Tuesday, July 10, 2012

Melbourne: The Check-Up

Sambungan dari postingan ini.

Hari ketiga di Melbourne dijadwalkan untuk medical check-up pagi-pagi. Untung banget dari apartemen  ke Royal Children's Hospital tinggal nyebrang jalan, jadi bisa berangkat lima menit sebelum waktu perjanjian. Pas nyampe di klinik bagian jantung, kita disuruh nunggu sebentar sebelum dipanggil. Yardan sibuk main balok dan mainan lainnya di ruang tunggu, sambil tengok-tengok kandang meerkat juga, jadi dia sama sekali enggak bosen. 



Good morning, Meerkat!

sembari nunggu


Satu hal yang bener-bener menggugah hati adalah pemandangan anak-anak di ruang tunggu itu. Ada yang badannya biru banget tapi cuek aja main-main, ada yang luka bekas operasinya keliatan dan dia juga cuek aja lari-lari, ada bayi down syndrome sibuk merangkak di karpet sambil ditemenin ibunya ketawa-tawa, pemandangan kakak kecil yang bantuin ibunya ngurus adeknya yang masih bayi dan biru bibirnya. Kalo inget jadi berkaca-kaca, untuk pertama kalinya dalam hidup merasa apa yang keluarga kita lalui sangat normal. Kita ngga sendiri, dan keliatan jelas banget cinta orangtua-anak di ruangan ini super tulus. Yaa sebisa mungkin jadinya ingetin diri sendiri, never ever take your children for granted. *tato di hati*


Coba deh, seberapa canggung sih biasanya kita untuk sok cuek ketika seseorang yang "tidak normal", misalnya badannya biru semua, masuk ke dalam ruangan? Atau memendam rasa kasihan (atau pura-pura ngga liat padahal penasaran) saat ada ibu gendong anaknya yang down syndrome masuk ke dalam ruangan (mungkin sekalian elus perut ya, amit-amit jabang bayi?). Di sana semuanya bener-bener berasa santai, seakan udah tau oh anak ini begini, anak itu begitu, dan semua orang tau bahwa setiap bayi down syndrome kebanyakan juga memiliki penyakit jantung bawaan. Bener-bener momen mewah banget, keadaan di mana gue merasa sangat bersyukur sampe nembus ke hati. Maluuuuu rasanya selalu ngeluh ini-itu tentang keadaan anak sendiri. Ibaratnya anak yang tersiksa kok ibunya yang merana. Ditunjukkin pemandangan orang tua yang happy dan tulus ngasuh anaknya itu momen Alhamdulillah yang membuat hati hangat banget-bangetan! *maywhack*

Oke lanjut... Setelah dipanggil, kita ketemu suster yang baik banget namanya Lyn. Ya di sini suster-susternya super baik dan ramah semua sih, dan kerjanya bener-bener sepenuh hati. Sama sekali ngga keliatan di jam kerjanya mereka santai-santai, pokoknya gerak terus bolak-balik kayak setrikaan. Takjubnya, mereka hafal detail penyakit pasien dan prosedur operasi yang mungkin dilakukan, bukan sekedar iya-iya aja apa kata dokter. Jadi kita di tahap awal ini ditanya-tanya tentang riwayat penyakit Yardan, kesehariannya, alergi makanan, dan sebagainya. Juga dikasih tunjuk tahapan-tahapan operasi, foto-foto "memilukan" setelah operasi, puasa cairan, pokoknya bener-bener dijelasin detail sehingga orang tua punya gambaran lengkap mengenai prosedur-prosedur apa yang akan dilalui. Tujuannya juga untuk menguatkan mental sih, jadi kalo nanti anaknya udah selesai operasi enggak shock liat keadaan tubuhnya yang penuh selang. (walau pada kenyataannya nanti tetep pilu)

Sesi tanya jawab ini berlapis-lapis. Dilakukan oleh orang-orang berbeda, dari suster sampe cardiologist, dengan pertanyaan yang sama. Bosen ngga sih jawab pertanyaan yang sama terus-menerus? Kayak alergi obat apa, alergi makanan apa, kuat jalan berapa lama, imunisasi komplit apa ngga, diulang-ulang terus. Pengulangan dalam wawancara ini sebenernya salah satu bentuk probing sih ya, biar makin valid dan akurat. Perasaan waktu Yardan kateter jantung di Jakarta boro-boro ditanya alergi obat, nyuntik obat biusnya aja enggak manusiawi. Masih trauma liat Yardan lagi nangis digendong terus dibius tanpa aba-aba, akhirnya badannya kaku dengan mata kebuka. Hati siapa sih ngga sedih liat anak di pelukan keadaannya tiba-tiba seperti itu?

