mengguncang iman tentunya. Aldi banyak borong kemeja di sini, sementara gue borong snack-snacknya Muji buat cemilan sembari jalan-jalan (orientasinya makan mulu). Enaknya mol ini ada jembatan penghubung ke hotel, jadi mayan lah buat cuci mata kalo lagi bosen.

Besokannya bangun pagi dalam keadaan segar, karena apa? Karena bantalnya enak! Gue dan Aldi kadang suka bermasalah sama bantal hotel, gue suka yang tebel, Aldi suka yang tipis. Nah kan di sini bantalnya ada 3 macem, jadi dipilihlah yang sesuai selera kita. Acus ya dapet bantal yang keliatannya paling ngga enak sih, tapi biarin lah toh dia tidur (kayaknya) enak-enak aja. Haha, maap ya Cus....

Rencananya hari ini adalaaaah enggak tau mau ngapain. Keluar hotel bengong, kita mau ke mana ya? Akhirnya memutuskan untuk sarapan dulu, lagi-lagi di restoran yang keliatannya enak. Maka masuklah kita ke restoran yang namanya auk apaan, abis tulisan cina semua, tapi dari gambar-gambarnya sih menggiurkan. Kalo soal haram halal, kayaknya udah pasti haram deh, hahaha. Tapi karna udah laper ya sikat aja lah yaa...

Pas baca menu mata langsung tertumbuk sama yang namanya "Drunken Chicken", pesen itu dan ternyata ENYAK BANGEEEET!! Berhubung gue dan Aldi suka banget sama yang model-modelnya ayam rebus, ayam hainan, dan sebangsanya, drunken chicken ini juara banget deh. Aldi sempet komentar sih, "yah elo ngga makan babi tapi ini ayam kuahnya alkohol semua!", terus aku pun pura-pura tidak tahu sambil ngunyah... *gelonggongin*

Penampilan biasa, rasa ruarrrr binasaaa!
Restorannya itu tuh yang ada kanopi ijo-putih di kiri (gak bantu)

Selesai sarapan saya pun mabok, engga deng... Selesai sarapan tiba-tiba inget baca sekilas berita yang mengabarkan kalo lagi ada perayaan "100 Years Before The Birth of Doraemon" di Harbour City. Ini kebetulan banget, pas kita ke HK ngga tau ada yang beginian. Daripada ngga tau mau ngapain maka mampir lah ke sana. Kesananya jalan kaki dari hotel, gara-gara Aldi bilang deket kok dekeeeet.. Kalo di peta sih seruas jari, tapi kalo dijabanin pake kaki mah mayan.... mayan mau mokat! (tapi ini semata-mata karna jarang olahraga aja sih). Dan pas sampe sana langsung deh norak, kyaaaa Doraemoooonggg! Ternyata patung-patungnya lucu dan unik, ada semua gaya Doraemon yang familiar, juga alat-alat ajaibnya yang pas kita liat pasti langsung tau itu buat apaan.  Oenyoe maksimal! Aaah sungguh bangga menjadi generasi Doraemon, generasi penuh mimpi dan persahabatan!

Pic from here
Perhatikan mbak-mbak bertopi di kanan yang sedang asik motret dirinya sendiri......

Bahkan Yardan udah difoto dengan angle berbeda, mbak di belakang itu masih foto dengan pose yang sama.
Pheghel.




Abis itu ngemol, terus liat antrean orang-orang mengular di salah satu toko, mencoba ikut ngantre sambil berpikir wah ini pasti jajanan enak... Nggak taunya antrean orang-orang mau masuk toko Prada, iiiih sakit ati, kirain antrean cireng!

Ya udah deh, manjain bos besar dulu.....

Kebahagiaanmu adalah kemelaratanku.
Pulang-pulang bawa Mickey Mouse Clubhouse segede koper, membuat perjalanan kembali ke hotel jadi makin menyiksa. Jalan kaki lagi aja dong, naik taksi nanggung, MTR nanggung. (ih bilang aja kere....)


