Friday, December 17, 2010

Manusia Setengah Sapi?

Semua berawal dari poster ini di ruang menyusui PIM 1


     Ya mungkin emang ada benernya juga sih poster tersebut, tapi saya sebagai ibu-ibu "sensitif" agak tersinggung juga liat poster ini. Jadi keinget isu yang selalu jadi masalah di antara ibu-ibu, yaitu labelling ANAK SAPI untuk mereka yang diberikan susu sapi. Lah kenapa saya sebel juga? Ya walaupun saya berhasil kasih Yardan ASIX dan bisa terus menyusui sampe 2 tahun, tapi kan saya juga pake susu tambahan (sempet kasih sufor waktu 9 bulan dan di atas 1th-sekarang UHT/fresh milk), yang ngga lain ngga bukan ya dari susu sapi lah. Terus kalo gitu anak saya dicap apa dong? Anak sapi? Anak setengah sapi? Manusia setengah sapi?

     Bersyukurlah wahai ibu-ibu yang hasil pompaannya bisa berliter-liter dan bisa dipamerin di twitter. Good Job! Dulu sih saya boro-boro berliter-liter, semuanya serba pas-pas-an deh kayaknya. Stok botol di kulkas paling cuma 10 biji paling banyak! Alhamdulillah banget masih bisa nyusuin langsung bocah, seandainya saya harus kerja from 9 to 5 kayaknya harus elap air mata gara-gara stok ngga kekejar. Jadi saya paham bener perjuangan ibu yang udah berusaha mompa ASI tapi stok ngga kekejar dan akhirnya terpaksa kasih susu formula. Udah beberapa kali juga saya dicurhatin temen yang TERPAKSA (sambil nangis tersedu-sedu) ngasih anaknya susu formula.

     Masalahnya muncul karena ada sebagian ibu-ibu yang kampanye ASI dengan slogan-slogan yang kurang simpatik. Menurut saya, mengaitkan konsumsi susu sapi untuk anak sapi dan kemewahan label eksklusif (yang kesannya setetes air saja masuk ke mulut maka gugur sudah gelar eksklusif) akhirnya dapat menjadi bumerang tersendiri untuk kampanye menyusui. Misalnya gini, stok ASI di rumah habis, ibu kerja di kantor, anak haus, mau ngga mau cara darurat paling mudah adalah memberi sufor kan? Bisa jadi perasaan ibu sedih, gagal, merasa ngga bisa memenuhi gelar sarjana ASI, dan karena kegagalan tadi bisa jadi ibu merasa percuma untuk menyusui lagi. Toh kalo menyusui juga ngga bisa dianggap eksklusif, toh anaknya udah dicap sebagian orang sebagai anak sapi. Padahal kan keuntungan dari ASI bukan hanya untuk mengejar gelar eksklusif. Kalau sudah "jatuh" begitu dan orang-orang sekitar bukannya membangkitkan semangat,  saya kira "dendam" adalah suatu yang wajar bagi mereka. Dan inilah yang nantinya jadi cikal bakal perang dingin yang sering ada di dunia maya.

     Fanatik, ada beberapa orang yang sangat fanatik dan gampang banget men-judge orang lain tidak berusaha semaksimal mungkin ngasih ASI ke anaknya. Herannya banyak dari mereka yang profesi sesungguhnya adalah konselor ASI. Banyak yang mengaku sebagai konselor ASI tapi kerjaannya promosi bahwa susu formula itu racun. Daripada gembar-gembor sufor itu racun, mendingan bantuin itu ibu-ibu yang bener-bener membutuhkan bantuan dan setengah mati memperjuangkan ASI-nya. Begitu sulitnyakah kampanye dengan kata-kata positif dibanding sekedar menjatuhkan pihak lawan dengan kata-kata negatif?

