Thursday, June 21, 2012

Melbourne: Part One

Ambil nafas......... Buang............

Akhirnya memutuskan untuk cerita juga tentang pengalaman operasi Yardan di benua seberang. Padahal gue tadinya udah niat bawa laptop ke sana lho untuk catet kegiatan sehari-harinya, sayang seribu sayang laptopnya ilang sodara-sodara.... (kok bisa? nanti ceritanya).

Menjelang keberangkatan, kita sengaja cari tanggal terbang beberapa hari sebelum waktu pemeriksaan. Biar Yardan juga bisa istirahat dan ngga capek karena lama di jalan. Menurut beberapa pengalaman temen dan orang-orang sebelum kita, dan juga menurut dokter, bawa anak dengan PJB (Penyakit Jantung Bawaan) dalam long flight itu cukup beresiko, terutama untuk saturasi oksigennya. Jadilah sebelum berangkat kita urus deposit tabung oksigen ke Garuda, daftar obat-obatan selama di pesawat, dan sebagainya. Rempong? Sangatttt. Beruntung banget orang tua bisa bantuin urusin ini-itu, karna emaknya bocah sendiri pikirannya udah kemana-mana sebelum berangkat. Sutris.


Di Airport lounge sebelum berangkat
 (mama-papa mertua sampe ikut nganter ke dalem ditemenin polisi)
Kebetulan nyokap bokap nemenin nih selama dua minggu awal di Melbourne, jadi lumayan lah ada yang bantu-bantu. Di pesawat nanti kita juga pake dokter pendamping, namanya Dr. Nia, beliau asisten dokter jantung anak Yardan, yaitu Dr. Najib. Pake dokter pendamping karena "takut kenapa-napa" selama perjalanan, sampe bawa infus, morfin, dll kalo Yardan tiba-tiba kolaps di pesawat. Lebay? Agak sih, tapi lebih baik lebay daripada terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Nah sebelum naik pesawat, Yardan juga dikasih minum valium biar lebih tenang selama perjalanan. Apakah ngaruh? Enggak dong. Padahal ini pesawat jam 11 malem, tapi Yardan selama di pesawat susah tidur. Efek obat penenangnya gone by kentut kali ya, ngga ngaruh acan. Paling ni anak cuma tidur 2 jam pules, abis itu cenghar! Tentu yang lainnya pules tidur ya, yang encok ngeladenin Acus ya ibunya, mana tidurnya cuma mau dipeluk. Ya naseeeb...... Tapi ya Alhamdulillah selain itu ngga ada masalah berarti sih, sempet bilang susah nafas, eh ternyata ada upil segede gaban nutup lobang idungnya, mana si Acus ngga bisa ngorek sendiri. Akhirnya oksigennya dipake karna anaknya ngga bisa napas gara-gara upil! Bagus nak, biar ngga rugi juga yak gotong-gotong oksigen ke pesawat!

Di taksi udah super teler, sapa suruh ngga mau bobok.
Sesampainya di sana, kita langsung naksi dan cabcus ke apartemen. Ternyata apartemen yang dipesen itu letaknya persissss depan Royal Children's Hospital (RCH), padahal sebelumnya cuma kira-kira aja cari apartemen yang paling deket. Nama apartemennya Abbeville, tempatnya nyaman, dapurnya luas dan lengkapkap, kalo ada yang mau bawa anaknya berobat ke RCH, maka apartemen ini adalah pilihan paling ideal. Plusnya lagi, pas depan apartemen adalah halte tram, jadi kemana-mana enak, kalo mau nyewa mobil juga ada parkirannya gratis. Udah survei apartemen-apartemen sekitar juga, tetep tempat ini yang paling pas seandainya mesti berobat di RCH.

Nah baru sampe apartemen, si Acus digeletakkin tempat tidur langsung moloooor. Kecapekan berat doi tampaknya.

TEPAR
gerbang apartemen
keluar pager langsung RS
Abbeville Apt.

Hari pertama di sana dihabiskan untuk leyeh-leyeh dan istirohat. Sempet main ke rumah sakit untuk liat-liat, sementara Aldi ngajakkin ke City buat makan souvlaki di Staclactite. Yah berhubung Aldi dulu kuliah di Melbourne lama, jadi dia semacam nostalgia kali ya, belom apa-apa istrinya udah disuruh makan makanan kesukaan doi. (Yang mana menurut saya enak, cuma porsinya gedang banget, jadi eneg)

Ni anak bukannya istirohat malah nyuruh maknya
dance muter-muter ala Barney!
Nongkrong di depan RCH sekalian survey
 (liat si Acus yang ngamuk kalo kupluknya dicopot)
Hari kedua jadwal masih kosong dan si Acus udah ngotot mau ketemu kanguru dan koala. Maka berjalan kaki lah kita menuju Melbourne Zoo. Kenapa jalan kaki? Karena kalo liat di Google Map tinggal nyebrang taman di belakang RS terus nyampe. Tak dinyana tamannya gede yah, gempor duluan pas sampe kebon binatangnya. (salahin Aldi!)

