Thursday, May 31, 2012

Bandung Januari - Mei


Kenapa dikasih judul Bandung Januari - Mei? Karena tadinya mau cerita tentang liburan semalem di Bandung pas bulan Januari lalu, tapiiiii... karena tulisannya betah banget berbulan-bulan di draft tanpa dilanjutin, kok akhirnya ketemu bulan Mei yang mana daripadanya itu, kita ke Bandung lagi. Jadi digabung deh ceritanya! (ribet amat cong!)

Januari

Januari lalu itu (buset 6 bulan lalu!) dalam rangka memperingati eniverseri pasutri, kita dadakan mabur ke Bandung. Maksud awalnya mau indehooyan lah ya dengan suasana dingin-dingin basah musim ujan, walaupun dapat diprediksi kalo bawa bocah pasti udah jompo duluan badan sebelum sempet indehooy. Ah Acus sih, ketekkin juga deh ni anak!

Jadi ini sebenernya liburan pertama Yardan sejak doi lulus toilet training (sekitar November lah, menjelang 3 tahun). Duh kok bisa lupa catet di blog dan bikin piagam penghargaan ya kalo bocah udah lulus ngga ngompol-ngompol lagi waktu itu. Kan jadinya kurang eksis nampang di chart "anak gue udah bisa apa" ala rabid mama. Padahal toilet training-nya bocah ternyata ngga susah-susah amat sih, dua hari langsung rebes. Emang emaknya aja dulu udah mikir capek duluan. Errr ini mau bahas liburan atau dunia perpipisan sih sebenernya....

Iya jadi gara-gara udah biasa pipis di toilet, tiap kali si bocah kebelet doi biasanya cranky-nya mana tahan. Kadang Acus maunya cuma pipis di kamar mandi rumah atau hotel, padahal udah sengaja dipakein pampers just in case ngga ada tempat pipis, tapi doi ngga mau. Ribet ya... Mana kalo mau pipis teriak-teriak kayak orang mau disembeleh! Ebuset dah!

Balik ke Bandung.

Hotel tempat nginep asal capcipcup aja mana yang lowong ada kamar, berhubung saat itu juga masih musim liburan ya. Bermalam lah kita di Grand Serela daerah Riau situ. Kamarnya piyik, cukup bersih, kasur kurang nyaman, dapet rate lumayan lah dari RajaKamar, kalo enggak sih rada malaysia ya di sana. Etapi ngga juga sih, soalnya deket kemana-mana, jadi emang strategis kalo dari segi lokasi. (walau si hasben sih bilang males balik lagi)

SMS, senyum maniz selalu
Kita sampe Bandung udah ampir jam tiga gara-gara mesti mampir Karawang dulu dan tour de rest area sepanjang Cikampek-Cipularang. Belom lagi keluar tol Pasteur macetnya mana tahan, padahal weekdays ya, bukan weekend. Akhirnya langsung check-in hotel, kasih makan bocah, dan cabut buat makan siang yang tertunda. Meluncurlah kita ke restoran "Three to Five" yang ngga jauh dari hotel, kalo ngga salah ada di Jl.Ciliwung, lupa-lupa inget. Resto ini specialty-nya kayaknya emang buat tea time ya, dari namanya juga ketebak, tapi emang bisa buat makan-makan juga. Masih satu sodara sama PT.Rasa, Aldi kan suka banget tuh eskrim PT.Rasa, yang menurut ogut sih biasa aja... Kalo untuk makanan mayan enak, Aldi pesen Chicken Schnitzel dan gue pesen Tenderloin Steak special restonya. Yardan pesen cupcake Angry Birds yang dimakan cuma seupil, kurang moist sih emang.

Penampakan dalam resto
Interior 3 to 5
Pose baru, pura-pura bobok.
Selalu lupa motret makanan sebelum disantap, mental barbar. Steaknya udah kayak makanan ja'ing begitu coba.