     Saya tau kalo perjuangan ngasih ASI itu berat, kadang saya juga sebel setengah mati sama produsen sufor yang sibuk nelfonin untuk nawarin produk mereka atau sodara-sodara yang ngga pernah dukung ASI dengan bilang sufor pasti lebih bagus, ASI ngga akan kenyang, blah blah blah. Rasanya pingin jait itu mulut orang-orang sufor mania. Kenapa sih gue ngga bisa nentuin pilihan sendiri buat anak gue? Seenggaknya 6 bulan dulu aja deh dukung sepenuh hati.. Untungnya saya ngga sampe dendam membara terhadap mereka yang mulutnya rempong, pake aja teknik jampi-jampi boneka voodoo tiap malem cuek bebek beibeh! (<-- ngakunya ngga dendam tapi pingin jait mulut orang!) Eeeh tapi bener deh saya ngga pernah dendam, dor top suwer metal!

     Tapi mungkin bagi sebagian ibu-ibu pejuang ASI, interupsi dari mereka yang selalu nyuruh pake sufor cukup bikin gondok kali ya, makanya ada beberapa orang yang jadinya dendam kesumat dan akhirnya terciptalah cap anak sapi dan sufor itu racun. Nah kalo kedua pihak saling dendam kapan abisnya dong? Gimana kalo pada diadu aja jotos-jotosan di ring tinju daripada kebanyakan bacot saling menjatuhkan satu sama lain? *ngibrit* *lempar batu sembunyi tangan*

Berikut contoh iklan yang saya ngga suka:



source: lactivist.net

     Saya juga tau kok kalau ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, sufor hanya mampu mendekati kandungan ASI bahkan menyamainya pun tidak bisa. Saya kasih sufor ke Yardan waktu 9 bulan juga melalui konsultasi dokter terlebih dahulu, karena berat badan Yardan cenderung mandeg justru setelah MPASI. Sufor dianggap membantu menaikkan berat badan karena kandungan gulanya cukup tinggi. Dokternya sih tetep pro-ASI tapi berhubung saya orangnya parnoan anak dibilang kurus melulu, ya saya kasih sufor dengan cara disendokkin (soalnya anaknya ngga suka). Apakah cara ini berhasil? Tetep setakkk aja gitu beratnya.. *mewek* 
Ya akhirnya balik maning sibak torokeket!

Setelah 1 tahun, saya coba kasih Yardan UHT atau fresh milk sebagai tambahan ASI, menyusui sih masih tetep jalan terus. Nah kenapa saya memillih susu sapi cair dibanding susu formula? Karena dalam proses pembuatan susu formula, pada dasarnya adalah susu cair yang dijadikan bubuk, dalam proses ini dapat menghilangkan kandungan gizi yang sudah ada dalam susu segar. Jadi saya beranggapan bahwa UHT atau fresh milk masih lebih baik dari susu formula. Nah dengan konsumsi susu formula dan UHT tersebut apakah anak saya jadi setengah sapi atau gimana ya di mata mereka? Diliat-liat Yardan ngga punya buntut, muka ganteng, badan juga putih mulus, emang sih ada tompel satu yang mirip belang sapi, tapi mosok gitu doang jadi anak sapi??

     Semua yang saya lakukan buat Yardan itu saya anggap yang terbaik dari yang bisa saya berikan. Saya yakin semua ibu yang tadinya semangat memberi ASI dan akhirnya harus menyerah pada sufor juga niatnya sama, memberikan yang terbaik untuk anaknya. Percaya deh, ngga ada emak-emak yang mau disalahin kalo soal ngurus anaknya. Makanya urusan ngasih susu ke anak aja ular naga panjangnya bukan kepalang. Emang ya keliatannya sepele, tapi kalo urusan bocah yang tadinya sepele jadi seribu pele (ribet kan lo?). Ini ibaratnya "perang" yang menyakitkan hati, terutama bagi ibu-ibu "sensitif" di luar sana. *dadah-dadah ke diri sendiri* *kebetulan pas nulis lagi PMS*

     Tentu saja sebagai ibu yang ngerasain bener manfaat ASI  pasti tetap mendukung kampanye ASI (yang positif ya!). Kalau ada temen yang hamil atau baru melahirkan, pasti saya coba dukung mereka dengan informasi yang berguna dan terus memberi semangat jika dibutuhkan. Tapi ada saatnya mereka memang ngga ada niat untuk memberikan ASI atau merasa terganggu dengan informasi yang kita berikan, maka itu adalah saatnya kita mundur teratur. Dur mundur mundur..