Ngamuk abis diambil darahnya.... Yuk mariiii....

Setelah tahapan tanya jawab dan pemeriksaan umum selesai, kita diajak tur rumah sakit. Dijelaskan harus nunggu di mana, ruangan apa aja yang bisa dimanfaatkan, prosedur operasi dan rawat inap, komplit lah ya. Yardan juga diambil darahnya sebelum pulang. Mereka punya yang namanya Angel Cream, krim yang diolesin di urat nadi sejam sebelum ambil darah, katanya sih biar ngga sakit pas disuntik, karena titik tempat akan diambil darah udah kebal. Ya Yardan tetep nangis sih walau sebentar, entah karna emang masih sakit atau emang kaget aja diambil darahnya. Selesai ambil darah dikasih tau besok Yardan harus balik lagi untuk dilakukan CT-Scan, biar tau detail kondisi jantungnya seperti apa. Bisa dikatakan pemeriksaan pertama di rumah sakit berjalan lancar jaya. Howaaay!!

--------

Besoknya Yardan harus puasa dari pagi karena siangnya mau dibius anestesi untuk CT-Scan. Sebelum ke RS sempet-sempetin ke Victoria Market buat beli daging steak, hihi.. Deket sih, paling dari apartemen ke VicMart cuma 10 menit. Pas sampe di RS langsung masuk ke ruang tunggu CT-Scan. Disini ditanya lagi sama suster dan ahli anestesi dengan pertanyaan yang sama dan diulang-ulang (lagi). Mereka concern banget ya masalah ini, jadi inget salah satu episode di Grey's Anatomy saat salah satu dokter skip satu pemeriksaan dan berakibat fatal.. *ketok meja*

catet... tanya... catet... tanya...

Sebelnya jadwalnya molor ampir dua jam gara-gara harus nunggu ruangan. Kan kasian Acus yang lagi puasa, udah bosen main dan baca buku di ruang observasi, sampe akhirnya ketiduran saking capeknya. Cuma tetep bersyukur mengingat pengalaman waktu berada di RS di Jakarta pernah mundur satu hari! Anak udah puasa dari pagi sampe sore akhirnya batal karena mereka ngga teliti ngecek kadar Hb dalam hasil lab (WTH?!). Jangan ditanya murkanya keluarga kita waktu itu. Aldi mungkin udah siap ngeluarin parang ngeliat Yardan umur 7 bulan yang udah puasa dari pagi dan ditusuk jarum infus eh ujung-ujungnya dibatalin! (ini sekalian curcol lagi yang dulu-dulu)

Acus capek & haus
Hingga akhirnya ketiduran

Akhirnya tiba waktunya Yardan digiring masuk ke ruangan CT-Scan, boleh didampingi oleh ibunya selama "perjalanan" ke sana. Masuk-masuk ruangan, gilole gede banget, mana dokter dan yang berderet di dalem ruang kaca banyak banget. Perasaan waktu di Jakarta cuma dua orang, di Grey's Anatomy juga (dibawa-bawa mulu nih Grey's). Mereka bilang untuk letakkan Yardan di atas mesinnya itu, ya tentu aja dia ngga mau lepas dari pelukan ibunya ya, jadi dibantu oleh para teknisinya megangin Yardan dan dia langsung dibius pake uap aroma strawberry (sebelumnya pas di ruang observasi ditanya dulu sukanya bau apa, cokelat - vanilla - strawberry, Yardan pilihnya strawberry). Dalam hitungan detik  Yardan langsung tidur dan hati ini langsung sesak, hiks. Cium-cium Yardan abis itu disuruh nunggu di luar, kalo udah selesai bakal dipanggil.

