Sunday, December 26, 2010

The After-Effects of Marriage

Jadi begini masalahnya,

Setelah diliat-liat kenapa ya penampilan saya dan suami makin hari makin ngga sedep dipandang mata? Kalo penampilan saya setelah nikah masih mendingan sih, masih rada kece (waktu perawan kan kece berat ya ceritanya), tapi abis punya anak baru deh penampakan ngga beda jauh sama ranjang penganten baru, kusut cuy! Begitu juga dengan suami, tadinya kayak pemain tinju kelas bulu, sekarang berubah jadi pemain tinju kelas berat!

Dari penampilan saya yang paling beda dari jaman sebelum kewong tentu saja munculnya gelambir-gelambir lemak dan muka dekil. Berat badan setelah melahirkan masih nyisa 4 kg gini, susah banget dituruninnya. Kayaknya bagian paha dan lengan itu gembur banget dagingnya, tiap makan larinya kesana. Ibaratnya ini paha bersayap, kalo jalan bisa ngepak-ngepak, jalan ngebut dikit gue rasa bisa terbang! Tak hanya berat badan, wajah saya juga keliatan kumel ples kusem banget-nget. Dulu masih rajin facial atau nebeng perawatan wajah punya nyokap. Sekarang cuci muka aja ngga tenang gara-gara bocah hobi gedorin pintu kamar mandi. Nasib ya nasib...

SEBELUM NIKAH (muka masih berseri, rambut rapi)
SEBELUM NIKAH (Aldi leher masih langsing, pipi masih agak tipis)

SETELAH NIKAH (kumel, perut buncit, lengan gede, rambut absurd)
SETELAH NIKAH (muka asem, rambut acak adut, pipi Aldi tebel)
SETELAH NIKAH (lengan saya makin gede, makin kusem, ini Aldi atau Mike Tyson?)
Nah kalo lakinya sendiri alias Aldi, keliatan banget deh bedanya. Abis kawin juga udah keliatan berubah doi, menjadi lebih subur di bagian perut! Believe it or not, percaya ngga percaya, suwe ora jamu (ngga nyambung!), berat badan Aldi naik 15 kilo!! Ini pengaruh senang punya isteri sholehah macam saya atau karena depresi diem-diem sih? Sampe-sampe kalo ketemu temennya, mereka pada kaget, dulu mirip Fery Salim kok sekarang mirip Fery Wassalam??

Padahal dulu jaman masih jalang lajang, saya rajin banget lho ke gym. Tiap latihan juga pake "disiksa" sama personal trainer, tiap selesai sesi PT langsung lanjut ikut kelas RPM a.k.a sepedaan sadis yang bisa bikin keringetan ber-ember-ember! Abis itu buang-buang keringet lagi dengan masuk ruang sauna. Pokoknya tiap keluar dari gym badan rasanya enteng deh, seger! Dan gara-gara dulu saya rutin nge-gym, Aldi juga sampe ikutan pake personal trainer, ikut kelas RPM dan sauna bersama-sama, so sweet yaa? Kayaknya dia takut gue digebet sama cowok-cowok keker deh, makanya sok ngikut-ngikut ke gym! Ya apapun alasannya, saat itu kita berdua ngerasa banget punya badan sehat itu enak, mau makan sebanyak-banyaknya juga berat badan tetep terkontrol.

Fenomena "menggemuk" ini juga banyak dialami temen-temen saya yang sudah menikah dan kebanyakan justru pihak laki-lakinya yang bertambah tambun. Yaa kalo cewek masih wajar lah ya, kalo hamil kan bikin berat badan naik secara signifikan *ngeles*. Setelah dipikir-pikir mungkin aja hal ini karena sudah adanya "rasa aman" bahwa mereka sudah memiliki pasangan yang akan dibawa sampai mati, until death do us part. Ngapain ngurusin penampilan, toh pasangan gue ya dia-dia lagi yang mau ngga mau harus terima-terima aja. diri kita sejelek apapun. Padahal kan kalo penampilan seger kehidupan rumah tangga juga bisa seger ya? Oleh karena itu, mungkin selanjutnya bisa dipikirkan untuk ganti sumpah pernikahan demi kebaikan bersama jadi gini: Until death do us part or until you gain 25 kilos, whichever comes first. Biar ada motivasi untuk ngurus diri gitu... 