Abis puas JJS dan belenjes tadi, kita pun kembali ke hotel. Baru juga ngaso sejenak eh si bocah minta berenang, terpaksa diturutin soalnya takut ngga ada waktu lagi. Enaknya kolam renang di The Mira ini indoor dan akyu syuka syekali. Soalnya nuansanya cancik-cancik kinclong, mana dalam ruangan kan ya, kulitku pun bebas hitam. Ada juga kolam cetek air hangat berjacuzzi, cocok buat jiwa-jiwa manja macam saya yang mana definisi berenang sama dengan berendem.

Penampakan ibu kuda nil berbaju renang dan anak simpanse tak tampak demi keselamatan mata pembaca.

Sambung ke keesokan harinya, masih juga tanpa agenda. Tadinya sih sempet rencana ke Ocean Park tapi terpaksa batal. Masalahnya sesaat ujan, sesaat terik, jadi keder kan mau ngapa-ngapain. Kalo udah gini ya ujung-ujungnya selalu makan dan belanja sih, hahaha. 

Akhirnya setelah sempet luntang-lantung karena gerimis, gue ambil inisiatif pergi naik taksi aja ke The Peak terminal karena Aldi emang belom pernah ke sana. Memutuskan naik taksi karena jarak stasiun MTR ke terminalnya The Peak agak jauh dan nanjak, mana lagi rintik-rintik pula kan. Tapi kalo mau lebih hemat, lebih cepet (ternyata naik taksi macet banget), dan siap jalan agak jauh, mendingan naik MTR deh.

Di loket ada penjualan ada bundling untuk Tram + Sky Terrace + Madame Tussaud, tapi kebetulan Aldi sempet baca di website kalo Madame Tussaudnya beli tiket di tempatnya langsung malah bisa dapet diskon 10% dibanding harus beli tiket gabungan, dengan syarat nunjukkin tiket tram + Sky Terrace. Mayan lah yaa...

Sampe di atas, kita langsung menuju Madame Tussaud dulu dan ternyata bener tiketnya diskon 10% kalo kita nunjukkin tiket tram. Koleksi patung lilinnya ada beberapa tambahan dari terakhir kali ke sini, kayak Lady Gaga, Madonna, dsb. Cuma emang yang patung-patung lamanya masih banyak. Yang nyebelin kalo mau foto sama Obama harus bayar, kan malaysia ya.. Mending foto sama Obama-nya Bina Sarana Informatika aja deh kalo gitu.

Aku tak tahu doi siapa, tapi kata Aldi mirip..... rambutnya dikit.
(Yes, semoga ada bakat beken!)

Ini ngga bisa cari spot bagusan apa selain nyempil di tengah?
Aldi akhirnya bertemu idolanya, Donnie Yen!
(Aduh gue takut ngga dinafkahi deh pasang foto norak dese di sini, mwahahaha!)
Kok ngga berasa sih grenjelannya?

Yang bikin kurang menikmati adalah Yardan sepanjang jalan cranky, disuruh foto nangis, dan doi nutup idung mulu sambil bilang "bauuu... bauuu...". Mungkin bau lilinnya sih ya, walau kayaknya ngga kecium-cium amat deh. Asal bukan bau dedemit yang ngendon di situ ya Cus, ibumu nanya ke kamu juga males.

Satu-satunya foto Yardan sukarela gaya meski matanya udah bengep nangis mulu.

Beranjak dari Tussaud kita ke Sky Terrace observation deck buat "menikmati" keindahan kota, alias foto-foto sejenak terus muleh. Cuacanya lagi mendung-mendung silau, tapi emang enak sih ngeliat skyline HK dari sini, cuma menurut gue sih masih lebih keren kalo malem. Yang penting.... poto-poto!



Yardan mendekap erat panda $2, hadiah hiburan setelah berhasil melalui uji nyali Madame Tussaud.

Yardan masih tak percaya bisa lolos dari Madame Tussaud, sehingga ia pun masih senyum-senyum sendiri sambil memandangi hadiah hiburan.

Turun dari Sky Terrace tiba-tiba Yardan minta foto sama patung. Lah gimana? Tadi takut hiperbola gitu, kok sekarang minta foto lagi? 