Nunggu harap-harap cemas sambil makan burger McD yang dibawain nyokap, yang ternyata tau belakangan kalo pake daging babi, hahaha (pantes enak!). Tak lama kemudian, ngga sampe satu jam udah dipanggil lagi disuruh ke dalem. Langsung deh langkah seribu masuk ke dalem dan menemukan si Acus lagi digendong suster bule sambil terisak-isak manggil "ibuuu.... ibuuu...". Hwaaaa ibu juga kangen sama Acus, sejam kok serasa sewindu gini sih! Untung sedihnya bocah ngga berlarut-larut walau masih teler. Udah bisa senyum-senyum malu digodain makbabenya "ciyee, Acus... digendong cewek bule niyee..." sambil jawil-jawil pipinya. Hehehehehe.

Setelah CT-Scan, pihak RS bilang kita akan dihubungi besok untuk jadwal operasi jika memungkinkan. Sebelumnya sempet dapet kabar yang kurang enak, salah satu dokter bilang kalo emang struktur jantungnya terlalu sulit, mereka ngga akan berani operasi karna terlalu beresiko. Sempet bingung juga, kemaren bilang bisa dan nyuruh kita dateng, sekarang kok ada dokter yang ngga yakin. Cuma berhubung udah kenyang denger yang kayak gini ya kita cuma bisa pasrah. Apa pun hasilnya nanti yang penting udah berdoa dan berusaha, kalo emang bisa ya syukur... kalo enggak ya nangis!


Kepastian operasi bersambung di post selanjutnya nya nya nya.... *hibernasi*



12 comments:

  1. Gemma... *speechless*
    Eh iya, itu RS di Jakarta kok nyebelin banget sih? *ikut bawa parang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyebelin banget Nit, sampe agak-agak trauma sama RS di Jakarta, ya ngga semuanya sih tapi yg satu itu aja.. (Ketebak lah ya kalo urusan jantung ke mana)

      Delete
  2. mewek tiap Gemma cerita tentang Yardan

    Yardan sekarang gimana Gem? *sok akrab*
    semoga selalu sehat dan keluarganya juga. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaai...
      Yardan sekarang alhamdulillah membaik kondisinya dibanding sebelum operasi..

      Makasih doanya, semoga keluarga kita & anak-anak sehat semua yaa :)

      Delete
  3. Selalu menunggu cerita Yardan di Melbourne sampai tuntas...sehat terus ya Yardan..MMuaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmmuah juga buat Kania :)

      Jangan ditungguin dong, baru juga mau hibernasi, hehehe..

      Delete
  4. aduh gem gue tiap baca cerita lo bawaan nya pengen mewek...sedihhhhh :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa sedihnya sih Dhit? Huhu..

      Ngga sedih kok, kan Acus kuat apalagi dikirimin foto doa si Aka waktu itu... *terhura*

      Delete
  5. Kenapa sih setiap buka blog ini air mataku netes-netes..

    YARDAAAAAANNNNNNNNNN!!!!!! *kekeup yardan sampe susah gerak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih deh, kok yg baca ngga ada yg happy, ini kan cerita happy harusnya!

      Ya udah, lain kali gue bikin postingan esek-esek atau bahas lelaki ganteng aja!

      Delete
  6. HAHAHAHA! Ceritanya mau jadi satu-satunya komentator yang hepi nih... Tapi beneran hepi lho, soalnya 'kan akhiran dari operasi Australia ini hepi ending. Semoga selamanya hepi ending ya. Kalo ini ditulis pas masih proses operasi, ya gue gabung sama tim mewek... Yardan tunggu Toni keluar ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, emang gak sedih, soalnya gue yakin mak-mak yg anaknya mau sunatan pun pasti setegang gue juga nantinya..

      Ya umpan, kapan Acus bakal sunatan nih yaa?! *lebhey*

      Toni Advani, cepatlah kau tiba setelah tanggal 21 Julay! #teamLeo

      Delete