Abis dari situ udah sore, tapi Aldi tetep ngotot mau ke Kampung Gajah, mana ujan pula. Pas udah sampe depan Rumah Mode ujan tambah deres, ya udah deh dibatalkan. Akhirnya kita melipir Rumah Sosis dulu, sekalian ngetes restoran yang stikernya banyak nempel di kaca belakang mobil-mobil. Ternyata standard banget ya makanannya, biasa. Apa karna kita masih kenyang atau gimana, tapi menurut gue sih ngga ada yang istimewa. Gongnya pas Yardan mulai kebelet pupi dan pipis, dan dia maunya setor di hotel. Jadilah sepanjang perjalanan pulang ni anak teriak-teriak pupinya mau keluar di mobil. Hohahohaohao.

Yang paling pinggir posenya empet amat, kitikin nih ya!

Terus.... Terus... Apa ya? Draft Januari berenti sampe sini kok mau lanjutin lagi malah lupa waktu itu ngapain aja ya, ha ha ha ha..... (ketawa datar). Kayaknya abis itu sih langsung balik ke hotel sih sambil nungguin anak boker. Oiya, pas tidur kan tempat tidurnya ada dua, nah satu buat putra mahkota maruk tempat alias Yarcus, satu lagi buat mak-babenya yang umpel-umpelan kayak KRL pulang kantor. Pas malem, Yardan yang bokernya ternyata masih nyisa mulai rewel. Berhubung gue tidurnya juga ngga enak banget posisinya langsung kaget kebangun dan..... gelundung ke bawah ranjang aja loh! Sakiiiiit banget bok! Dalam keadaan setengah sadar hantem lantai gitu kan mikirnya diculik trus didorong masuk gudang ya (lebay kebangetan!), mana bukan di rumah sendiri kan, jadi pas melek langsung shock pingin teriak, "DIMANAKAH AKU!!!"

Sekian intermezzonya, lanjut....

Keesokan harinya kita langsung bangun pagi-pagi, Yardan tuntasin boker dan sarapan di kamar. Abis itu langsung cuss ke "Hummingbird" di Jl. Progo, ngga pake mandi dan voucher breakfast hotel dianggurin ajah, soalnya kata Aldi kalo ke Bandung rugi makan di hotel (hokeh deh kakah). Restoran ini bagus yaa interior dan desainnya, di luar kayak ada kubah bentuk sarang burung. Bagian dalem juga banyak mural-mural gambar burung. Tentu burung beneran ya, bukan burungnya lakimu!



biar masih pake piyama yang penting kece


Berhubung datengnya pagi tentunya kita ngincer menu breakfast ya. Dan karena kekhilafan yang menyebabkan blog ini terbengkalai, gue lupa sama sekali nama makananya apa. Mirip-mirip semua sih menunya kalo pagi, cuma ya gitu, lupa apa namanya, kayaknya yang satu seperti Egg Benedict, satu lagi kayak kentang diuwek-uwek apa gitu (gak bantu). Makanannya sih enyaak dan porsinya gedaaa, jadi biar enak tetep enggak abis. Untung ada laki-laki pemakan segala sisa makanan estri, tinggal buang kesana beres deh.




Abis dari Hummingbird meluncur beli yoghurt di Cisangkuy, sebenernya sih ngincer sate susu di depannya ya, ngidam! Tapi ternyata kok sate susunya ngga sesuai ekspektasi ya, dulu perasaan enak - kenyel-kenyel alus, tapi kok yang dimakan agak alot ya. Entah masih kenyang efek sarapan barbar atau emang udah ngga seenak dulu, aku tak tau. Ngemil sate susu beres langsung balik ke hotel buat mandi dan siap-siap check-out.

Beres check-out kita langsung mendaki gunung lewati lembah, yang tadinya mau ke Kampung Gajah tiba-tiba males dan memutuskan untuk ke "De Ranch". Tiket masuknya cuma lima ribu, itu juga si Acus ngga diitung, mana tiket bisa langsung dituker susu segar, mayan yaa... Tujuan kesini sih cuma buat naik kuda (zzzz...), ngapain jauh-jauh amat sih naik kuda aja ke Lembang, tuh di ITB banyak! Ya emang kurang kerjaan aja sih intinya...

