Monday, November 29, 2010

Rasanya lama betul... Rasanya lama betul...

Ceritanya flashback ya, bayangkan narasi di bawah ini dibacakan oleh Morgan Freeman biar kesannya agak-agak dramatis gimanaaa gitu.

2 tahun lalu, 29 November 2008, seharusnya menjadi due date kelahiran Yardan ke dunia ini. Namun belom ada tuh tanda bakal mules-mules heboh seperti yang sering diceritain orang lain atau scene adegan panik kayak di tipi-tipi itu. Jadi ya seperti biasa saya tetep ikut senam hamil di RS International Bintaro (sekarang RS Premier Bintaro) pagi-pagi. FYI, soal senam hamil saya emang rajin ikut seminggu sekali sejak usia kandungan di atas 7 bulan. Biarpun perut buncit tapi eksis itu wajib.

Foto waktu hamil Yardan 8 bulan
Nah pas latihan mengejan di senam hamil, suster bilang kalo cara mengejan saya baik.
Suster: "wah ini sih sekali ngeden keluar nih, emang perkiraan lahir kapan bu?".
Saya: "hari ini katanya"
Suster: "oyaa? eh eh bu, ibu lagi kontraksi ya??" *sambil megangin perut*
Saya: "hah emang kontraksi kayak gimana sus? kenceng-kenceng gini?"
Suster: "iya nih, kayaknya kontraksi kecil deh, coba langsung ke atas, cek CTG de-es-be"
Saya: "oke suster, saya cek dulu ya". Dalem hati sih dag-dig-dug.

Dan meluncur lah saya ke WC, abis kebelet pipis bok! Nah pas melorotin celdam, loh kok ada flek kecoklatan? Makin panik lah saya (padahal tanda-tanda ini wajar), sambil berlari-lari menuju Aldi, suami saya yang emang nungguin tiap senam hamil.
 "GEMMA FLEK BANG, KITA HARUS SEGERA PERIKSA!".
Anti-klimaks. Setelah diceki-ceki ternyata masih baik-baik saja, posisi kepala bayi emang udah menuju jalan lahir, tapi pembukaan masih 1. Boo-hoo.

Baidewei, ngomongin cek pembukaan, ini HOROR! Karena awalnya saya ngga tau kalo cek pembukaan itu diapain, ternyata emang jari susternya masuk ke va-jay-jay untuk tau udah bukaan berapa. 1 jari = bukaan 1, 2 jari = bukaan 2, dst. Emang sih kalo cek bukaan kita harus santai, tapi tetep aja ya, ada tangan masuk ke lobang paling intim, pasti risih. Berasa ngga perawan untuk kedua kalinya, bener deh! Ada temen juga yang ngelahirin di Aussie cerita kalo dia yang "ngobok" buat cek pembukaan itu dokternya, dan berhubung dokternya bule gede, nah jarinya juga gede, jadi pas dimasukkin rasanya luar binasa! (eh ini maksudnya sakit atau malah enak ya? nanti tanya lagi deh..). Singkat cerita saya masih disuruh nunggu sampai siang, kalo nanti pembukaan belom nambah juga, akan diinduksi. Ngewri!

Bisa ditebak lah, kitanya udah jalan jongkok sambil ngemol tapi pembukaan masih jalan di tempat. Terpaksa dikasih induksi berupa obat minum untuk di rumah. Abis minum obat, ngga beberapa lama makin berasa kuat kontraksinya, tapi karena males dikobok-kobok pake tangan, saya milih nunggu di rumah aja deh. Besoknya, 30 November 2008, perut udah kenceng terus tiap 15 menit, makin siang makin kuat berasa kontraksinya, maka meluncurlah kita kembali ke RS untuk cek pembukaan, berharap udah bukaan 9 gitu biar tinggal brojol. Daaaaan ternyata masih bukaan 2 sodara-sodaraaaaa!!!! NOOOOOO!!!

Berhubung udah sore dan kontraksi makin monyong sakitnya, saya memutuskan tinggal di RS. Dan ternyata itu memang keputusan yang tepat karena hanya selang beberapa jam datanglah gelombang kontraksi bertubi-tubi! Jangan ditanya ya sakitnya, kayaknya kata "sakit banget" itu ngga bisa menggambarkan keadaan saya saat itu. Lebih tepat kata "capek banget" bertahan dari nyerinya. Ibaratnya kontraksi semenit berasanya 1000 tahun lamanya (*jikustik mode on). Nah saat menikmati kontraksi ini, saya lakukan senam pernapasan yang diajarin saat senam hamil. Apakah berguna? BANGET. Emang sih rasanya ingin ku lari ke hutan kemudian teriakku (kenapa jadi AADC?), maksudnya pingin banget teriak untuk ngelawan sakitnya, tapi setelah dipikir-pikir, itu cuma bakal bikin tubuh tambah capek.Untung suster-susternya baik, mijetin saya, ngusap-ngusap saya, bahkan nyukurin bulu j*mbi saya (padahal udah cukuran lho di rumah, tapi di RS dikerok lagi sampe licin).