"Itu tuh, ada patung Mickey!"
Ternyata dese liat ada patung Mickey pajangan di bawah meja salah satu kios souvenir, ya udaaaah deeeeh difoto!

Kalo ini Acus berani!
Puas, Cus?

Kita sebenernya sempet makan juga sih di The Peak, di dua restoran malah (maruk), cuma karna kurang berkesan jadi ngga usah dijabarkan yah. Ngga lama setelah itu kita pun turun lagi naik tram dan lanjut ke TST naik MTR. Kalo pulangnya ke stasiun MTR sih enak, soalnya jalannya menurun, lumayan menghemat pemakaian inhaler bengek gue yang di-abuse abis-abisan di sana.

Sebelum balik ke hotel, Aldi request mau sowan ke patung Bruce Lee dulu. Jadi balik lah kita ke Avenue of Stars dan ternyata jalan-jalan sore di sana malah enak, meski kaki udah brodol banget!

Berhubung ngga bawa charger kamera, maka berdayakan.... INSTAGRAM!

Sadar ngga sih selama perjalanan di HK ini Yardan jarang keliatan jalan sendiri, selalu digendong atau naik stroller? Soalnya gue dan Aldi ngerasa kok dia lagi gampang ngos-ngos-an lagi. Jalan dikit langsung batuk, trus mukanya juga agak pucet, walau happy-nya sih selalu ya.. Nah kebetulan suatu sore abis jalan-jalan kita mampir supermarket buat beli minuman di hotel. Yardan bosen kali ya naik stroller, dia mau jalan aja dorong trolley. Ya udah silahkan... Cuma ngga beberapa lama keliatan tuh dia mulai batuk-batuk karena capek, langsung deh gue dan Aldi dudukkin dia di stroller. Suruh Yardan tenang, tarik nafas buang, tapi telat.... Akhirnya kejadian juga dia muntah di tempat umum, hahaha... Mana muntahnya melimpah ruah, untung hotel cuma selemparan koin jadi kita lari aja ke kamar hotel buat bersihin Yardan. Sebenernya kejadian gini udah biasaaaa banget, makanan sehari-hari, ampir tiap mol di Jakarta pernah dimuntahin Yardan kali. Cuma ini karna lagi jalan-jalan jadi agak berasa deh cemasnya.

Sampe kamar langsung deh gue mandiin bocah, sementara Aldi mandiin stroller yang kena muntah. Alhamdulillah abis mandi busa anaknya langsung ceria lagi..  :"}

Gigi nongol ada berapaaaa?

Setelah drama muntah, semuanya langsung laper. Aldi melontarkan ide yang membuat diri ini agak merinding, "Cobain makan di Chungking Mansion yuk!". Chungking Mansion itu salah satu bangunan di TST yang terkenal sebagai tempat nginep para backpackers dan ada banyak juga toko-toko kecilnya. Keliatan kayak bangunan kumuh di antara gedung-gedung mengkilat di sekitarnya, kebanyakan yang tinggal di sini mungkin orang Asia Selatan dan Afrika. Nah tiap lewat depan Chungking Mansion selalu penuh gerombolan orang-orang (yang kebanyakan India dan Arab) yang nawarin menu dari restorannya. Kalo dirasa mukanya butuh makanan halal atau makanan India/Arab langsung deh diserbu, ini yang bikin gue ngeri kalo lewat situ, hahaha.

Penampakan Chungking Mansion
(pic from here)

Cuma berhubung Aldi penasaran, ya dicoba lah kita jajal di sana. Bener kan, baru sampe depannya dan Aldi megang satu menu langsung dirubung bagai mayat siap dipatok burung bangkai. Yardan sempet teriak-teriak tuh, lah guenya aja ngeri liatnya. Akhirnya Aldi langsung galak, "heh kalo gini caranya lo nakutin anak gue, monyet!" semacam itu lah, tentu dengan bahasa enggres, bukan bahasa cenes. Eh bubar loh... Hahaha.. Terus Aldi asal nunjuk satu brosur, "saya mau coba yang ini aja..". Langsung deh penjajanya bilang, "Okay Sir, please follow me!". Trus kita di bawa ke bagian kanan belakang gedung, hati gue udah dagdigdug, ini ujung-ujungnya ngga dipalak kan? Disuruh naik lift kecil butut dan empet-empetan ke lantai 7, nanti bakal ada yang nungguin katanya. Sampe di lantai 7 ada ada tulisan restoran "Khyber Pass", cuma ya restorannya kayak masuk kamar apartemen gitu. Ternyata pas pintu apartemennya dibuka restorannya cukup gede dan rame. NAPAS LEGAAAAA, GAK JADI DIPALAAAK!!