Are we there yet? ulang 3000X
Melbourne Zoo sendiri bagus kok, mirip Ragunan hanya lebih kecil. Tentu yang jadi faktor plesples ya bersih ya, kandang-kandangnya juga bagus. Seandainya Ragunan bersih trus perawatan kandang bener-bener diperhatikan dan hewannya lebih beragam pasti juga beda tipis lah. Ditipis-tipisin.


Area kebun binatangnya sendiri sih ngga terlalu besar ya, tapi binatangnya komplit. Terutama binatang-binatang yang emang banyak hidup di Australia. Ada aquarium besar, kolam penguin, meerkat, wombat,  copet (ini enggak), ya komplit lah. Semua binatang yang ada di film favorit bocah, Lion King, ada semua, jadi Acus excited deh di sana.


Kangaroo? Check!
Kanguru? Centang!
Koala, Check!
Aldi: "Itu beneran apa bo'ongan sih? Awas! Awas!"
"Acus, liat dong ibu berani, bo'ongan ini mah, bo'ongan!"
(tiba-tiba KRAUK!)
Di kebun binatang cukup lama, semua kandang diliatin, gegoleran di rumput bak orang bulay berjemur juga dilakonin, beli souvenir magnet buat ditempel di kulkas dijabanin. Selama Sang Baginda Raja Yardan puas, ajudan-ajudannya juga seneng lah pokoknya.. *urut-urut kaki*

Selonjoran dulu meredakan gempor
Anak paling kasep sedunia
"Istri, behave dong!" kata suami gak asik

MWAH!!
Satu hal yang dilupakan dan disesali adalah.... ngga bawa kamera! Kok bisa ya momen sekrusial ini lupa bawa kamera yang cakepan, sementara abon udang gak lupa dibawa! Sebenernya bokap bawa sih digicam, tapi  pas bokap pulang ya kamera turut terbawa serta. Alhasil seksi dokumentasi nanti kebanyakan hanya menggunakan HP semata. kan jadi kurang dramatis yaa...

Ya tapi begitulah pemanasan petualangan di hari pertama dan kedua yang penuh HAHA HIHI, tak disangka hari-hari berikutnya penuh HUHU HIKS HIKS! Kretekkin tangan dan leher untuk nulis lanjutan ceritanya dulu deh..... KREKK!!



16 comments:

  1. cerita ketemu dakunya manaaaahhhhhh???????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah ini baru part one Nay, ketemu lo mungkin masih part 10!

      Delete
  2. hallo mba gemma, akika pembaca setia blognya looh.. hihiiii

    jadi ikutan deg2an pas baca yardan naek pesawat. Eh iya, mangap pertanyaan once, Kalo anak umur 3 taun gitu, kalo naek pesawat, kupingnya musti ditutup pake earmuff ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Desi,
      Kalo menurut ik sih gak perlu ditutup, tapi sambil minum atau ngunyah aja. Yardan sambil minum susu gapapa sih, gak kesakitan :)

      Delete
  3. beneran anak paling kasep sedunia :* :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cicuhayu juga paling geulis sejagat raya! Ikyuuu! :* :*

      Delete
  4. Ini baru namanya Duta FRAI paling komit sejagat raya!
    Tampak dari foto pertama sampe paling bawah bajunya FRAI semua yaaaaa.. emang deh ibu nya acus ini cantik tiada tara.
    Ngomong-ngomong baru tau lho di melben ada zoo.. Ini akibat waktu kesana diajaknya cuma ke supermarket tok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha! Oh iyaaa! Beneran gue ngga sadar kalo pake baju FRAI semua.. Gue cuma bawa baju dikit & kayaknya sebagian besar FRAI semua sih..

      Selanjutnya dibawa ke London & Amsterdam deh ya! (Aamiin)

      Elo kan lama di Melbourne waktu itu moso ke supermarket doang?

      Delete
  5. AAACUUUSSSS CHAYAAAAANKKKK... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabiaaa, hobinya sama kayak acus, main babel-babel!! :*

      Delete
  6. ah senangnya bisa mampir kerumah ini lagi..aq nungguin ceritanya :)..sehat2 yaaa Yardaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, maaf ya banyak sarang laba-laba.. Aamiin, semoga anak-anak kita sehat selalu ya mba :)

      Delete
  7. acussss...happy pasti ya ke zoo ketemu kangguru
    emaknya aja hepi bener foto ama cicak gede..apaan sih itu gem?komodo?kok nyasar di melben? hahaha

    eh di taman zoo itu nyokap gue pernah gelar sajadah numpang sholat loh..untung ga diusir security ya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu gue juga ngga tau sih apaan, tapi emang mirip beneran jadi yang lewat juga agak takut-takut..

      Gelar sajadah rancu sama gelar tiker buat piknik kali Dhit, tapi harusnya sih gapapa ya, kan ngga ganggu..

      Delete
  8. mata gue juga basah baca rangkaian cerita Melbourne, terharu sama ketegaran kalian. jadi makin ngefansss sama Yardan :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasaaa, ini biasaaa.. Semua ibu-anak sepertinya juga akan tegar kalo dikasih pengalaman seperti ini :)

      Delete