Sebenernya di antara saya (dan Aldi) ngga ada yang makan berlebihan juga sih. Cuma sejak jadi stay-at-home-mommy mungkin aktivitas saya jadi berkurang ya. Padahal ngurus Yardan yang lagi aktif-aktifnya itu capek banget lho, waktu jaman kerja di preschool yang ngurus 10 anak aja ngga secapek kerja di rumah ngeladenin 1 anak! Kok herannya udah capek plus pegel-pegel gitu berat badan tak kunjung turun, benci deh akyu! Kalo Aldi sendiri udah mulai daftar fitness dari 2 bulan lalu saking desperado ngeliat perutnya, tapi bisa diitung pake jari deh kapan dia kesana, alesannya takada waktu padahal kalo main game aja bisa berjam-jam. Ngemeng!

Sekarang badan saya dan nyokap ngga beda jauh, walaupun masih lebih kurus saya lah ya (kompetitif!), padahal dulu nyokap sering saya cela-cela kalo gemuk dikit aja. Tampaknya karma does exist sodara-sodara! Malah muka nyokap sekarang jauh lebih kinclong dari saya (excuse: ya iyalah, doi kan punya klinik totok!). Orang sering bilang, kalo ngurus diri aja ngga bisa, gimana mau ngurus orang lain? Ya coba ya yang ngomong begitu sekalian selipin voucher Impressions atau Marie France Bodyline! Tapi emang bener juga sih, merawat diri kan juga berdampak positif terhadap kesehatan dan hubungan dengan orang lain. Tampaknya saya juga harus memulainya dari sekarang, diawali dengan makan siang terlebih dahulu, Indomie goreng 2 bungkus pake telor dan rawit kayaknya enak nih... Eaaaaa!

7 comments:

  1. aaa..sama bener nasipnya ama saya.
    kemaren baru naik motor sama hubby,trus tiba2 ada orng yg nyuit2in..tau suami saya komen apa?
    "dulu sblum nikah,gue suka bonceng cewe cantik,langsing ga prnh ada yg nyuitin,skrng ngebonceng karung beras knp disuitin yak?"

    gue?*terbujurkaku*

    btw,salam kenaaaal...

    emma

    ReplyDelete
  2. Gemsoy kamu dapat award paling prestijes di dunia perbloggingan dari aku lhooo!!!! Ayo di cek di blog ana, terus ente kerjain yaaa!!

    ReplyDelete
  3. Emma: Hai Emma, nama kita beda satu huruf doang ya, pasti sama2 cantik deh kita..
    Aduuuh bilang dong sama suami, biar bodi nyerempet karung beras yg penting masih laku disuitin! Salam kenal juga ya, seneng deh sebagai newbie on the blog kalo dapet pengunjung baru *norak*

    Fry: Wow aku dapet award, ada hadiahnya tak? Ok nanti ana cekidot ke blog ente yaa.. Kamsia kamsia!

    ReplyDelete
  4. Kalo gitu gue abnormal dong, Gem. Gue girang banget kalo laki gue nambah berat badan. Pan gue kompetitip, gak rela sendirian gemuk-gemuk bergembira gini :-P

    ReplyDelete
  5. Ira: Sebenernya gue jg rela laki gue tambun biar ngga ada yg lirik (emang kalo kurus dilirik?), tapi demi kelangsungan hidup keluarga ini gue pinginnya dia sehat lah.
    Kalo tiba2 stroke gara2 kebanyakan makan kambing gue masih ngitung2 nih asuransi jiwanya dia bisa cover Yardan sampe S5 ngga.. Realistis ajah!

    ReplyDelete
  6. Baca postingan yang ini berasa bercermin ama diri sendiri yaa....tapi aku ngga bete-bete banget liat penampakan my hubby sekarang yang gemah ripah loh jinawi dibanding dulunya gemuk pas kawin malah kayak orang busung laper, berasa sukses gitu kelihatan sebagai "istri pinter masak". ttg diri sendiri gitu deh, penampakan setengah hari kayak si mbok, setengah hari jadi nyonya, 24 jam jadi ibu..he..he...bayangin aja deh. Salam kenal.

    ReplyDelete
  7. Mbak dalam kaca:
    HAHAHA, bener juga ya kesannya ana jago masak, padahaaaal itu suatu hal yang mustahiiiiil buat saya.. Tapi ngga papa deh, yg penting pencitraan saya bagus yaa.. Istri idaman jago masak.. (jerit AMIN dalam hati keras-keras!)

    ReplyDelete