BRONX!
(pic from here)
Sempet diajak ngobrol-ngobrol juga di sana sama para pelayannya dan ternyata makin malem makin rame sampe semua meja penuh semua. Banyak juga orang HK asli yang makan di sana, ternyata nyempil-nyempil butut begini ngetop juga restorannya.

Untuk makanan awalnya udah dikasih gratisan Papadums dan mint sauce, itu aja udah enak. Pas makanan kita dateng, yaitu Nasi Biryani, Chicken Masala, Naan Bread, sama satu lagi semacam Lamb Curry, langsung dong gragas nyobain. Ternyata Subhanallaaaah, enaaaaaaaak! Sampe bilang ke Aldi kayaknya ini nasi biryani terenak yang pernah gue makan deh, terharu... Kalo udah begini baru deh percaya kalimat "Don't judge a book by its cover". Tempat boleh butut, tapi makanan jawara.

sebagian penampakan

Abis kenyang pulang, berkemas, tidur, dan besok siap balik ke Jakarta. Dengan satu permintaan ke suami, "Besok sarapannya Drunken Chicken lagi yaaa, buat perpisahan!"
Susah kalo orientasinya makan melulu.


Ya udah deh, selesai deh.
Pai pai Hong Kong, Pai Pai Drunken Chicken!


Gimana perasannya liburan berakhir?

HuFttBaN9eD!



14 comments:

  1. Hotelnya asli kaya diskotik, Gem!
    Duh, baca cerita lo makin makin deh gue pingin banget ke Hong Kong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang mirip klub malam sih, hahaha..

      Kalo HK kurang adventurous ngga sih buat Mikko, tapi kalo dr segi makanan gue rasa emang enak sih ya.. (kita kan sealiran)

      Delete
  2. Salam kenal Gemma.
    Selama ini saya silent reader di blog ini. Tapi jadi pengen ngasih tahu kalau bintang Hongkong yang katanya mirip dirimu itu namanya Sandra Ng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Itikkecil,

      Wahahaha namanya Sandra Ng toh, aku tak tau. Mudah-mudahan kecipratan ngetop deh, sukur-sukur sampe dibikinin patung jg.. (Dari Playdoh?)

      Delete
  3. mbok ya kamu nawarin moto in si mbak2 di samping doraemon, kasian banget gak ada yg motretin dese :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha oh iya ya,
      Biasa lah manusia, seneng kalo liat orang lain susah, biar ada bahan ketawa. :D

      Delete
  4. aaa, doraemooong!!! yardan udah gemukan yah, hepi deh liatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaah masa sih gemukan? Itu malah berat badannya lagi turun lagi :"(

      Delete
  5. Mbak, saya interested untuk pasang advertorial. Hubungin kemana yah? Boleh minta emailnya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya e-mail ke alamat yg ada di profile ya..

      Delete
  6. Wooow akhirnya ada lanjutannyaaa *nyimak*
    Agak agak 'serem' juga sih ya liat tempat makannya kaya rusun gitu hihi tapi kalo rasa makanan jawara siiiiih ga nyesel :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, tapi kalo ke sananya sendokiran sih atut jugaaa...

      Delete
  7. qiqiqiqi, asli ngakak pas lihat pose si mba doraemon.
    Sehat terus yaa Yardan, biar bisa jalan2 lagi, biar tante ada bacaan lagi :P
    Salam kenal Gem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      selain doanya, mau juga dong sponsor duitnya qaqaq....

      Delete