MUKENYE ACUS & MAMANG KUDANYA MIRIIIP!! (beda warna kulit dikit)
Apakah ini bapakmu yang sebenarnya nak?!!

Di De Ranch permainannya cukup banyak, walaupun kayaknya alat-alatnya udah agak butut, tapi cukup menyenangkan lah buat anak-anak. Jajanannya juga banyak, kayaknya ini ya yang lebih penting. Udah deh, abis naik kuda dan main panah-panahan kita pulang. Ya belom pulang juga sih, mampir dulu ke Suis Butcher makan steak, trus ke Bawean beli oleh-oleh (buat diri sendiri), mampir FO satu tempat doang tapi baju-bajunya takada yang berkenan di hati. Baru abis itu, muleeeh!


Aldi jago beneran loh, tepat sasaran semua! *matalopelope*

Suis Butcher
Tentunya di perjalanan pulang mampir dulu dong ke RM. Sederhana, inga inga KM 42, ini yang asli kalo yang lain pake embel-embel kw premium! (iya deeeeh...)

Uda kecil penjaga kasir, dilarang kasbon!

Mei

Belom genap dua minggu balik dari Ostrali kita langsung penat, mau yalan-yalan tapi kemana ya yang deket (dan ngga bikin bangkrut)? Kebetulan babenya mau karajo di Bandung, kalo gitu ya ngikut ke Bandung aja deh, mumpung Aldi nawarin bersyarat juga. Ya syaratnya cuma satu: jangan resek. Oke deh kumendan! Tentu ini mendadak ya, ngga pake bilang-bilang ortu, daripada-daripada disembur: "Itu anakmu baru pulang operasi kok langsung diajak pergi?? Hah hah!!". Pas udah mau sampe Bandung baru deh kasih tau mereka, ye udah ngga mungkin balik lagi ye... (anak durhaka)

Kali ini kita nginep di "Stevie G Hotel" di Jl. Sersan Bajuri. Emang ini keinginan gue untuk nginep disini, semata-mata karena penasaran pemiliknya suka banget sama klub bola Liverpool, sampe-sampe hotelnya dinamain Stevie G, dari Stevan Gerrard kaptennya Liverpool sekarang ini. (walaupun hati ogut tetep Arsenal loh yaa...) Hotel ini cuma punya 24 kamar dan desain tiap kamar beda, coba deh liat di sini untuk lebih jelasnya. Pas awal reservasi di telfon emang sengaja udah minta kamar bolanya, yaitu "This is Anfield". Eh pas sampe sana malah ganti kamar gara-gara Acus liat domba dan zebra di kamar lain. Iiiih Acus, kok semena-mena gitu sih sama maknyaa! Untung sempet foto-foto dulu di kamar Anfield, kekekekek....


KYAAAA TORRES!!
Sampe tengkurep di ubin demi foto bareng doi

mulai norak, Aldi juga motonya ngga niat nih burem gini *cekek*
This is Anfield
Pemandangan dari kamar, Kampung Gajah.
Di kamar yang kita tempatin ruangannya pake karpet dari rumput sintetis. Geli-geli gitu sih kalo jalan di atasnya, dan rada berisik, kresek kresek. Ya tapi emang lucu kamarnya. Minusnya hotel ini adalah, kamar mandinya cuilik, kalo mau boker mesti agak melipat diri ala gadis plastik di sirkus, tapi ngga tau juga ya kalo di kamar lainnya gimana.





hobi: menunggang apa saja yang tunggang-able
cieee sok asik bobok di rumput


Berhubung pas dateng udah sore dan kita kelaperan, langsung lah makan di resto terdekat yang masih sekomplek sama hotel. Apalagi kalo bukan Maja House. Disini pesen Fillet Mignon, yang pas dateng yaah mayan, kurang bumbu dikit, jadi kurang nampol (selain kurang gede). Aldi kayaknya pesen sop buntut deh, buntutnya biasa tapi kuahnya enak. Biasanya yang enak disini mocktailnya sih, favorit gue dan Aldi itu Star of Maja (kalo ngga salah namanya begitu yaa, pake belimbing, segaaar...).