     Terus solusinya apa dong biar tercipta perdamaian di muka bumi? Err.. Kalo dari pendapat sotoy-marotoy saya sih dengan positive campaign, kampanye yang menggambarkan betapa indah dan asiknya momen menyusui tanpa harus menggunakan kalimat yang terkesan menggurui dan negatif. Biar lingkungan sekitar terbuka matanya kalo menyusui ngga sekedar mencapai label eksklusif atau menghindari sebutan anak sapi, sehingga diharapkan nantinya bener-bener tercipta lingkungan yang kondusif untuk menyusui. Ribet amat sih yak, nyusuin apa mau berantas terorisme sih pake lingkungan kondusif segala!

Ya pada dasarnya sih, emak-emak dari kedua pihak yang sering berseteru di dunia maya itu lagi sibuk cari pembenaran masing-masing. Patut dihargai juga sih usahanya, pan kita ngga tau yang sebenarnya jadi masalah mereka apa. Contohnya ya saya ini, pingin juga dong tulisannya dianggep bener, ya kan?

Demikian sodara-sodara bahasan sore ini di acara Mata Gemma, ciao!
 (maaf kalo kebanyakan ngemeng sungemeng, emang ngemeng itu paling gampang sih sistaah! *multiply mode on*)

Oya lupa, ini beberapa contoh iklan yang saya suka:
















HIDUP ANAK SA.....YA!!!!



pic source:
google.com, oleana.wordpress.com

7 comments:

  1. mantabbbb!!!! huhuhu keren geemm,,mamak yardan!! go torokeket hidup! :p eh gemm blog lo gue link yaaaa *cups

    ReplyDelete
  2. Aaaah gemmaaaa... Gue takut gak bisa menghadapi tekanan ASI vs SUFOR nanti kalo udah jadi emak2 deh, terlepas torokeket gue bakal mampu menghasilkan banyak ASI apa nggak. Sekarang aja jadi estri sensinya setengah mati! Nggak bisa masak sensi... nggak bisa nyetir sensi...

    ReplyDelete
  3. Maknul: aduh jadi malu dibaca sama istri sholehah yg hobinya njengkang.. Mudah-mudahan torokeket kita mampu melayani dgn baik orang-orang terkasih yaa..

    Lei: Ah suka merendah deh, katanya manusia tanpa perasaan.. Kok bisa sensi? Yg punya KMC masa belom apa-apa jiper?? Insya Allah bisa ya La, lo kan rajin ngelmu dimana-mana!

    ReplyDelete
  4. Hi Gemma, just found your blog, such a nice writing, sebagai ibu yg juga ngasih asi+sufor karena sesuatu dan lain hal, saya juga paling males dgn campaign S1 Asi, S2 ASI dan sejenisnya, mau gimanapun jelasin sampe jungkir mereka ga akan ngerti gimana rasanya ga bisa ngumpulin berliter2 hasil pompaan, saya hanya percaya insting motherhood yg kita miliki, semua ibu pasti berjuang yg terbaik buat anaknya, kecuali mereka para gelo yg buang anak di jalan :D

    Salam kenal yaa

    ReplyDelete
  5. Hai Cantique,
    iya,menurutku hasil pompaan ngga bisa menentukan kadar cinta emaknya ke anak ya..
    dari dulu hasil pompaanku juga pas-pasan kok, hehe..
    Istilah sarjana juga sebenernya lebih ke kebanggaan/prestige ibunya, mungkin biar semangat kali ya...

    Sekarang aja aku masih ASI nih udah 2,5th, ya tapi tetep ngga abis pikir masalah beginian ngga akur-akur diantara ibu-ibu.. Padahal anaknya santai aja ya? hehe..

    ReplyDelete
  6. saya izin copas gambarnya yah..

    ReplyDelete
  7. hiii

    nice sharing
    boleh izin link ini ke notes fb saya ga?

    thanks in advance

    ReplyDelete