Setelah berjam-jam ngerasain kontraksi, cek pembukaan lagi jam 10 malem ternyata baru menyentuh angka 2.5! Yakin nih penambahan angka 0,5 alias setengah itu cuma hiburan dari suster-suster semata! Ah gilaaaa, badan udah capek banget, rasanya mau nyerah aja. Orangtua saya aja sampe keluar dari ruang bersalin saking ngga tega liat saya kesakitan. Akhirnya saya milih untuk disuntik ILA (Intrathecal Labor Analgesia) karena badan udah lemes banget rasanya. ILA sendiri beda dengan epidural, dosis obat ILA cuma sepersepuluh epidural. Nah masalahnya ILA baru bisa dilakukan kalo pembukaan udah 5, haduh lambreta ya, rasanya setan rumah sakit udah heboh manggil-manggil saya untuk nyusul mereka. Mana si Aldi hobi banget nanya "gimana rasanya? sakit ya?". Pingin banget nyumpel mulutnya pake kapsul obat induksi!

Pembukaan 5 akhirnya datang juga setelah jam 4 pagi, udah 10 jam lebih saya nahan mules kontraksi. Kontraksi kecil yang dirasakan 2 hari lalu bener-bener ngga ada apa-apanya dibanding 10 jam terakhir ini. Dokter anastesi dateng dan enjuss ILA lewat tulang belakang, berhubung udah lemes hah-hoh-hah-hoh, suntikannya jadi ngga berasa apa-apa. Beberapa menit setelahnya baru deh bagian bawah kesemutan & kebas, saya tetep bisa ngerasain kontraksinya tapi ngga pake ngilu! Akhirnya saya bisa istirohat juga!! Katanya suster sih bisa makan waktu 2-3 jam menuju pembukaan akhir, lumayan banget kan buat tidur. Tapi ni anak kayaknya ngga rela liat emaknya istirahat, belom sampe sejam kok rasanya lubang va-jay-jay ngilu, kayak mau brojol banget. Pas Aldi iseng liat ternyata kepala bayinya udah di ujung! Langsung deh dia manggil suster,
"Suster, itu kepala bayinya udah keliatan!"
(saya mikir sekarang, scene ngeliat kepala bayi di va-jay-jay pasti horor banget deh buat dia).

Setelah dicek ternyata pembukaan udah komplit. Pas banget siap-siap ngejan, dokter kandungan kesayangan saya datang! Namanya Dr.Okky Oktavandhi, orangnya baik hati & ganteng deh pokoknya. Sedih juga sih harus ngangkang di depan dokter ganteng, malu aku malu. Tapi ya saat itu ngga kepikiran ya, yang dipikirkan gimana nih ngeluarin si jabang bayi. Untung saya masih inget teknik yang diajarin di senam hamil, eh bener lho setelah dikasih aba-aba, dengan sekali mengejan malaikat kecil saya keluar!

Tapi ternyata malaikat kecilnya tidak mau menangis dan biru, dokter sampai mengguncang-guncang dan "memukul" bayi agar mau menangis. Cemas banget saat itu, tapi Alhamdulillah ngga beberapa lama bayi mengeluarkan suara "eeeaaak" kecil. Ayahnya diberi gunting untuk langsung memotong tali pusarnya. Setelah itu suster langsung memberikan kesempatan saya untuk menciumnya sebelum segera dibawa ke NICU karena kondisinya. Ayahnya juga disuruh ikut untuk memantau penanganannya. Terpaksa tidak dilakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena keadaan tersebut, tapi hal itu tidak penting, yang terpenting adalah bayi saya selamat.

>>> bersambung ke post selanjutnya

2 comments:

  1. "Mana si Aldi hobi banget nanya "gimana rasanya? sakit ya?". Pingin banget nyumpel mulutnya pake kapsul obat induksi!" > HAHAHAHAHAHAHAHAHA kebayang bgt deh annoyingnya!! Kalo eki entar gitu jg, kayaknya bakal gw jepit mukanya depan vajayjay yg lagi kontraksi...

    Ngilu ah gem gw baca ginian.. kenapa sih cw dapet yg sakit2 muluk...

    ReplyDelete
  2. Masalahnya laki gue sempet kecepetan nyuruh gue minum tu kapsul dr jam yg ditentukan, jadinya makin laknat lah sakitnya. Trus kayaknya abis itu dia ngerasa bersalah deh makanya nanya-nanya mulu. Maksudnya baik tapi malah ganggu!

    Eki mending dijait dulu mulutnya sebelum masuk ruang bersalin, demi kemaslahatan bersama..

    ReplyDelete