Penampakan hotel dari Maja House
Perut protes ya kalo porsinya mini (biasa nyemilin dendeng setoples)

Oya, kalo mau nginep hotel ini mungkin lebih baik weekdays ya, soalnya kan parkiran mobilnya bareng Maja House, tau sendiri kalo weekend pasti rame sama abege-abege yang mau begaul (di parkiran). Satu lagi minusnya hotel ini ada di sarapan, pilihan menu cuma dua, nasi goreng atau roti-rotian. Yaaah perut barbarku mana sangguuuup.... Tapi overall nginep sini memuaskan kok, staffnya baik semua. Definitely coming back dan berharap sarapannya nanti udah all you can eat buffet!

Besokannya abis sarapan dan check-out, kita tadinya mau ke Kampung Gajah, tapi pas sampe sana puanaaas, dan Acus cuma pingin naik kuda doang. Yah masa naek kuda mesti bayar terusan 150 ribu, mending ke ITB aja yuk nak! Alhasil cuma liat-liat trus balik, mau berenang juga males. Akhirnya memutuskan ikutin tanda panah "Rumah Strawberry" yang merupakan blunder terbesar abad ini. Padahal cuma pingin nyicip jus stroberi doang, lah kok muter-muter ngga karuan, yang akhirnya sampe di restoran yang biasa-biasa aja di tempat antah-berantah. Sempet metik stroberi sendiri sih demi si Acus yang pingin motek-motekkin stroberi. Cuma akhirnya stroberi hasil petikan dijus dan rasanya asem hambar, hahahaha. Tau gitu makan di Sam's atau Apin aja sekalian.

Duh sendu amat kayak gadis penjual korek api yang dagangannya gak laku

Abis maksi kita pindah hotel ke tengah kota, pilih Amaaroosa sekitaran Riau situ lah. Kesan pertama, hotelnya bagus, kamar mandi dan lain-lain oke lah. Tak dinyana akhirnya bikin gondok naujubile! (temukan jawabannya beberapa paragraf lagi)




Setelah drop tas di hotel, maka langsung ke inti perjalanan di Bandung: nemenin Aldi rapat sama rekan usahanya di sana. Cuma berhubung Aldi baek (diojok-ojok istri) jadinya meeting dipindah ke resto 3 to 5 lagi, untung orang-orangnya pada mauan. Mayaaan, makan lagi, abis masih laper!

Kelakuan favorit Acus: nyodorin jotos sambil menggeram ala bajak laut
Ternyata rapatnya panjang dan lama, mau nguap kagak enak, mana anak maenan air di kolam ikan sampe basah pula. Akhirnya menjelang Maghrib baru selesai, kan kalo gitu udah laper lagi ya? (alesan) Jadi sebelum balik hotel, kita belanja dulu dikit (tipikal orang Jakarta, paling enggak beli baju satu biar berasa bekas liburannya), abis itu kasih makan di Hartwood. Hartwood ini kayaknya restoran baru ya, abis kayaknya belom pernah liat sebelumnya. Dan di tempat baru ini pula terjadi kisah horor selanjutnya.....

Jadi kita udah duduk manis, pesen makanan, ngobrol-ngobrol dan Yardan minum susu sekotak. Tiba-tiba pas nyemil red velvet cake, bocah keselek sampe batuk-batuk, dan akhirnya...... PYAAARRR!! MUNTAAAAHHH!! Basah kuyup baju, celana, sepatu, sofa. Mak-babe panik sibuk elap-elap dan ambil baju cadangan. Nah Yardan udah mirip Swamp Thing gini kan harus dibawa ke kamar mandi di belakang, cuma maknya susah dong gendong anaknya yang berlumuran muntah. Aldi udah nyuruh telanjangin Yardan di situ juga, pelayannya juga, untungnya ngga ada orang lain di ruang tempat kita makan. Oke deh, baju dibuka, scar bekas operasi terlihat jelas dong ya (mirip garis tipis dari bawah leher ke ulu hati), pelayannya liat dan kayaknya dia kasian gitu, mungkin ni anak abis dibelek ibunya sendiri kali pikirnya, hahaha. Tapiiii, aku bangga sekali lho, pertama kali di tempat umum codetnya keliatan, Yardan keren banget, bagai Harry Potter tapi lukanya di dada, kyaaaa! *histeris* Abis itu langsung buru-buru abisin makanan, yang ternyata bener kata reviewnya, grilled chicken dan aglio olio-nya setandar, ngga tau kalo makanan lain. Cuma red velvet cake pembawa bencananya lumayan enak kok, ya tapi gitu, membawa bencana.

Red Velvet Hartwood

Selesai makan balik ke hotel, bersih-bersih, mandi, dan berencana tidur cepet karena besok pagi-pagi udah harus balik ke Jakarta. Baru mau masuk selimut terus kedengeran live music kenceng banget masuk ke kamar! Sabar, sabar, orang sabar pantatnya lebar, pantes deh kalo gitu *memandang pantat sendiri*. Ditungguin setengah jam masih gedumbrangan, telfon lah resepsionis. Di sini marah-marah, di situ maaf-maaf karna ngga bisa melakukan apa-apa. Mas paling enggak suaranya kecilkan dong, lagian nyanyinya kok lagu-lagu Wali campur Kangen Band, mending kalo suaranya nyerempet Afgan dikit, ini sih ancur! (nyanyinya ganti-gantian macam karaoke pula). Gimana ngga berasa dikelonin Andika kalo begini keadaan tidurnya.  Setelah ditunggu sejam ngga abis-abis, akhirnya kita tidur sambil tutup kuping pake bantal. TOKAAAAAIII!!

Besok paginya abis beres-beres langsung cabut, tapi sebelum itu marah-marah dulu dong di resepsionis hotel biar lega. Lebih  tepatnya curhat dengan ketus sih, karna kasian juga sih embak-embaknya kalo disemprot (LABIL). Setelah mereka minta maaf berkali-kali, ogut bilang: "ini pengalaman terburuk nginep di hotel, ngga akan pernah balik lagi ke sini!". Abis itu langsung naik mobil tanpa senyum. Ya mungkin abis itu staff-staffnya ngomong: "Ih bodo amat!!" gitu kali ya? Sebel.

Pelajaran yang bisa dipetik adalah pertama kalo suami lagi karajo ngga usah cari-cari kesempatan untuk ikut berlibur juga, risiko gagalnya tinggi! Kedua, kalo ke Bandung jangan makan di restoran cantik-cantik mulu (kecuali Hummingbird), karna jauh lebih enak jajanan pinggir jalannya.

Oiya, perjalanan pagi hari ke Jakarta ditutup dengan mampir RM. Sederhana lagi dong ah. Ingat, bahagia itu sederhana dan bahagia itu hanya berlaku di sederhana milik Acus. Mariiii..... *emut ayam pop*

tambo ciek!


Jadi postingan ini ujung-ujungnya promo? Iya.





4 comments:

  1. woohooo senangnya the crazy (plus sexy cool deh) momma kembali bercerita di blog. baru alinea ke-dua aja gue udah ngakak sambil merapal "dasar si Gemma sinting" gituh.

    gue jadi pengen nyoba menu sarapan di Hummingbird deh, sama mampir di KM 42 juga deh demi nyicipin restonya Yardan haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah gimana ya Ris, namanya juga "outcast" (istilah lo! Mwa'a'a'a'a'a... <- ternyata capek emang ngetik ketawa begini)

      Pokoknya kalo mampir Sederhana bilang ya, nanti gratis khusus hamba Martha Stewart! (Anjrot, masih inget)

      Delete
    2. HAHAHAHA geblek geblek geblek.... Geblek lo gem! Kapan nanti bocahku lahir, nanti kita semua plesiran rame-rame yaaa, biar epic (yayaya, calon hanya "janji di mulut saja", seperti ikut pengajian Quraish Shihab...)

      Delete
    3. Janji di mulut saja ya, kebiasaan deh.. Padahal Pak Quraish udah bersin-bersin mulu diomongin..

      Nantikan kami ya Pak Quraish, kami pasti dataaaang!!

      Delete